Serba-serbi Batal

6 2 0
                                    

Ada yang batal karena gak tahan lagi. Ada yang batal karena tamu datang. Ada yang batal karena dipaksa. Ada yang batal karena emang gak puasa, eh??

Gak apapa kalo batal asal nanti diganti. Ya jangan mentang-mentang boleh gitu terus lu batalin puasa ye. Lagian ngeganti puasa itu lebih berat, soalnya godaannya makin banyak. Serius. Soalnya gue pernah ganti puasa sebanyak 21 hari. Bayangin aja tuh gimana rasanya mendem hasrat pengen minum thai tea tapi harus nahan diri.

Penyebab batal ada banyak, salah satunya kebodohan.

Dulu pas kecil, gue sering banget main ke sawah tiap siang hari di bulan puasa. Gak tau juga manfaatnya apa, pokoknya gue cuman jalan dibawah teriknya matahari. Kalo udah nyampe jembatan pinggir kebun karet, gue balik lagi. Gitu doang, tapi jalannya jauh banget. Biasanya gue ngelakuin itu bareng temen. Pas dijalan bahas makanan (Gue inget waktu itu kami bahas kenapa ada kuaci rasa susu padahal kan susu gaada rasanya) atau minuman. Tiap pulang kerumah, gue langsung mandi. Gue mandi sambil minum air keran. Itu karena gue udah janjian sama temen gue buat batal barengan. Sekarang gue nyesel, kenapa gak sekalian gue minum limun daripada minum air keran.

Waktu kelas 3 SD, gue dikasih Nutrijell rasa coklat karena gue mau puasa full seharian. Emak gue bikinin itu terus dia nyimpen di kulkas, katanya kalo udah buka puasa tinggal ambil aja. Emak gue pergi buat ngehadirin bukber sekaligus hajatan. Jadi gue sendirian dirumah. Waktu itu gue buka tutup kulkas sambil ngeliatin jam. Karena gak nahan, gue nyomot tuh Nutrijell dikit. Dikit banget sampe gak keliatan kalo gue udah ngambil. Padahal waktu berbuka tinggal beberapa menit lagi. Dan sekarang gue nyesel banget.

Gue juga pernah ngerebus daun singkong pake garam terus kuahnya gue minum. Padahal kalo hari biasa gue gapernah tuh makan daun singkong. Tapi pas puasa daun singkong aja bisa bikin ngiler. Astaga.

Bulan Puasa [Ramadhan]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang