2. Alasan Ngasdos

12 1 0
                                    

"Ikut keatas?" Tanya Meru pas mereka baru masuk cofee shop.

"Aku nunggu disini aja deh mas" Meru ngangguk terus jalan ke atas, keruangan nya buat nemuin Jimmy.

Ayana ngeliat sekeliling. Pengunjung gak terlalu ramai, tapi ada beberapa driver ojol yang lagi ngantri. Kedai kopi punya Meru ini gak terlalu besar. Dan cuma ada satu lantai, sementara lantai atas di gunain buat ruangan Meru sama tempat nyimpen stok barang gitu.

Ruangan Meru yang dimaksud itu lengkap kaya kos kosan gitu, ada kamar, dapur, ruang tamu sama kamar mandi.

Kenapa bisa gitu? Karena Meru kan disini juga ngekos. Dia juga anak perantauan yang jauh dari orang tua. Rencananya dia bakal tinggal disini. Dari pada harus bolak balik dan lagian biar hemat juga kan. Tapi belum nemu waktu yang pas buat pindahan.

Kedai ini di bangun pake jeri payah Meru sendiri, sebagai anak beasiswa dia gunain uang yang seharusnya buat biaya kuliah buat ditabung dan setelah dua tahun dia akhirnya bisa nyewa ruko kecil kecilan. Sisa tabungannya di jadiin modal usaha.

Ayana belum tau semua itu. Meru mana pernah cerita.

Yang Ayana tau tu cuma Mahameru bukan berasal dari keluarga kaya raya.

Ya biasa aja lah, gak terlalu kaya dan gak terlalu susah juga. Papanya dokter, dan mamanya guru yang Alhamdulillah udah PNS.

Bukan anak dari pemilik sebuah perusahaan atau anak dari pejabat negara.

"Mbak Aya. Mau minum apa?" Dina Dateng dari dapur langsung duduk di meja yang sama sama Ayana. Dina ini salah satu barista disini.

Ayana tersenyum manis, senyum khas dia banget "Latte Macchiato boleh deh Din"

Dina muter bola matanya males "terus ntar yang ngabisin Mas Meru" lah kok hapal banget sih Din?

Dina pergi nyiapin pesenan pacar bos nya sesudah sebelumnya ketawa bareng sama Ayana.

Ayana emang sengaja pesen itu, karena itu emang favorit Meru banget. Jadi karena Ayana gak terlalu suka kopi kopian dia sengaja pesen itu, biar ada yang ngabisin katanya.

Gak lama sehabis Dina nganterin minuman ke meja nya, ayana liat hp Meru yang diatas meja geter geter ada yang nelfon.

Tadi sebelum naik keatas Meru emang ninggalin hp sama kunci mobilnya di Ayana, dan di geletakin gitu aja di meja. Tapi belum sempet diangkat udah mati aja. Abis itu gak ada nelfon lagi, yaudah Ayana cuekin aja. Kalo emang penting kan ntar nelfon lagi, pikirnya.

Ayana ngerasa ada yang ngusap usap kepalanya lembut. Dia noleh kebelakang, ternyata mas gunungnya udah balik.

"Latte Macchiato lagi? Ntar aku yang ngabisin lagi" ntah itu pertanyaan atau pernyataan Ayana juga gak tau. Dia bukan fokus ke kalimat yang dicapin Meru, fokus nya lebih ke bibir yang ketarik sempurna membentuk senyum itu. Secara gak sadar dia juga ikut senyum.

"Kenapa ngeliatin nya gitu banget? Terpesona? Baru nyadar kalo pacar kamu ganteng?" Meru mainin alisnya naik turun.

Alis Ayana mengkerut, dia ngejauhin badannya biar bisa ngeliat Meru lebih jelas.

"Kamu beneran harus di ruqiah deh mas. Aku takut ini bukan kamu" Ayana serius ngomong gitu. Dia juga natap Meru horor. Sejak kapan Meru jadi narsis gini? Batinnya.

Meru terkekeh terus dia duduk di seberang Ayana.

"Jadi apa yang perlu aku jelasin?" Meru duduk dengan ngelipet tangan di dada.

"Semuanya tentang kamu yang aku gak tau" jawab Ayana penuh penekanan di setiap katanya.

Meru ngangguk ngangguk sebelum mulai cerita.

"Aku ngasdos baru hari ini, kemaren pak Mus manggil aku ke ruangannya. Mungkin untuk beberapa mata kuliah yang dia pegang sih. Cuma jadi asdos nya pak Mus. Yang lain belum tau, ada beberapa dosen yang nanyain tapi kaya nya belum pasti banget. Rencananya aku mau cerita ke kamu sore ini. Eh malah tadi masuk di kelas kamu, kamu tau duluan deh. Tapi jadi surprise kan?" Lagi. Dia mainin alisnya naik turun, bikin kadar kegantengan nya nambah. Dan Ayana benci itu, benci buat ngakuin nya.

"Soal cofee shop ini..." Meru sengaja banget gantungin kalimat nya begitu Ayana nunjukin muka muka kepo.

"Gak jadi deh" candanya. Godain Ayana adalah hobi yang bakalan ada di list kegiatannya. Muka nya ituloh, gemesin banget.

"Iih maaaas"

"Iya iya ini mau cerita. Iya ini kedai kopi punya aku. Uang yang harusnya buat biaya kuliah aku tabungin, karena Alhamdulillah nya sampe sekarang aku masih dapet beasiswa. Dua tahun aku kumpulin sampe akhirnya aku bisa nyewa tempat terus sisa duitnya buat modal usaha. Dan karena itu juga aku ngasdos. Tabungan aku menipis. Jadi gimana caranya aku bisa dapet uang tambahan buat ngajak kamu jalan, traktir makan, nonton, gofood in makanan, terus-"

"Ish kok ngomong nya gitu?! Kesannya aku cewek matre banget!" Ayana nggeplak lengan Meru. Pelan doang kok, dia tau Meru gak serius ngomong begitu.

"Becanda Aya"

"Tapi kamu emang hebat banget tau mas. Padahal kamu anak perantauan loh. Bisa bisanya bangun usaha di daerah orang. Bangga banget aku. Mama papa kamu pasti lebih bangga" Ayana serius bilang kalo dia bangga. Dia tersenyum, tulus.

"Gini dong. Kalo ngobrol panjang lebar, gak cuma suara aku yang lebih mendominasi"

"Hmm" dih sifat asli nya balik lagi. Ayana mendengus sebel.

Matanya ngga sengaja ngeliat jam dinding, ia melotot pas ngeliat jarum jam mengarah ke angka 12.15

"Astaga aku ada kuliah setengah jam lagi" ia panik sendiri.

Meru ngga ngomong apa apa, tapi dia beranjak dari tempatnya sambil bawa kunci mobilnya.

"Aku anterin"

"Ngga keburu mas, kamu pakai mobil" jam jam makan siang kaya gini tuh macet banget, mungkin para pegawai lagi pada nyari makan.

"Aku naik gojek aja"

"Engga engga aku yang anter". Meru menggandeng tangan Ayana jalan keluar.

"Macet mas, ntar aku telat lagi" Ayana ngeliat Meru dengan tatapan memohon, sementara Meru natap dia tajem. Tanda kalau ia ngga mau di bantah.

"Mas, please"

"Go car, aku yang pesenin" putusnya. Oh ayolah dia ngga bakal ngebiarin gadisnya duduk deketan sama kang ojek. Iya. Seposesif itu seorang Mahameru.

"Sama aja boong mas" Aya menghempaskan tangannya ngebuat genggaman tangan mereka terlepas.

Ia paling sebel kalo Meru lagi dalam mode posesif gini, selalu aja ngeselin.

"Ok fine! Tapi jangan deket deket duduknya" dengan terpaksa Meru iyain kemauan Aya. Tolong dicatet ya, dengan TERPAKSA.

"Tukang ojek loh ini mas" Ayana keliatan banget nahan buat ngga ketawa.

"Intinya dia lelaki lain selain aku, papamu, dan mas mu"

Lihatlah tingkat kecemburuan Raeenggar Mahameru. Sungguh di luar dugaan.

Hi MahameruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang