bab prolog

1.9K 79 3
                                    

Pada suatu hari...di desa ketela. hiduplah seorang sepasang suami istri yang hidupnya berkecukupan.suami tersebut menjadi petani ketela atau singkong,dan istrinya bekerja serabutan.pada saat si suami mendapatkan yang sudah ia kumpulkan,suami berniat untuk membeli lahan sebagai petani ketela.dan akhirnya mereka berdua bisa menjadi petani ketela tanpa harus membagi hasilnya dengan orang lain.

Suami:pak marudinPada suatu hari...di desa ketela. hiduplah seorang sepasang suami istri yang hidupnya berkecukupan.suami tersebut menjadi petani ketela atau singkong,dan istrinya bekerja serabutan.pada saat si suami mendapatkan yang sudah ia kumpulkan,suami berniat untuk membeli lahan sebagai petani ketela.dan akhirnya mereka berdua bisa
Istri:Bu haridah

******

Namun setelah beberapa hari ibu haridah hamil ini membuat pak marudin bahagia dan senang.

******

Pada saat Bu haridah membuat air panas untuk membuat kopi suaminya, tiba-tiba Bu haridah terpeles dan membuat air panas mendidih tersebut mengenai mukanya.pak marudin sangat kaget dan membawa istrinya ke rumah sakit.

****

Setelah beberapa hari perban Bu haridah harus di lepas dan ternyata...
Bu haridah terkejut dan sangat marah kerena mukanya yang cantik menjadi muka yang koreng dan melepuh akibat air panas.pak marudin yang masih sayang sama Bu haridah tidak bisa melakukan apa-apa untuk menyembuhkan muka istrinya.

******

Pada saat Bu haridah pergi ke pasar,banyak orang yang memerhatikan ia.bu haridah sangat malu dan ia menangis karena ia di katai sebagai wanita buruk rupa.

Saat sampai di rumah Bu haridah menceritakan semuanya,namun suami tidak bisa melakukan apa-apa.

*****

Pada suatu malam Bu haridah bermimpi bahwa ia akan menjadi canti kembali asal ia mau memenuhi syarat-syarat tersebut.
Saat ia mendengar syarat tersebut ia terbangun dan terkejut dan ia memikirkan apa yang ia impikan.

******

Akhirnya Bu haridah telah melahirkan anak perempuan,dan anak tersebut di beri nama Putri,kerena kecantikan ibunya dahulu.

******

Semua kehidupan pak marudin berjalan lancar dan, tiba-tiba istri berbicara bahwa ia ingin menjadi Kuyang.pak marudin sangat kaget, sehingga ia memarahi istrinya yang tidak patuh pada tiang agama.

*****

Pada malam hari Bu haridah berniat untuk pergi ke dukun untuk menjadi Kuyang,kenapa harus malam hari?kerena kalo siang hari pasti banyak yang melihatnya.kebetulan di desa sebelah,ada dukun yang selalu berhasil dan mujarab ketika meminta pertolongan.

Sesampainya di rumah dukun,Bu haridah menjalankan semua perintah dari dukun tersebut.dan akhirnya Bu haridah pulang dan menjalankan perintah dukun tersebut yaitu memakan bayi yang baru lahir,supaya ilmu kecantikannya tetap ada.

*******

Setelah 1 tahun menjalani sebagai kuyang,banyak kejadian aneh yaitu hilangnya bayi yang baru lahir.ini membuat pikiran warga semakin benar bahwa di desanya terdapat Kuyang.

Namun hal aneh terjadi lagi.orang-orang di sekitar desa melihat Bu haridah semakin cantik dan ia selalu memakai selendang di lehernya Dimana pun berada.

*****

Semua orang membicarakan Bu haridah kenapa ia bisa secantik itu padalah ia pernah terkena air mendidih.semua orang beranggapan bahwa Bu haridah menjadi Kuyang di malam hari, namun para warga semakin bingung karena warga tidak bisa menemukan bukti yang kuat.

*****

Sudah 2 tahun Bu haridah menjalankan tugasnya menjadi Kuyang,namun belum banyak warga yang tahu siapa sebenarnya kuyang Tersebut.pak marudin sangat heran karena Bu haridah jarang sekali keluar malam, sehingga anaknya selalu di biarkan begitu saja.

Hingga akhirnya pak marudin berniat untuk memeriksa kamar,tetapi kamar tersebut di kunci dan tidak bisa dibuka.

*****

4 tahun lamanya Bu haridah menjalankan tugasnya sebagai kuyang,Putri anaknya Bu haridah melihat ibunya sangat aneh,karena saat malam hari ibunya jarang keluar.

Hingga suatu saat Bu haridah tertangkap basah sedang mengintai seseorang yang akan melahirkan,Namun para warga tidak dapat melihatnya lagi kerena sudah menghilang.

******

Saat itu di rumah pak marudin,suaminya marah besar kerena setiap malam istrinya tidak menemani anaknya dan tidak membuat makan untuk suaminya,hingga akhirnya pak marudin memutuskan untuk menceraikan istrinya Bu haridah.

*******

Sejak saat itu pak marudin menjadi juragan petani ketela dan istrinya entah kemana sejak ia menjadi Kuyang.

*******

Bersambung.

Bab 2 kita lanjutkan untuk kisahnya ya.kalo yang bab 1 itu untuk pengenalan Tokoh gitu.
Entar yang baca bingung lagi kok bisa ada kuyang?
Kuyangnya itu dari mana?.l

Penasaran dengan alur ceritanya?like dan tambah ke perpustakaan ya...supaya kamu bisa tahu kapan cerita ini update.

So stay tune terus cerita Rumah kuyang ya terimakasih.

See you again.

Rumah KuyangTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang