اللهم صلى على سيدينا محمد طب القلوب و داوئها, و عافيتى الابدانى و شفئها و نور الابصار و دوئها و على اله و صحبه و سلم.
Tepat ketika pembacaan ketiga sholawat Thibbul Qulub sebagai penutup pembacaan wirid setelah sholat selasai, Azura langsung lari kearahku dan berbisik,
"Nanti setelah sholat Tarawih, Zelene lanjutin lagi ya yang tadi sore."
"Oke deh..." balasku.
"Heh, waktunya sholat kok malah ghibahin orang sih? Ini tuh rumah Allah, kalian ga malu sama Allah?" cetus Varra yang memang duduk disampingku.
"Varra ngomongnya kok gitu sih, Azura-"
"Sst.." potongku sebelum Azura menyelesaikan kalimatnya. Aku menatap tenang pada Varra yang menatapku sengit. "Malu lah pada Allah karena engkau bersu'udzon pada salah satu hambanya." Aku tersenyum, sembari berpikir apa yang seharusnya kukatakan agar tak menyakitinya.
"Kalo su'udzon gue bener, gapapa lah.." sahutnya yang membuatku menghela nafas, berusaha menetralkan kejengkelanku.
"Aku, Azura, Ariana, dan Carissa mau ngobrol-ngobrol, bahas masalah Ramadhan. Kamu mau ikut?" tawarku.
"Kerjaan amat, mendingan tartil," celetuknya.
"Tartil tapi ga tahu tajwid. Cih sama aja.." Carissa menyahut dari arah samping
"Daripada kalian ghibah mulu.." debat Varra tak mau kalah.
"Ga usah ikut aja deh.. malah bikin acara berantakan," sahut Ariana.
"Udah, sholat yuk, tuh imamnya udah dateng.." potongku. Dan mereka semua kembali ketempat masing-masing.
"Varra, lebih baik ga usah tinggal di pesantren deh. Ga bisa berubah, dan sukanya bikin santri lainnya jengkel," celetuk Azura dengan wajah sengit, tapi sebelum kutegur dia lebih dahulu pergi.
"Ramadhan adalah bulan yang disucikan Allah Varra, usahakan mengunci mulut dari kata-kata yang dapat melukai sesama jika kamu ingin mendapat barakah dibulan ini," bisikku.
Dalam hati aku tersenyum, setidaknya aku dapat memberikan kebaikan pada orang-orang yang menbutuhkannya. Bukankah api tidak boleh dibalas api?
Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan. Tetapi mereka tidak menyadari. (QS. Al-Baqarah:12)
Dan ingatlah ketika Dia menjadikanmu khalifah-khalifah setelah kaum Ad dan menempatkan kamu dibumi. Ditempat yang datar kamu dirikan istana dan dibukit-bukit kamu pahat menjadi rumah-rumah. Maka ingatlah nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan dibumi. (QS. Al-A'raf:74)
Aku menutup mata ketika mengingat ayat-ayat Al-Qur'an yang sering mengingatkanku pada hal-hal seperti ini.
Tetapi hanya Allah lah pelindungmu, dan Dia penolong yang terbaik. (QS. Ali Imran:150)
Hatiku menjadi tenang kemudian.
Bersambung
KAMU SEDANG MEMBACA
Ramadhan Kala Itu
Short Story"Tadi kamu nanya apa Azura?" Aku menoleh ke arah Azura yang menimbang-nimbang. "Em.. bentar, Azura ingat-ingat dulu.. lupa gara-gara denger Carissa dan Ariana ngobrol sih.." keluh Azura. "Tadi dia nanya Ramadhan itu artinya apa?" Sambung Ariana. "Na...