6

8 4 0
                                    

"Nggak dong, kan yang membatalkan puasa itu makan dan minum yang sampai kelambung perut. Emang betul sih kadang-kadang suntikan itu melalui perut atau aurat yang nantinya bakal sampai juga ke lambung dan dapat juga memberi kekuatan pada badan, tapi suntik itu ngga bisa menghilangkan lapar.." jelasku sedangkan Early-yang mengajukan pertanyaan tadi-bernafas lega.

"Ganti pembahasan dong..." Ariana bersiul.

"Tarawih, tarawih..." usul Idellie.

"Tarawih?" tanyaku lagi.

"Iya, coba Zelene jelasin arti Tarawih yang benar..." pinta kak Sherianne.

"Gini deh... ng, Tarawih itu.. mulai dari mana ya?..." aku bingung sendiri.

"Artinya aja dulu.." usul Azura.

"Tarawih itu artinya duduk bersenang-senang atau beristirahat."

"Istirahat apaan? Bikin pegel gitu," cerca Carissa.

"Iya..jadi sebenarnya Tarawih itu bertujuan untuk melepas penat dan lelah setelah seharian puasa."

"Bukannya malah kelelahan karena sholatnya yang marathon," sambung kak Sherianne yang terbahak.

"Kalo rakaat sholat Tarawih gimana?" Tanya Early, aku tersenyum.

"Memang banyak yang berselisih pendapat tentang bilangan rakaat sholat Tarawih. Kan ada yang delapan rakaat. Ada juga yang dua puluh rakaat belum termasuk witir. Berdasarkan hadist Aisyah RA, 'tidak pernah Rasulullah SAW, baik pada bulan Ramadhan maupun pada bulan lainnya, sholat lebih dari sebelas rakaat.' hadist riwayat muslim."

"Terus..." kak Sherianne ragu untuk melanjutkan kata-katanya, tapi aku faham.

"Tapi mereka semua pasti punya dalil kuat untuk sholat Tarawih dua puluh rakaat. Aku ga mau kupas terlalu banyak." Aku memainkan jam tanganku.

"Kalo puasa dapet pahala, boleh ga puasa trus menerus?" Idellie cemberut mendengar pertanyaan Early yang baginya tidak nyambung.

"Aku pernah membaca di buku 'puasa itu mengasyikkan' karya Rajendra Kertawiria. Bila kita berpuasa terus menerus, suatu individu makhluk hidup akan masuk zona tidak nyaman, yaitu batas terjadinya kondisi kelaparan, timbulnya penyakit hingga menyebabkan kematian. Jadi... semua makhluk hidup itu punya batasan lamanya berpuasa secara aman, berdasarkan pengamatan beragam jenis hewan, tikus punya kemampuan puasa secara aman mulai dari lima sampai enam hari, babi tujuh sampai delapan hari, kelinci lima belas hari, kucing dua puluh delapan hari dan anjing dua puluh satu sampai seratus tujuh belas hari. Sedangkan kalajengking mampu berpuasa secara aman selama dua belas bulan, ular python tiga belas bulan, ikan Rhine salmon lima belas bulan, kodok enam belas bulan, laba-laba tujuh belas bulan, kadal delapan belas bulan, larva dan kumbang bahkan sampai lima tahun. Dibabdingkan dengan para hewan ini, manusia tergolong makhluk lemah. Kita bisa dihadapkan pada kondisi sekarat kalau tidak makan sana sekali selama seminggu. Gitu....." jelasku panjang lebar.

"Wow.. hebat kamu, wawasannya luas banget.. " puji Early, aku hanya tersenyum.

"By the way... kita dapat banyak ilmu ya, bulan ramadhan ini..." Ariana tersenyum senang.

"Makasih Zelene, udah bagi-bagi ilmu.." Azura menepuk pahaku.

"Sama-sama. Aku juga senang, apalagi kalo kalian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarkannya lebih luas lagi. Karena salah satu amal jariyah adalah ilmu yang bermanfaat.." aku tersenyum.

"Kita semua sahabat bukan?" Helena menatapku.

"Ya kita semua adalah sahabat.." putusku, dan kemudian aku tenggelam dalam pelukan mereka semua.


















Tamat

Diketik ulang, di revisi dan selesai pada;
Senin, 21 desember 2020, 20:47

Ramadhan Kala ItuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang