Waktu Senja

11 9 7
                                    

Langit kini tengah terduduk dan disampingnya Senja yang sedang mendengarkan musik dan menulis beberapa kata di buku diary nya. Setelah pulang sekolah tadi Senja menarik paksa Langit untuk ikut bersama nya, tentu saja awalnya Langit menolak mentah-mentah tapi Senja langsung menyeret Langit.

Langit melempar beberapa batu ke danau yang berada didepan nya, kakinya tak mau berhenti bergerak. Senja kemudian menaruh buku nya kedalam tas dan melepas earphone nya lalu menatap Langit sejenak.

"Stop bisa" Senja menahan tangan Langit yang hendak melempar kembali batu ke danau

Langit menepis kasar tangan Senja dan membuang batu itu sembarangan.

"Gak usah pegang-pegang, najis tau gak" Senja memutar bola matanya bosan, jika bukan karena rencana nya pasti Senja akan meninggalkan langit disini sendirian

"Diem sebentar oke, Gw mau Lu dengerin apa yang mau Gw omongin" kata Senja

"Gw juga tau kok jadi Lu tuh capek" Senja memulai percakapan

"Lu tau apa sih soal Gw, Senja. Lu tuh cuma orang luar yang sok-sok an ikut campur sama kehidupan Gw" Senja menutup matanya mendengar perkataan Langit yang tajam

"Senja Lu harus tau, Gw gak mau ada yang ikut campur sama kehidupan Gw apalgi itu orang yang sama sekali gak pernah Gw kenal.

Lu tuh orang asing di hidup Gw Senja, sadar gak sih kalo Lu tuh malahan bikin hidup Gw makin parah. Lu yang selalu ngawasin Gw, nyuruh Gw buat baik, apa Mamah, Papah sama Bang Vernan gak cukup, Hah?

Gw gak butuh Lu Senja, jadi please, Gw Langit Juan Erlangga, Gw mohon sama Lu Senja pergi dari hidup Gw, jauhi Gw, dan jangan pernah muncul lagi di hidup Gw"

Langit tau ucapan nya bisa saja menyakiti Senja, tapi Ia tak peduli selama Ia bisa bebas lagipula jika Senja terus melakukan ini semua tetap saja Senja akan sakit hati kan?

"Lang Gw juga gak mau kayak gini, Gw juga sama capek nya kayak Lu" Senja yang sudah terpancing emosi karena sakit hati mendengar perkataan Langit mulai mengeluarkan semua unek-unek di hatinya

"Gw juga pengen ngejauh dari Lu, Orang Tua Lu, teman-teman Lu, Gw pengen hidup Gw kayak dulu yang tenang, damai dan gak banyak orang luar yang ikut campur" Senja menatap tajam Langit

Senja tak habis pikir dengan Langit memangnya hanya Dia saja yang tak mau keadaan seperti ini, Senja sama lelahnya. Jika disuruh memilih maka Senja akan memilih hidupnya seperti dulu, pergi kesekolah khusus perempuan, menikmati setiap detik, setiap menit waktunya yang berharga dan menuliskan beberapa kata di buku diary nya. Tanpa harus terlibat dengan orang yang bahkan tak pernah Ia pikirkan jika Ia akan mengurus seorang bocah berandalan.

"KALO GITU PERGI SENJA!! PERGI DARI HIDUP GW, HARUS BERAPA KALI GW BILANG PERGI DARI HIDUP GW DAN JANGAN PERNAH NGURUSIN HIDUP GW"

"KALO GW BISA, GW JUGA MAUNYA GITU LANG. LU PIKIR CUMA LU YANG CAPEK, CUMA LU YANG GAK NYAMAN, GW JUGA SAMA TOLOL!!"

"Gw capek kalo Lu gak mau berubah Lang" kata Senja

"Gw juga sama capeknya kayak Lu Senja, makanya mikir tuh pake otak"

Senja dan Langit yang sama-sama emosi saling menatap tajam tanpa mau mengalihkan tatapan mereka. Senja menghela nafasnya kasar, ini tidak akan berhasil niat Senja ingin berbicara agar Langit mau mendengar nya bukan seperti ini.

"Sorry Lang Gw.." Langit langsung pergi meninggalkan Senja yang mematung

Senja mengerjap beberapa kali lalu menatap kearah Langit yang perlahan mulai menjauh dan menghilang. Senja ingin berteriak, memaki dan mengumpat tapi menurutnya itu tak akan berguna jadi Senja memilih diam.

Handphone nya berdering menandakan panggilan dari seseorang, perlahan mengalihkan atensi nya yang semula masih memikirkan Langit kini beralih pada benda pipih di saku nya.

"Iya Bun"

"Kamu dimana Senja? Bunda sama Ayah khawatir sama Kamu"

"Iya sebentar lagi Senja pulang kok, ini udah dijalan"

"Hati-hati ya sayang"

"Iya Bun"

Senja mematikan panggilan itu, lalu memesan ojek online. Salahkan Langit yang sekarang entah kemana padahal tadi Senja kesini bersama Langit.

"Punteennn sendirian aja Dek" Senja sedikit terlonjak saat seseorang menepuk bahunya pelan

"Eh sorry, Gw gak sengaja hehe" Senja menatap nya datar, Senja sudah hafal dengan suara dan tingkah orang didepannya

"Bang Vernan bisa gak sih kalo dateng biasa aja gitu, gak perlu sambil ngagetin" kata Senja sambil melepas paksa tangan Vernan yang sejak tadi memegang bahunya

"Cie yang sekarang manggil Gw Abang, cocok banget dah jadi Adek Ipar" Vernan menatap jahil Senja

"Btw Lu ngapain disini Dek, sendirian aja lagi gak pulang?" Tanya Vernan yang dibalas dengusan pelan dari Senja

"Gara-gara Langit tau Gw disini, Dia ninggalin Gw gitu aja Bang gila gak sih tu bocah" Vernan terkekeh pelan mendengar Senja yang seperti sedang mengadu padanya

"Kan ini salah Langit jadi Gw sebagai Abang nya aja yang tanggung jawab, yuk Gw anterin sampe rumah Lu"

Senja awalnya menolak dan mengatakan akan pulang dengan ojek online, tapi sayang tiba-tiba saja handphone Senja mati kehabisan baterai.

"Tuh kan bareng Gw aja oke?" Senja hanya bisa mengangguk pasrah

Sepanjang perjalanan Senja maupun Vernan masih terdiam tanpa ada yang mau membuka pembicaraan.

"Langit tuh sebenernya anak baik Senja, tapi ya gara-gara Mamah sama Papah yang nggak bisa ngasih kasih sayang buat anak seumuran Dia makanya Langit nyoba berontak dengan cara kayak gitu. Iya Gw tau kok pasti capek banget ngadepin sikap childish nya seorang Langit, tapi Gw mohon banget sama Lu kalo Lu bisa lakuin apapun buat merubah Langit kayak dulu lagi"

Senja masih mendengarkan Vernan yang masih bercerita tentang Langit, mungkin Senja kini bisa sedikit mengerti tentang jalan pikiran Langit.

Vernan menceritakan semuanya tentang Langit bahkan sampai sangat detail, Senja sendiri tak habis pikir dengan Vernan bagaimana mungkin Dia bisa menceritakan semua hal tentang Langit pada Orang Luar. Mulai dari tanggal lahir Langit, makanan kesukaan, makanan yang tidak Langit sukai, hobi, sampai kebiasaan Langit Vernan ceritakan pada Senja.

Senja turun dari mobil Vernan saat sudah berada di depan rumah Senja.

"Makasih ya Bang"

"Sama-sama cantik, kalo gitu Gue duluan pasti di cariin sekalian ceramah dulu sama tuh bocah"

Senja hanya mengangguk kecil lalu masuk ke dalam rumah nya. Tekad Senja sudah bulat dan Ia tak akan mundur mungkin kali ini Senja akan berteman dulu dengan Langit baru merubahnya dengan pelan bukan seperti tadi.

-Maret2021

***

Ini seriusan baru ngeh pas dibaca ulang ternyata naskah nya ilang pas di bagian Akhir🤣

LANGIT SENJA & SEMESTATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang