1st

81 8 0
                                    

"Xiao Qing(小青), ingatlah, dunia manusia itu jahat! Tidak ada yang bisa dipercayai di sana. Hanya bangsa kita sendiri, Bangsa Ular yang bisa kau percayai," ucap Bai Suzhen(白素贞), seekor ular putih yang sudah berhasil berlatih dan memiliki wujud manusia.

Bai Suzhen telah menghabiskan 100 tahun kehidupannya di dunia manusia. Oh ya, kebanyakan ular adalah siluman. Mereka harus menjalani latihan selama ratusan tahun dan akan mendapat hukuman dari Ratu Ular, Dewi Nǚ Wa(女娲), jika mencelakai manusia.

Bai Suzhen merasa tidak adil. Manusia bisa semena-mena mengganggu dan membunuh kaum ular untuk dipergunakan secara sembarangan tanpa hukuman, sedangkan mereka diatur ketat sekali oleh Ratu Ular.

Konon katanya, Ratu Ular adalah satu-satunya siluman yang berhasil mengumpulkan etika dan moral baik terbanyak dari semua jenis siluman. Ia diangkat Kaisar Langit untuk menjadi Ratu atas Bangsa Ular dan terus mengajarkan kebaikan pada kaumnya. 

Gelar dewi untuk Nǚ Wa juga diberikan Kaisar Langit, atas kebaikan dan budi moralnya untuk bersama dewa-dewi lainnya membentuk dan melindungi manusia dari Dunia Iblis.

Sampai sekarang, Dewi Nǚ Wa, Ratu Ular mereka masih sering turun ke medan tempur antara Dunia Langit dan Iblis. Ia mempercayakan Bangsa Ular pada Bai Suzhen, karena ia adalah siluman tertua kedua di goa ular.

"Tapi Kakak, Dewi berkata kalau manusia sebenarnya itu baik," bantah seekor ular hijau bernama Xiao Qing yang masih berumur 200 tahun. Ia sudah berlatih selama hampir 200 tahun, sedang mencoba untuk memiliki wujud manusia di umur ke-500.

Bai Suzhen menggelengkan kepalanya dan mengarahkan pandangan ke luar goa, "Dunia manusia memang indah, begitu pula dengan wujud manusia di sana. Percayalah, suatu saat jika kau berada di sana untuk menikmati 100 tahun praktikmu, kau akan melihat berbagai macam sifat manusia yang membenci ular."

Xiao Qing tidak mengerti. Menurut apa yang diceritakan Dewi Nǚ Wa, manusia memiliki wujud paling indah di muka bumi. Tentu saja, selain wujud, moral mereka juga baik. Namun, Bai Suzhen, ular putih yang menjadi kakak angkatnya sejak ia lahir, mengatakan bahwa mereka jahat. 

Apa itu benar? Ah, ia semakin tidak sabar untuk memiliki wujud manusia dan pergi ke dunia manusia.

~Bersambung~

Green Snake & The Monk √Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang