Hallo, kenalin nama gue Karsanti Dahlia, biasanya temen gue manggilnya Ceuceu atau Entin you know lah, sebagus apapun nama lo, tetap aja mereka manggil seenak lidahnya.
Dan bisa-bisanya tetangga gue juga ikut ikutan manggil gue Ceuceu, percuma dong Emak Bapak gue kasih nama segoals itu yakan? Yaudahlah yah.
That so, udah setahun gue lulus SMA dan gue masih jadi bahan omelan emak tiap pagi, atau lebih berkelasnya gue belum jadi aset keluarga, dan lebih jelasnya gue masih BEBAN emak bapak gue.
"Karsantiii!" teriak Emak gue dari luar rumah.
Ya, emak gue masih setia manggil gue sesuai nama,orang dia yang ngasih.
"Apa Mak?"
"Bantuin tuh turunin belanjaan dari sepeda." Suruhnya sambil membawa 2 keresek belajaan.
"Pagi pagi anak gadis malah tiduran bukannya beres-beres rumah" lanjutnya.
Nah udah biasa, udah kebal telinga gue,kalau Lo beres beres rumah pas orang orang gak ada, ya gini. Padahal udah nyapu, ngepel, nyuci, masak nasi, dan mereka pas pulang kita udah beres, terus kita baru mau istirhat atau rebahan dikira tiduran mulu, yaudah sabar, tau diri, masih jadi beban keluarga.
"Iya Emak" jawab gue pasrah.
Beres nurunin belajaan, gue bantuin emak masak, ya walaupun cuma metikin kangkung dan ngupas bawang seenggaknya gue ikut berpartisipasi.
Gue lihat jam udah pukul 9 pagi, waktunya gilir/shif sama bapak gue, buat nungguin toko.
"Emak aku ke toko yah gantiin Bapak" teriakku, kayanya emak gue masih anteung di WC soalnya dia gak jawab.
Jadi biasanya bapak gue buka toko jam setengah 6 pagi, dan sebelum pergi cuma sarapan roti aja alhasil waktunya makan pagi kita gilir, tokonya juga lumayan deket jadi bapak lebih milih buat makan dirumah daripada bawa bekel.
"Mau ke toko?" tanya Emak yang sudah selesai dengan panggilaan alamnya.
"Beliin dulu Emak terasi ke warung Mang Jujun ya" titahnya.
Sebenernya rada males kalau gue disuruh kewarung, bukannya apa apa, suka heran aja gitu sama ibu ibu yang demen banget nongkrong di sana, nongkrong sambil ngegibahin orang.
"Eh Ceu masih dirumah aja? Ko belum kerja?" Nah ini nih yang gue gak suka, ngepoin urusan orang.
"Iya Ceu tuh lihat anak saya mah udah kerja di Pabrik" lanjut ibu ibu yang pake daster karakter tata bt21,update juga ni emak emak dasternya. Heran kenapa sih suka banget bandingin hidup orang, semua manusia tuh udah punya jalan dan kehidupannya masing-masing.
"Hehe iya Bu" jawab gue dengen senyum yang sangat terpaksa.
"Yaudah saya duluan yah Bu" Pamit gue, setelah selesai dengan tujuan gue beli terasi.
"Iya Ceu,cepet cepet atuh nyari kerja biar bisa bantu Ibu Bapakmu, jangan cuma di rumah aja"
Gue masih kepikiran sama tuh kalimat ibu ibu tadi, sebenarnya ada benernya juga, anak mana coba yang gak mau bantu orang tuanya, gue juga pengen, mungkin usaha gue belum maksimal aja nyari kerja jadi belum dikasih rezekinya sama Allah, tapi yang kalau ingat kesana gue berasa gak berguna banget, diusia gue yang sekarang masih jadi beban keluarga.
"Kenapa mukanya kusut gitu?" tanya Emak, lalu aku berikan pesanannya.
Aku enggan menjawab kalau lagi mood gak baik tuh.
"Yaudah aku ke toko yah Mak"
"Eh bentaar, sekalian kasih ini sayur gudeg ke Bu Kokom" titahnya dan memberikan gue tupperware warna ungu. Tumbenan pake tupperware bisanya juga pake wadah plastik biasa, soalnya kalau lama gak dibalikin tuh tupperware, gue yang jadi sasaran omelan emak.
-
-
-"Asalamualikum Pak."
"Wa'ailkumsalam" jawab bapak gue yang lagi nata barang barang di rak.
Jadi ini tuh Toko Material, walaupun bukan Toko Material yang besar-besaran, tapi masalah barang komplet walapun Bapak gue nyetocknya dikit.
"Pak sarapan dulu biar Aku yang jaga."
"Yaudah, nih lanjutin lap dan sapuin lantai depan yah tadi bapak belum sempat" Titahnya.
Setelah gue selesai, waktunya dukman, alias duduk manis sambil minum air putih aja biar sehat.
Tiba tiba HP gue bergetar ada notifikasi.
" EMAK, BAPAK, KARSANTII MAU PENSIUN NIH JADI BEBAN, HUAAAAA" Teriak gue setelah membaca pesan pemberitahuan Interview kerja.
💨💨💨💨
Terima kasih yang udah mampir, untuk konsep di Random Story ini aku jelasin di part selanjutnya ya😘😘
See You Next Part👇
--Writer 11 April 2021
KAMU SEDANG MEMBACA
Random Story (CERPEN)
RandomKUMPULAN CERPEN Yu cek siapa tau mengembalikan mood dan menghibur kalian! Pure semua ide hasil pemikiran saya!