Slowmotion (9)

18 1 0
                                    

Di balik lawakan Haechan, ada kesedihan dibelakangnya.

Di balik julidnya Renjun, ada banyak ke frustasian di belakangnya.

Di balik imutnya Junkyu, ada kekhawatiran di belakangnya.

Di balik diemnya Asahi, ada rasa sakit di belakangnya.

Begitu juga Jeongwoo yang selalu bertingkah konyol di depan temannya, ternyata di belakang dia merasakan ketakutan juga.

Pembulian.

Dilakukan oleh anak dari majikan ibunya.

Pukulan di punggung, perut, wajah, bahkan pernah sampai membuat tulang ekor belakangnya cidera. Itu terjadi saat SMP tepatnya kelas 7. Hal itu membuat dia selalu kesulitan saat duduk dan beranjak berdiri, saat bersin dan batuk, bahkan saat tertawa selalu terasa sakit. Bahkan masih sering terasa hingga kini.

Di titik itu akhirnya Jeongwoo mengalami trauma, dia selalu ketakutan saat dipukul atau melihat seseorang di pukul.

Dia selalu menyembunyikan fakta kalau dia dibuli. Memar, luka, atau hal apapun yang terjadi di tubuhnya dia selalu bilang ke orangtuanya kalau "ini salah Jeongwoo".

Seperti orang bodoh memang, padahal Pembulian itu udah masuk ke ranah kekerasan dan bisa di hukum juga. Tapi Jeongwoo gak mau ibunya di pecat, perekonomian keluarganya bisa bermasalah nanti.

Dan lagi pula anak majikannya bisa melakukan apa saja ke Jeongwoo kalau dia buka mulut. Mereka kan orang kaya.

Jeongwoo hidup di keluarga berkecukupan, dia anak tunggal. Ayahnya bekerja di pabrik sepatu sedangkan ibunya bekerja sebagai pembantu. Walau kedua orangtuanya sibuk bekerja, Jeongwoo gak kekurangan kasih sayang dan pendidikan dari kedua orangtuanya.

Sepulang kerja ayahnya selalu menanyakan semua hal yang dilakukan Jeongwoo, atau sekedar bertingkah aneh bareng anaknya. Ibunya selalu memasak makanan kesukaan Jeongwoo dihari libur dan sering memberi nasihat-nasihat agar Jeongwoo tumbuh jadi anak yang baik. Keluarganya begitu hangat.

"YeonGue! Lo mau kemana?" tanya Jeongwoo pas ngeliat temennya jalan kaki lewat depan rumah.

"Beli gorengan di depan, btw lu beneran jadi ikut lomba nyanyi itu?"

"Jadi kayanya, gua mau coba. Toh mumpung gak bawa nama sekolah jadi kalau kalah ya gak malu sama temen-temen."

"Belom mulai lombanya jangan nethink gitu! Gua duluan deh keburu maghrib lu jangan lupa nanti ngaji! Jangan kabur Pak ustad Suho udah nandain lu kemaren" tegur YeonGue.

"Dih ngapain ditandain, kemaren gua kan ada di masjid."

"tapi pas waktunya ngaji lo pulang kan? Kabur kan lo?"

Jeongwoo nyengir sambil garukin kepalanya yang gak gatel.

Kemarin pas selesai shalat maghrib dia main perang sarung sama Junghwan, terus tu anak ngebisikin buat kabur ngaji kalau ditanya sama mama bales senyum aja. kalau jawab 'kabur' pasti diomelin, kalau jawab 'ngaji kok' berarti bohong jadi cari aman aja.

Mereka kabur dengan pura-pura ke tempat wudhu waktu Pak Ustad mau masuk ke dalem masjid. Pas udah masuk, mereka ngacir lari sambil cekikikan ninggalin area masjid.

Emang setan.

Pas udah kabur niatnya Junghwan mau main ke rumah Jeongwoo karna emang gak terlalu jauh juga dari rumahnya tapi sebelum itu mereka ke warung dulu buat jajan pop Ice sama makaroni basah, perut Junghwan itu kaya karung jadi maunya makan mulu.

Rumah Jeongwoo itu bagus kok walau gak terlalu besar tapi rapih dan bersih, didepan rumahnya ada banyak tanaman yang di simpen di pot kecil, terutama tanaman yang sering jadi bahan masakan.
Di pinggir rumahnya juga di tata beberapa jenis bunga.

"Widihh, banyak amat." Junghwan noel-noel air yang isinya ada anak cupang yang tadi sore baru netes.

"Tangan lu jangan di celupin, mabok nanti bau jigong!" Junghwan dateng sambil bawa nampan isi teh manis.

"Tangan gua bersih!"

"bersih mata lu, tadi lu pas selesai makan makaroni di jilatinkan tangannya." Jaeongwoo ngingetin. Junghwan yang baru inget cengengesan terus minum tehnya.

"Lu mau ternak cupang ya woo? Banyak amat ini, ni yang ini bagus dapet dari mana? Berapaan ni?" Junghwan nunjuk ke cupang warna ungu, diantara semua yang dipunya cupang itu paling bagus.

"Oh itu dapet dari bang Kai anaknya Pak icing, yang rumahnya warna ijo noh disana." Jeongwoo nunjukin ke arah ujung gang.

Junghwan cuma bilang 'ohh' tapi baru aja mau mainin cupang lagi, dia gak sengaja liat memar ukuran lumayan besar di lengan deket siku Jeongwoo. Junghwan langsung narik pergelangan temennya, bikin yang di tarik kaget. "

" Adaww! " Jeongwoo kesakitan sambil pegangin memarnya. Dia lupa gak kebawahin lengan bajunya buat nutupin tuh memar yang masih ungu kebiruan.

"EH LO KENAPA? KOK ADA BEGINIAN SIH? COBA-COBA GUA MAU LIAT! " Junghwan narik tangan Jeongwoo maksa mau liat lagi, karna tenaga Jeongwoo gak kek badak macem tu bocah jadi gampang bagi Junghwan buat liat memarnya.

"Ih woo, gede amat. Mana 2 warna lagi, disini warna ungu terus disini warna biru." Junghwan liat itu sambil nunjukin. Jeongwoo sih udah tau tanpa perlu di jelasin lagi.

Kan dia yang punya memarnya.

Junghwan tiba-tiba natap Jeongwoo lama, yang diliat kebingungan. Dahinya mengerut, tanpa harus bilang pun semua orang bakal tau Jeongwoo seakan bilang "ape lu liat-liat"

"Dipukul ya?" tebak Junghwan yang langsung bikin kaget Jeongwoo.

"a-apan nggak! Sok tau lu ini tuh kebentur meja!" Jeongwoo beralasan.

Jeongwoo mungkin lupa kalau Junghwan ini pinter bela diri, dia tau memar kaya gitu gak mungkin akibat kebentur meja.

"Alah alesan! Memar lo masih keliatan baru, masih sakit kan? Memar di area situ mah pasti karna dipukul atau Di tonjok pas lu mau nangkis bakal lebih tepat kalau kebentur sih tapi keras banget lah, apaan kebentur meja doang bisa begitu." Junghwan ngejelasin.

"Eh dong dong, jangan sok tau!" elak Jeongwoo.

"kalau pun bukan ketiganya, Memar sebesar yang muncul disitu gak mungkin karna kebentur meja. Lebih realistis segede gitu sih, kaki ngebentur meja. Lu kalau nyari alesan pinter dikit dong! Guakan gak bego."

Sebenernya Junghwan gak ngerti juga dia bilang apaan, asal ngomong aja biar keliatan udah ahli.

Jeongwoo keliatan khawatir, dia pikir Junghwan bakal percaya soalnya biasanya gampang ditipu ternyata kali ini tu anak pinter juga.

Apa udah waktunya dia bilang ke seseorang kalau dirinya di bully?

Tapi Jeongwoo gak mau bikin orang lain khawatir atau tau kalau Jeongwoo itu sebenernya lemah gak bisa ngelawan.

"Woo, kita tuh udah sahabatan dari SMP, dari semenjak lu susah duduk sampai sekarang yang udah bisa goyang itik. Kalau ada sesuatu cerita dong!"

Jeongwoo teringat, pas kelas 8 dia merasa kesulitan dalam beberapa hal karna tulang ekornya belum pulih, dia ngejalanin terapi selama 1 tahun dan harus pakai bantal donat dari rumah sakit selama 6 bulan kemana-mana.

Saat itu dia belum terlalu mengenal Junghwan. Tapi disekolah pernah ada acara bakat yang di gelarin di lapangan, Junghwan waktu itu tiba-tiba ngambilin Jeongwoo kursi plastik terus ngebantu dia buat duduk. Dulu alasannya cuma 'lu keliatan pegel'.

Tapi semakin hari Junghwan ngedeketin dia, selalu nyapa kalau ketemu, dateng ke kelas sambil bawa susu kotak atau nawarin diri buat jadi babunya Jeongwoo ke kantin. Mereka jadi akrab.

Jeongwoo tersenyum samar saat mengingat semua itu. Dia menghela nafas dan memberanikan diri untuk menceritakan perisakan yang terjadi terhadap dirinya.

"gua korban buli Kak Leo selama 4 tahun."

Kalimat yang bikin Junghwan kaget sekaligus marah gak main. Dia diem natap Jeongwoo dengan mata kebingungan, Junghwan butuh banyak penjelasan.

Detik ini Junghwan berjanji gak akan bersikap baik sama siapapun yang nyakitin sahabatnya, apalagi sampai fisik.

"mati lo kalau ketemu gue!" - ucap dalem hati.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 10, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Slowmotion - Treasure NCTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang