Eric: (mengendarai mobil Lamborghini Urus) kita sudah sampai, Kampung Cibuluh..
Zuma: akh! akhirnya! (membuka pintu mobil dan keluar dari mobil) kampungku, aku pulang!
Rubble: (keluar dari mobil) wow..
Tracker: (menghirup udara pedesaan) oyoyoy.. segar sekali..
Zuma: ayo Rubble! Tracker!
Rubble: pemandangan ini mengingatkanku pada Kota Ambleside di Inggris.. hanya saja ini lebih indah..
Zuma: tidak ada yang bisa mengalahkan pesona Kampung Cibuluh, kau tahu?? hehe! ayo!
Rubble: apa kau masih ingat jalannya, Zuma?
Zuma: tentu saja.. cukup dekat, jika dilihat dari pekerjaan orang tuaku pasti tidak sulit menemukan rumah mereka..
Tracker: (mengangguk)
Chase: Mein Gott.. ini menyegarkan mataku.. tak kusangka ternyata Zuma adalah anjing yang memiliki darah Asia..
Eric: aku juga berpikiran begitu, sampai aku terkejut kalau dia bisa berbahasa Sunda.. (membuka catatan) ayah Zuma adalah anjing berdarah Indonesia.. saat itu, ia mengambil kuliah jurusan budaya di Inggris dan bertemu dengan ibu Zuma yang berasal dari Miami, Amerika Serikat.. setelah lulus, mereka memutuskan untuk tinggal selama hampir 4 tahun di Amerika untuk mengadakan sebuah kampanye budaya Sunda, didasari oleh keinginan mereka yang sama yaitu melestarikan dan mempromosikan budaya dari Indonesia.. dan kampanye itu berhasil.. setelah itu mereka berdua memutuskan untuk tinggal di Cibuluh untuk memperdalam budaya budaya Sunda demi bisa melanjutkan kampanye pengembangan budaya yang mereka buat ke tingkat yang lebih tinggi.. wow.. orang tuanya benar benar berpengaruh, sungguh orang tua kalian semua seperti orang penting.. kecuali Rubble, aku masih tidak tahu tentang latar belakangnya..
Chase: hmmm.. teruslah mencari kapten.. ooh ya, bisakah kau berikan sedikit informasi tentang desa ini?
Eric: tentu! (membuka hp) hmm sepertinya kita salah sebut, seharusnya kampung! bukan desa..Kampung Cibuluh adalah kampung yang terletak di Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.. Kampung ini sempat menjadi perbincangan masyarakat karna pesona alamnya yang indah dan disebut-sebut mirip dengan Desa Sherpa yang berada di Himalaya, Nepal. Ditambah dengan desain rumah di pemukiman yang tersusun secara teratur, serta, pemandangan nan hijau khas pegunungan, makin membuat wisatawan tersihir.
Chase: pantas saja.. kenapa pemandangan seperti ini tidak bisa kujumpai di Amerika maupun Jerman?? Serius.. alam seperti inilah yang dibutuhkan banyak orang!
Eric: mm-hmm.. (mengambil suling dari balik jubah dan langsung memainkan nada nada lagu Sabilulungan, lagu tradisional khas orang Sunda)
Chase: kau bilang kalau kau orang Jawa, kenapa kau bisa memainkan lagu Sunda?
Eric: aku belajar beberapa budaya dari daerah lain.. seperti Sunda, Betawi, dan Sumatra.. mulai dari gaya bicara, unsur, lagu, tari, dan beberapa adat istiadat..
Chase: ooowh.. hm?! hei! dimana Zuma dan lainnya!?
Eric: lah?! (melihat ke hp) kita ke jalur lurus, mereka tadi belok kanan di perempatan pertama..
Chase: (membuang nafas) kita terlalu asik berbicara..
Akhirnya Zuma, Rubble dan Tracker sampai di rumah orang tuanya Zuma..
Zuma: (mengetok pintu) bapak! emak! leu abdi! udah pulang euy!
pintu tidak terbuka..
Zuma: hm?? (mengetok pintu)
Rubble: sepertinya mereka tidak di rumah-
tiba tiba seekor anjing jatuh dari atap.. ternyata itu adalah ayah Zuma..
Ageng (ayah Zuma): eeeh eeehhh!! udah pulang ternyata anak bapak!
Zuma: bapak! (memeluk ayahnya)
Rubble: (terkejut)
Ageng: hehehe.. kumaha, damang??
Zuma: aha baik baik saja, kukira siapa.. kunaon bapak naék ka luhur??
Ageng: oooh.. lagi masang genteng, kemaren ujan anginnya kenceng pisan, gentengnya ketarik!
Zuma: oooh! terus.. emak mana?
Ageng: lagi di rumah pak rt, bahas arisan.. (mengarahkan pandangan ke Rubble dan Tracker) saha eta teh?
Zuma: oooh temen! sama sama anggota Paw Patrol..
Ageng: ooooohhh temennya Zuma..
Rubble: senang bertemu denganmu, ayahnya Zuma..
Ageng: aaaahh! panggil aja kang Ageng! dari Amerika juga?
Rubble: bu.. bukan.. aku dari Inggris..
Ageng: oooh asli Inggris, terus.. kamu?
Tracker: eeeh.. Spanyol-Inggris, sebelumnya tinggal di Spanyol..
Ageng: wuuuiiih blasteran! sama kayak Zuma! hebat hebat! ayo masuk ayo! capek kan?? laper?? ayo istirahat dulu atuh! (membuka pintu dan masuk) Yani! Yani!
Yani (asisten rumah tangga muda): leres pak?
Ageng: ambilin minum atuh, anak aing dah dateng!
Yani: oooh ya ya pak! sebentar!
Zuma: ayo masuk!
Rubble: tunggu.. mana Chase dan kapten?? (masuk ke dalam)
Tracker: sepertinya mereka salah jalur.. tapi sudahlah, kapten punya GPS! dia pasti akan datang.. (masuk ke dalam)
Zuma: heii.. ada ada saja.. baiklah, ayo-
????: loh?! Zuma udah balik?!
Zuma: hm? (melihat ke belakang dan terkejut) eeehh! Teh Asih? Teh Indri? Teh Melati?
Asih: iiih masih inget ternyata!
KAMU SEDANG MEMBACA
Capt's Holiday
DiversosSi Capt a.k.a Eric, yang sedang menikmati hari hari liburnya semenjak event Crash Dimensions berencana mengunjungi Adventure Bay untuk berlibur sekaligus melihat keseharian Paw Patrol selama beberapa waktu, bagaimana kelanjutan ceritanya? apa keseru...