Belajar L**a

690 167 9
                                    

Selain belajar ingat, kita juga harus belajar lupa.

***

Mengingat itu memang butuh usaha. Misalnya, mengingat rumus matematika dan fisika, mengingat tanggal-tanggal penting dalam pelajaran sejarah, atau mengingat daftar belanjaan ketika kita disuruh sama ibu ke warung.

Namun, ada mengingat yang sangat mudah, malahan nggak butuh usaha sama sekali. Contohnya, mengingat kesalahan orang lain, mengingat jasa-jasa kita kepada orang lain, atau mengingat senyuman si dia.

Nah, khusus mengingat kesalahan orang lain, ini bisa jadi bom waktu yang suatu saat meledak jika ada yang memicunya. Apalagi, kalau ingatan itu berubah menjadi dendam yang tidak termaafkan. Selain menjadi racun dalam diri sendiri, ingatan ini juga berpotensi merusak orang lain jika diluapkan dalam bentuk nyata.

Mengingat kebaikan kita kepada orang lain juga nggak bagus. Bila orang lain itu tidak membalasnya, akan ada rasa sakit hati.

Oleh karena alasan itulah, belajar lupa itu penting.

Terus gimana caranya supaya lupa?

Kalau kata seorang guru, "Cara terbaik untuk melupakan adalah dengan tidak berusaha untuk melupakannya. Menyibukkan diri dengan hal lain akan membantu kita untuk lupa. Biar waktu yang menghapus ingatan perasaan menjadi sebuah pengalaman."

Pelajaran Rahasia [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang