Pada suatu hari, Otong sedang mengikuti kegiatan belajar daring, sedangkan Deva tengah asyik nonton drakor.
Deva: Uugh, si Na-Bi emang pe'a ya. Gemes dah gue.
Otong: Gak boleh gitu kak.
Deva: Emang kenapa?
Otong: Kata pak ustad, kita gak boleh menghina nabi. Dosa tau.
Deva: Bukan nabi yang kayak begitu maksud gue, dasar pe'a. Eh, itu dengerin bu guru lagi jelasin pelajaran, jangan malah ngobrol.
Otong: Gapapa kak. Ini lagi jelek jaringannya, liat aja tuh mulutnya daritadi menganga aja gak gerak-gerak.
Deva: Hahahaha. Emang kocak ya kalo belajar daring.
Otong: Eh iya kak, Otong mau tanya. Menurut kakak, belajar yang baik dan benar itu kayak gimana sih?
Deva: Kayak gimana ya, gue bingung jawabnya. Yang jelas, belajar itu harus diawali dengan keingintahuan. Kalo cuma demi nilai, demi ijazah, demi sertifikat, ya gak bakal numpang lama tuh pelajaran di otak. Cuma asal lewat aja.
Otong: Jadi, maksudnya harus penasaran dulu gitu ya?
Deva: Iya. Rasa penasaran itu kayak bensin. Dia akan jadi bahan bakar buat kita memahami semua ilmu dan pengetahuan. Belajar tanpa rasa ingin tahu itu bisa, tapi ya agak sulit.
Otong: Hmm, gitu ya kak.
Deva: Iya. Lagian nih ya, belajar itu gak melulu tentang membaca, tanya jawab, atau ngerjain soal. Gak selalu begitu. Loe nonton film, berantem sama pacar, ditilang polisi lalu lintas, berwisata kuliner, bahkan mendengarkan orang curhat pun itu termasuk belajar lho. Semua hal bisa jadi pelajaran kalo kita mau ambil hikmahnya.
Otong: Iya juga sih kak.
Bu Guru (daring): Ehm, Otong, kamu dengerin ibu gak? Kamu daritadi kayaknya ngobrol sendiri. Kamu gak sadar ya daritadi temen-temen kamu ketawain kamu ngupil?
Otong: Eh, iya ya bu. Aku kira belum konek ke jaringan. Ah, jadi malu. Huehuehue.
Deva: (haduh, gue juga malu punya adek kayak gini)
KAMU SEDANG MEMBACA
Pelajaran Rahasia [TAMAT]
RandomSeri #16 Humaniorama Bagi sebagian orang, belajar itu tidak menarik. Hanya saja, apa yang ada dalam buku ini bukan pelajaran pada umumnya. Ini pelajaran rahasia yang mungkin akan menggelitik pola pikir pembaca. Penasaran?