Hei. notification
Cerita ini memang benar adanya-- dengan modifikasi. selamat membaca^^
Sistem perkuliahan daring versi kedokteran? Apakah bisa?
Itulah yang dipikirkan oleh Rania. Pasalnya pandemi covid-19 melanda indonesia sejak tanggal 3 maret 2020. Hal ini menyebabkan sejak tanggal 18 Maret 2020, seluruh sekolah di tutup dan menjalani transisi pembelajaran daring.
15 Maret 2020Hari ini adalah hari minggu. Kegiatan perkuliah non akademik yang akan Rania jalani adalah Healthy sunday. Kegiatan ini merupakan program baru dari Wakil Dekan III yang merupakan program wajib bagi 5 ormawa besar di FK. Untuk jenis kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan tinggi badan- berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol dan konsultasi dokter secara gratis.
Jam menunjukan pukul 07.00 Rania segera bergegas, jadwalnya hari ini ia akan datang ke lokasi yang telah di tentukan untuk Ormawa yg diikutinya. Memakai jaket merah, Rania pun pergi memanaskan motor. Jarak Kost temannya ke lokasi lumayan dekat. Rania dan Evi langsung tancap gas.
Sampai disana, di masjid Raya Banten. Beberapa anak dengan seragam yang sama sudah hadir. Namun masih dalam mode berkerumun. Rania pun segera mendekat
"Oii oii gengs, udah siang nih. Yok kita doa duluu buat briefing" ucap Rania tanpa sadar ada kak Anggrek seniornya
" heheheh izin mendahului kak" sambungnya sambil menggaruk kepala.
"Gpp dek lanjut aja. Nih udah tau kan pemimpin organisasi ini siapa. Jangan lupa ya"Rania hanya tersenyum kuda. Mereka 1 team pun langsung briefing dan membaca doa.
"Kegiatan kali ini, ada tugas tambahan dari Wadek III, kita harus sosialisasi COVID ya. Jangan lupa semuanya pake masker. Dan himbau dengan bahasa yang baik ya dek." Ucap Kak Anggrek mengakhiri briefing pagi ini.
Hari ini, belum ada kasus konfirmasi COVID-19 di sumsel. Namun panic buying sudah terjadi, seluruh handsanitizer habis di tiap swalayan, masker medis pun menjadi barang langka yang bisa di tukar 1 kotaknya dengan harga 500rb. Rania pun mendapatkan bagian edukasi. Ia tidak lupa memakai masker kain yang ia memang koleksi ketika berbicaraa dengan warga. Meskipun belum ada kasus disini, Rania sangat khawatir karena COVID-19 memiliki masa inkubasi 14 hari.
"Mbak, bener apo kalo misal sakit linu tulang ni keno covid? Uji tetanggo aku tadi tu keno covid mbak. Takut aku mbak gek dibawak petugas"(Mbak, apakah benar kalo sakit pegal linu ini gejala Covid? Kata tetangga saya, saya kena Covid mbak. Saya jadi takut kalo di jemput petugas kesehatan)
Rania pun mulai menjelaskan mengenai Covid dan gejalanya yang berdasarkan panduan Covid maret 2020.
Jam menunjukan pukul 10.30 Healthy sunday pun selesai. Rania segera pulang dan berganti pakaian. Ia kemudian mulai membereskan rumah. Saat itu, berita Televisi sangat menghebohkan kasus Covid 19 di jakarta yang mengalami penyembuhan. Kemudian disusul dengan kasus salah satu mentri yang terkena Covid
"Mama is calling"
Rani : iya maaMama : Rani dimanaaRani : di rumah;tadi abis ada kegiatan kampus bentaran.Mama : hati hati kalo pergi dek. Pakai masker nya. Jangan deket deket orang apalagi orang batuk. Kalo beli makan milih;masak aja. Kalo ke pasar hati hatiRani : iya mamaaahMama : jangan ngenyel yo Ran, mama nih panik bener. Kapan kamu mau pulang?Rani : Rani belum beli tiket sih ma, rabu aja ya?Mama : kampusmu belum libur tah?Rani : belum mah, rabu libur katanya..besok mau ngejer praktikum anatomi sama feses.Mama : oalah yoweslah ati-ati yo nak.Rani : iya maaamah rani mau belajar dulu ya besok mau pretest.
Rani pun segera menyelesaikan tugasnya. Ia belajar dan menghapal modul anatomi. Untuk ikut dalam praktikum anatomi,kita harus menghapal modul yang diberikan. Sebelum praktikum akan ada Pre-test disini kita akan di test mengenai hapalan kita di modul. Jika nilai <60 maka harus mengulang 1x lagi. Kalo masih kita tidak bisa ikut praktikum dan mengulang di tahun depan.
Blok Digestif adalah blok dengan beban yang berat. Kita belajar anatomi dari mulut-anus. Semua yang kita makan dan yang kita keluarkan akan kita pelajari.
Heeei semuanya. bonus double update ya wkwkwk. ini ide ku tulis waktu cov1d bener-bener masuk indonesia--- kupikir lewat adanya fenomena ini aku bakalan lebih sering buat apdet. nyatanya? ENGGA sama sekali. deadline makin banyak, kuliah molor sampe magrib. parah banget sih adaptasi 1 tahun terakhir. giliran senggang, udah ada beban skripsi di pundak. ehheeh malah curhat.
Gimana? jangan bosen nunggu ya. cerita ini cuma sebagai informasi tambahan aja,jangan di harapin :")) kalo mau liat curhatan anak fk, buka ig aja ada medstorian disana. baca baca aja semoga menghibur
11/08/2021- 23.47 udah malem sih, besok skill lab. stay healthy semuanya!
with love- rerea
KAMU SEDANG MEMBACA
DIENCEPHALON [Medical Student Series]
FanficKisah hidup kedokteran author. Medical student story inspired by author 40% Real life di kedokteran! Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur da...