Bab 10

12 2 46
                                    

Raja Callister duduk di ruang perjamuan mengawasi rakyatnya, dia di bagian tengah di antara dua Raja dari kerajaan lain. Laviare dan Galheim. Raja Valenfield duduk di salah satu ujung meja dan raja Erasmus di ujung lainnya, ratusan orang dari ketiga klan di antara mereka. Pesta pora perayaan telah berlangsung selama berjam-jam sampai akhirnya ketegangan antara klan telah terselesaikan sejak hari duel. Seperti dugaan Callister, yang semua orang butuhkan adalah anggur dan daging − dan perempuan − untuk melupakan perbedaan mereka. Sekarang mereka semua berbaur di meja yang sama, seperti saudara dekat. Bahkan, melihat Callister dan Galheim seperti itu, Callister bahkan tidak lagi bisa melihat mereka dari dua klan yang terpisah.

Callister merasa terbukti benar;  rencana induknya juga bekerja. Sudah, kedua klan tampak lebih dekat. Dia berhasil melakukan apa sederetan panjang raja-raja Callister sebelumnya tidak bisa lakukan: untuk menyatukan kedua sisi antara Garda Besi dan Cincin, untuk membuat mereka, jika tidak berteman, maka setidaknya tetangga yang damai.

Callister teringat kembali semua perencanaan yang mendahului acara ini, mengingat hari-hari yang panjang berdebat dengan para penasihatnya. Dia telah menentang saran dari semua penasihatnya dan mengatur serikat ini. Itu bukan perdamaian yang mudah dan, pada waktunya, Galheim akan menetap di Pegunungan, perayaan dan perdamaian ini akan lama terlupakan, dan suatu hari mereka akan menggerakkan kerusuhan. Dan tidak naif. Tapi sekarang, setidaknya, ada ikatan damai antara Callister dan Galheim − dan terutama jika Galheim memegang erat perdamaian tersebut, maka mungkin, suatu hari, seluruh Garda Besi dan Cincin bisa bersatu, Highlands tidak akan lagi menjadi perbatasan yang bertikai, dan tanah bisa makmur di bawah satu aturan. Itu mimpinya. Bukan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk keturunannya. Selain itu, Garda Besi harus tetap kuat, harus tetap bersatu untuk melindungi Ngarai, untuk melawan gerombolan dari luar sana. Selama klan tetap terbagi, mereka menjadi garis depan lemah ke seluruh dunia.

"Bersulang!" seru Callister, dan berdiri.

Meja menjadi sunyi karena ratusan pria juga berdiri, mengangkat gelas pialanya.

"Untuk perayaan hari jadiku yang ke tiga puluh lima tahun! Untuk perdamaian Callister dan Galheim! Untuk kedamaian di seluruh Cincin!"

"DENGAR DENGAR!" sejumlah sorakan bersamaan. Setiap orang mabuk dan ruangan itu sekali lagi dipadati dengan suara tawa dan pesta.

Callister kembali duduk dan mengamati ruangan, mencari anak-anaknya yang lain. Ada, tentu saja, Luke, minum dengan dua kepalan tangan, seorang gadis di bahu masing-masing, dikelilingi oleh teman-teman bajingannya. Hal ini mungkin merupakan satu peristiwa kerajaan yang pernah rela ia hadiri. Ada Godfrey, duduk bersampingan dengan Derek, berbisik di telinganya; Callister bisa melihat dari gerakan tergesa-gesanya, mata gelisah, bahwa ia merencanakan sesuatu. Pikiran itu membuat perutnya bergejolak, dan ia memalingkan muka. Di sana, di ujung ruangan, adalah putra bungsunya, Elden, duduk di meja pengawal dengan anak baru, Lucius. Lucius sudah terasa seperti anak baginya, dan ia senang melihat anak bungsunya yang cepat berteman dengannya.

Ia mengamati wajah putri termudanya, Gwendrielle, dan akhirnya menemukan ia duduk di pojok, dikelilingi oleh pelayan-pelayan wanitanya, tertawa genit. Ia mengikuti tatapannya, dan menyadari ia sedang melihat Lucius. Ia mengawasinya selama beberapa waktu, dan menyadari dia sedang jatuh cinta. Ia tidak meramalkan hal ini dan sangat tidak yakin apa yang harus dilakukan tentang hal ini. Ia merasakan masalah di sana. Khususnya dari istrinya.

"Semua hal tidaklah seperti yang terlihat," terdengar sebuah suara.

Callister menoleh untuk melihat Grimmdore duduk di sampingnya, mengamati kedua klan makan bersama.

"Apa pendapatmu tentang semua ini?" tanya Callister. "Akankah ada kedamaian di kerajaan ini?"

"Kedamaian tidak pernah lurus," kata Grimmdore. "Kedamaian menyusut dan mengalir laksana ombak. Apa yang kau lihat di depanmu adalah selubung kedamaian. Kau melihat satu sisi wajahnya. Kau mencoba memaksakan kedamaian pada permusuhan lama. Tetapi ada ratusan tahun darah yang tertumpah. Jiwa-jiwa menangis demi pembalasan dendam. Dan tidak dapat diredakan dengan perayaan saja."

"Apa yang kau katakan?" tanya Callister, meneguk lagi anggurnya, merasa gugup, seperti yang sering ia rasakan di dekat Grimmdore.

Grimmdore menoleh dan mengamatinya dengan intensitas yang sangat kuat, hal itu membuat hati Callister dilanda kepanikan.

"Akan ada perang. Para Galheim akan menyerang. Siapkan dirimu. Semua tamu yang kau lihat di depanmu akan segera melakukan yang terbaik untuk membantai keluargamu dan Laviare."

Callister menelan ludah.

"Apakah aku membuat keputusan yang salah dengan mengundang mereka dan memberikan mereka kepercayaan di perayaan ini?"

Grimmdore terdiam beberapa saat, sampai akhirnya ia berkata: "Tidak perlu."

Grimmdore melihat ke sekeliling dan, Callister bisa melihat bahwa Grimmdore telah selesai dengan topiknya, ada jutaan pertanyaan yang ia inginkan jawabannya, tapi ia tahu Ahli Sihirnya tidak akan menjawabnya sampai ia siap. Jadi sebagai gantinya, ia menatap mata Grimmdore dan diikuti dengan tatapan mereka pada Gwendrielle, kemudian pada Lucius.

"Apakah kau melihat mereka bersama?" tanya Callister, tiba-tiba ingin tahu.

"Mungkin," jawab Grimmdore. "Masih banyak hal-hal yang belum bisa diputuskan."

"Kau berbicara dengan penuh teka-teki."

Grimmdore mengangkat bahu dan melihat ke sekeliling, dan Callister sadar ia tidak akan mendapatkan apapun lagi darinya.

"Kau lihat apa yang terjadi di arena hari ini?" desak Callister. "Dengan anak itu?"

"Aku melihatnya sebelum hal itu terjadi," jawab Grimmdore.

"Dan apa pendapatmu tentang hal itu? Apakah sumber kekuatan anak itu? Apakah ia seperti kau?"

Grimmdore menolah dan memandang ke dalam mata Callister, lagi-lagi dengan intensitas yang hampir membuatnya berpaling.

"Ia lebih kuat dibandingkan aku."

Callister balas memandangnya, terkejut. Ia tidak pernah mendengar Grimmdore berbicara seperti ini.

"Lebih kuat? Dibanding kau? Bagaimana mungkin? Kau adalah ahli sihir Raja − tidak ada orang lain yang lebih kuat dibandingkan kau di seluruh dataran."

Grimmdore mengangkat bahu.

"Kekuatan tidak datang hanya dalam satu bentuk," katanya. "Anak itu memiliki kekuatan melampaui apa yang bisa kau bayangkan. Kekuatan yang melampaui apa yang ia ketahui. Ia tidak mengerti siapa dirinya. Atau dari mana ia berasal."

Grimmdore berbalik dan memandang Callister.

"Tapi kau tahu," tambahnya.

Callister balas memandangnya, bertanya-tanya.

"Benarkah?" tanya Callister. "Katakan padaku. Aku harus mengetahuinya."

Grimmdore menggelengkan kepalanya.

"Ikuti apa kata hatimu. Itu yang benar."

"Apa yang akan terjadi padanya?" tanya Callister.

"Dia akan menjadi pemimpin besar. Dan seorang kesatria yang hebat. Ia akan memerintah kerajaan atas kehendaknya sendiri. Kerajaan yang sangat lebih besar dibandingkan kerajaanmu. Dan ia akan menjadi seorang raja yang sangat lebih hebat dari kau. Itulah takdirnya."

Untuk beberapa saat, Callister terbakar rasa iri. Ia berpaling dan mengamati anak itu, tertawa santai dengan Elden, di meja para pengawal, rakyat jelata, orang asing yang lemah, termuda dalam gerombolan itu. Ia tidak dapat membayangkan bagaimana hal itu mungkin terjadi. Melihatnya sekarang, ia hampir terlihat tidak terlalu pantas untuk bergabung dalam Legiun, ia bahkan lebih pantas untuk menjadi seorang kesatria, dengan tindak-tanduk seperti itu. Callister bertanya-tanya selama beberapa saat mungkinkah Grimmdore salah.

Tapi Grimmdore tidak pernah salah dan tidak pernah membuat pernyataan tanpa sebuah alasan.

"Mengapa kau katakan padaku tentang semua ini?" tanya Castiller.

Grimmdore berbalik dan memandangnya.

"Karena ini waktunya bagimu untuk bersiap-siap. Pemuda itu perlu dilatih. Berikan kebutuhannya yang terbaik. Itu adalah tanggung jawabmu."

"Aku? Dan mengapa bukan ayahnya?

"Apanya?" tanya Grimmdore.

Soul Awakening : A Quest of Heroes [ON GOING]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang