Bersama Yuta Maju

106 34 0
                                    

Hari ini jadi hari yang cukup melelahkan untuk Pak Min. Perannya sebagai pembina osis membuatnya cukup sibuk bahkan sering meninggalkan kelas sebagai jam kosong. Bulan ini diadakannya pemilihan pengurus osis bagi kelas sebelas. Dan hari ini adalah hari pendaftarannya.

Sebelum meninggalkan kelas lagi, Pak Min sempet dateng ke kelasnya buat ngasih tugas biar muridnya nggak pada nganggur.

“ Untuk hari ini saya tinggal sebentar, kerjakan tugas yang ada di papan tulis. Nanti kumpulkan ke Tio dulu,”

“ Mau ngurusin OSIS ya Pak?” Suan bertanya.

“ Iya, hari ini pendaftaran untuk pengurusnya,”

“ Saya ikut dong Pak mau nyalon juga,” itu suara Yuta dari belakang.

Pak Min agak terkejut, baru kali ini dia tahu kalau di kelasnya ada yang ikut osis. Tapi lebih kaget lagi waktu Yuta bilang dia mau ikut kepengurusan osis.

“ Disini siapa saja yang jadi anggota osis?”
Yuta, Naka, Rendhika, Mark, dan Hendri ngacungin tangan. Pak Min lagi-lagi kaget waktu tahu cukup banyak muridnya yang jadi osis. Antara kagum atau curiga Pak Min mikir gimana bisa anak-anak ini kepilih jadi osis.

“ Yuta beneran?” tanya Pak Min lagi karena sejujurnya dia agak nggak yakin kalo lihat Yuta benar-benar maju jadi calon ketua osis.

“ Mau gandeng siapa buat wakilnya?”

“ Emm.. siapa ya?” Yuta pura-pura mikir. Di depannya Rendhika, Mark sama Jaendra udah ngode biar nggak milih dia jadi calon wakilnya.

“ NAKA deh Pak!” kata Yuta

“ Wehh kok gueeee! Gamau ah!” Naka yang tadinya makan cilor diem-diem langsung kaget.

“ Nanti gue beliin cilor lagi di kantin,”

Naka ngangguk,” Oh yaudah kalo gitu,”

“ Kita berdua ya Pak yang mau nyalon. Eh tapi daftarnya dimana?”

“ Setelah ini ikut saya ke ruang OSIS,” kata Pak Min agak ragu. Dibilang agak ragu karena Pak Min bener-bener nggak nyangka kalau muridnya yang bringas ini punya niatan jadi ketua osis.

“ Mantab tuh pake orang dalem,” kata Ten yang disetujui sama yang lain. Pak Min nggak ngejawab dia cuman melotot aja terus dibales balik melotot sama Ten. Ngejek ceritanya.

“ Sudah saya tinggal dulu. Tio jaga kelasnya baik-baik jangan sampai ramai menganggu kelas lain,”

“ OKE PAK!”

“Ikut saya,” ajak Pak Min ke Yuta sama Naka.

***

Dibilang sok pede tapi Yuta sama Naka terlalu insecure lihat temen lain yang pada daftar jadi ketua osis. Rohim, si anak jenius yang pernah menang olimpiade sains tiga kali berturut-turut ikut nyalonin diri sebagai ketua osis. Wulandari si anak kesayangan guru-guru yang  fotonya dijadiin banner promosi sekolah juga ngajuin diri jadi ketua.

Yuta sama Naka yang daritadi duduk lesehan sambil nyemilin cilor merasa insecure. Yang daftar cuman tiga pasang, tapi yang dua ibarat serbuk emas jika dibandingkan sama mereka yang cuma butiran upil. Tapi berhubung Yuta sudah bersabda, maka kepercayaan diri Naka balik lagi .

Kata Yuta, “ Berhubung muka gue good looking dan sedap dipandang, ada kemungkinan 5 % kita bakal kepilih,”

“ 95 % persennya lagi kemana?” Naka tanya

“ 95 % orang yang nggak milih kita, artinya masih punya akal sehat,”

“ Hmm. Benar juga anda,”

“ Lo inget nggak Chendra bilang apa tadi?”

“ Mamanya mau umroh lagi?”

“ Bukann,”

“ Terus?”

“ Kalau kita kepilih jadi ketua sama wakil osis, bakal ada party kecil-kecilan di rumahnya,” Yuta berbisik. Takut kedengeran sama si Rohim.

“ Gilakk si Chendra, kita yang kepilih malah dia yang ngerayain,”

Yuta ngangguk setuju,” Gue jadi berapi-api buat jadi ketua,”

“ Sama” Naka menyetujui

Sepuluh menit kemudian, para anggota dikumpulkan jadi satu di ruang osis termasuk Mark, Rendhika sama Hendri yang baru dateng. Disusul Pak Min yang didampingin mantan ketua osis lama yang ikut membantu.

“ Pasangan kandidat 1, Rohim dan Aisyah. Pasangan kandidat 2, Wulandari dan Malika. Dan pasangan kandidat 3, Yuta dan Naka???” Abim selaku mantan ketua osis agak bingung liat daftar terakhir yang dia baca.

“ Betul sekalii,” Yuta menyahut. Diikuti sorakan kecil dari Mark, Rendhika, sama Hendri.

“ Oh oke-oke. Kalau gitu udah pas ya kandidatnya tiga,” kata Abim ragu-ragu sama kaya Pak Min tadi.

“ Gue bakal jelasin disini tentang pemilihan osis nanti. Karena cuman ada tiga pasang yang nyalonin, jadi langsung jadi kandidat nggak pake seleksi. Karena  sebenernya kita udah telat dalam menentukan kepengurusan, jadi lusa bakal diadain kampanye. Kalian harus nyiapin visi misi buat dijelasin di hadapan warga sekolah nanti. Visi misi itu harus bener-bener dipikirin baik-baik karena buat penentu pemilih bakal milih siapa nanti setelah lihat visi misi yang kalian sampein. Setelah visi misi selesai, akan ada waktu satu minggu untuk kampanye. Waktu itu harus bener-bener dimanfaatin buat bangun kepercayaan warga sekolah. Sampai disini paham? Ada yang mau ditanyakan?"

Naka langsung ngangkat tangannya buat tanya,” Ada dispensasi nggak hari ini buat kita?”

“ Nggak ada. Kan visi-misinya masih lusa,”

“ Tapi kan gue butuh waktu buat mikirin nih visi misi,”

Yuta menyahut, “ Betul”

“ Diluar jam pembelajaran masih banyak waktu yang bisa dimanfaatin. Jadi kalau bisa tidak mengganggu proses pembelajaran,” Abim ngejelasin. Naka terpaksa nurut soalnya Pak Min daritadi ngeliatin dia kaya orang mau nerkam.

“ Berhubung rapat sudah selesai, silahkan kembali ke kelas masing-masing,” suruh Pak Min

Naka, Yuta, Mark, Rendhika sama Hendri masih belum balik ke kelas. Padahal setelah ini jamnya Pak Min lagi. Tapi mereka masih diem di ruang osis.

“ Balik ke kelas,” kata Pak Min singkat.

“ Bentar Pak masih mikir,” jawab Yuta

“ Saya nggak ada waktu untuk nunggu kamu mikir,” balas Pak Min judes

“ Pak Min nggak ada niatan gitu buat bantuin kita mikir visi misi?” Yuta tanya lagi.

“ Saya mikirin kamu jadi calon ketos aja udah pusing, apalagi ini,”

“ Pak Min nih keliatan ga yakin banget sama muridnya. Dukung dong Pak,” kata Rendhika.

Pak Min Cuma bisa ngehela nafas, “ Saya bukannya nggak yakin. Tapi ragu,”

Mark nyahut, “ Sama aja Pak,”

“ Lima menit lagi ga balik kelas bakal saya anggap alfa kalian,”

Mereka langsung berdiri terus ikut Pak Min balik ke kelas. Tapi dalam perjalanan ke kelas, Pak Min sempet denger muridnya ini bisik-bisik.

“ Nanti rapat pleno lagi. Kita bakal pastiin lo maju jadi ketos,” bisik Hendri.

“ Gimana weh orang saingannya gitu semua,”

“ Tenang Yut. Di setiap permasalahan akan selalu ada jalan buntu,”

“ Jalan keluar bego!” nyinyir Rendhika.

“ Ya apa jalan keluarnya???” tanya Yuta tak sabaran.

“ Dukun!” bisik Hendri yang langsung dibekap sama Rendhika.

“ Jangan keras-keras woy Pak Min denger nanti,”

Denger muridnya kelabakan di belakang, Pak Min langsung noleh. Tatapannya serem banget.

“ Dari awal juga saya udah denger,”


KELAS SEBELAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang