FastStone Capture adalah sebuah aplikasi tangkapan layar laptop atau PC, sehingga ketika diaktifkan rekam layarnya maka apapun yang tampil pada layar laptop/PC akan terekam dan menjadi video. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk merekam materi pembelajaran atau tutorial-tutorial, misalkan tutorial bagaimana cara membuat video pembelajaran melalui Canva. Dengan adanya video tutorial tersebut akan mempermudah orang lain untuk belajar.
FastStone Capture merupakan salah satu aplikasi yang memberi solusi untuk membuat video pembelajaran secara mudah, cepat dan praktis.
Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari FastStone Capture adalah :
1. Sangat mudah dan simpel.
2. Pada saat berhasil unduh aplikasinya, langsung bisa dijalankan dan cocok untuk semua jenis laptop.
3. Bisa merekam suara secara langsung.
4. Hasil rekaman ringan dan ketika ingin menguplaod ke Youtube tidak membutuhkan waktu terlalu lama.
5. Dioperasikan secara offline.
Sedangkan untuk kekurangan dari FastStone Capture adalah tidak ada menu untuk edit video jadi hasil rekamannya ketika ingin mengedit membutuhkan bantuan aplikasi lain.
Untuk mendapatkan aplikasi FastStone Capture silakan klik tautan berikut https://drive.google.com/file/d/1opa_27r7MH41hw96MR1WHc_GnadOmu1f/view?usp=sharing
Setelah diunduh langsung dijalankan/run, nanti tampilannya seperti gambar di bawah ini :
Keterangan
1. Berfungsi sebagai pembuat folder dan pembuka folder.
2. Digunakan untuk capture gambar secara keseluruhan pada layar dekstop.
3. Berfungsi sebagai mengambil gambar pada lembar kerja sebagian yang sudah ditetapakan oleh aplikasi ini.
4. Pada bagian ini digunakan untuk mengambil gambar sebagian yang sesui dengan yang kita inginkan.
5. Fungsi ini hampir sama dengan nomer 4 yaitu untuk mengambil gambar dengan menyeleksi bagian mana yang akan dicapture.
6. Dapat digunakan untuk mengambil gambar / capture secara keseluruhan.
7. Digunakan untuk memilih gambar pada sebagian lembar kerja komputer.
Berfungsi sebagaipengambil gambar dengan cara memilih objek pada layar komputer dengan menggesermouse dan menyeleksiknya dengan klik kiri pada mouse.
Cara Merekam Layar
KAMU SEDANG MEMBACA
APLIKASI e-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19
Non-FictionDi Masa pandemi Covid-19, guru dituntut untuk kreatif agar siswa tidak mengalami kebosanan dalam pembelajaran. Sehingga guru hendaknya mampu memilih aplikasi pembelajaran yang cocok untuk digunakan, sehingga tujuan pembelajaran tercapai sesuai denga...