Apa itu soal online?
Soal Online adalah soal yang diakses secara daring. Soal ini dapat berupa soal latihan, ulangan harian dan ujian tengah/akhir semester. Fitur standar yang disediakan antara lain: membuat soal (pilihan ganda, isian singkat, dan lain-lain), penilaian otomatis, analisis data, dan lain-lain.
Keuntungan dari soal online adalah sebagai berikut :
- Skor akan terlihat langsung setelah peserta didik mengumpulkan.
- Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
- Menghemat waktu untuk memeriksa pekerjaan peserta didik.
- Hemat biaya.
- Dapat dianalisis setelah ulangan berakhir.
- Soal dan jawaban bisa diacak.
A. GOOGLE FORM
Google form adalah layanan dari Google yang dapat diakses secara gratis. Google form dapat dimanfaatkan untuk membuat survey dan membuat soal online untuk penilaian peserta didik.
Google Form bukan aplikas, jadi hanya bisa dibuka melalui browser atau website, tetapi bisa dikerjakan melalui android ataupun PC.
Google form menyiapkan dua (2) jenis bentuk pertanyaan yaitu kuis dan survey. Untuk dimanfaatkan sebagi soal online maka yang dipilih adalah kuis. Agar nilai tampak secara otomatis maka harus diatur terlebih dahulu yaitu tentukan kunci jawaban dan berikan skor pada setiap nomornya.
Keterangan
- Jawaban singkat digunakan untuk membuat soal isian secara singkat dengan jawaban yang singkat.
- Pilihan ganda digunakan untuk membuat soal pilihan ganda (option tidak terbatas)
- Kotak centang digunakan untuk mebuat soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban benar lebih dari satu/
- Drop down digunakan untuk membuat soal yang pilihan benarnya hanya satu, tetapi tampilan jawaban berbeda dengan pilihan ganda, pada drop down tampilan jawaban akan tampak ketika diklik tanda panah kecil pada kolom jawaban.
- Upload file digunakan ketika soal yang dibuat membutuhkan jawaban di mana peserta harus mengunggah jawaban berupa file gambar, pdf atau png.
- Skala liner digunakan untuk membuat soal yang dinilai berdadarkan rating.
- Kisi pilihan ganda digunakan untuk membuat soal penggabungan antara dua kriteria pilihan ganda
- Petak kotak centang digunakan untuk membuat soal penggabungan antara dua kriteria kotak centang.
Di antara tipe-tipe pertanyaan di atas, Google Form hanya memfasilitasi penilaian otomatis untuk tipe pertanyaan yang memiliki jawaban pasti, yaitu: pilihan majemuk, isian singkat, dan kotak centang. Untuk soal esai, yang membutuhkan jawaban panjang harus diperiksa secara manual.
KAMU SEDANG MEMBACA
APLIKASI e-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19
Документальная прозаDi Masa pandemi Covid-19, guru dituntut untuk kreatif agar siswa tidak mengalami kebosanan dalam pembelajaran. Sehingga guru hendaknya mampu memilih aplikasi pembelajaran yang cocok untuk digunakan, sehingga tujuan pembelajaran tercapai sesuai denga...