Perdebatan

321 31 52
                                    

"Yeh ... pingsan pula si Solar tuh," ucap Gempa.

"Solar ...! Solar ...! Solar! Ck ... ah! Nih anak, ya? Heran dah gua ...," kata Amato, seraya menepuk kedua pipi anak bungsunya.

"Ya, elah ... dibuat bingung segala. Emang dia masih bocil kok. Bapaknya aja yang aneh," potong Pak RT.

"Bapak siapa?" tanya Amato.

"Pak Bambank," balas Pak RT ketus.

"Lah .... Situ kok jawabnya gitu? Saya 'kan bertanya baik-baik, siapa Bapaknya? Lagi pula ... apa salah Pak Bambank, sampai-sampai mengucapkan namanya dengan tidak senang hati?" berondong Amato.

"Oh .... Sekarang, Pak Bambank di depanku," tutur Pak RT.

"Hah? Benaran? Tapi ... di mana, Pak? Saya nggak ngelihat-nya," bantah Amato.

"Ah ... masa? Barusan dia ngomong sama-ku," sanggah Pak RT.

"Begini, ya, Bapak RT yang terhormat. Di sini ... dari tadi, cuman kita doang yang ngobrol. Nah ... bagaimana ceritanya, Pak RT bicara dengan orang lain, selain saya?" terang Amato.

"Atau ... jangan-jangan ... Pak RT sinting! Waduh! Iiih ... ngeri!" sangka Amato.

"Kurang ajar! Sini, ku-tabokin wajah ngeselin lo ntuh!" berang Pak RT.

"Hoho ... nantangin? Yok lah! Siapa takut? Mechabot! Eh ...," ujar Amato.

"Oi, Tomat! Ngapain lo manggil nama gue? C'mon! Gelud sono sama Pak RT!" sahut Mechabot, sambil menikmati gorengan di tangannya.

"Woi ... Bego! Ngapain juga lo dekatan dengan Bu RT? Pengen PDKT-an?" tukas Amato.

"Ih, sok tahu lo, Tomat! Heh ... kita lagi asyik nonton adu tinju gratis. Eh ... tahu nggak, Mat? Pisang goreng ala Bu RT enak banget, iho! Seperti makanan restoran bintang lima. Maknyus! Gak kayak lo, Tomat. Bikin kagak bisa, malah nyuruh-nyuruh gua beliin gorengan pakai duit gue sendiri! Mau untung, jadi buntung!" jelas Mechabot.

"Iya ... betul katanya! Ayo Papa, hajar si Tomat itu, hingga keok!" timpal Bu RT.

"Awas lo, Tomat Ogeb! Lo kalah baku hantam, artinya lo permalukan gue di depan Bu RT. Kalau terjadi, gua out dan gak bakalan sudi jadi tuan ataupun rekan kerja lo lagi! Ingat itu!" ancam Mechabot.

"Duh ... jangan begitulah, Mecha! Aku belum siap ditinggalkanmu. Entar ... aku dipecat dari TAPOPS. Lalu, penghasilanku dari mana?" cakap Amato memelas.

"Bodo amat! Gua nggak peduli! Terserah gue, mau keluar atau nggak. Lo gak punya hak ngatur hidup gue! Ngarti?" hardik Mechabot.

"Hei ... hei ... permisi, saya berperan sebagai nyamuk, ya?" tanya Gempa.

"Iya ... dan lo kena makan katak," lontar Mechabot.

BRAK ...!

"Ish! Ribut amat kalian ... kayak ayam bertelur! Kenapa pada ricuh? Kulaporkan ke pihak yang berwajib, baru tahu rasa!" marah Halilintar.

"Ho'oh .... Ada apa ini, Bu RT, Pak RT ...? Loh, Solar-nya tidur di teras? Tumben .... Biasanya, di kamar melulu," timbrung Taufan.

"Dia bukan tidur, Fan. Tapi, pingsan ... sebab, ia akan disunat besok," sangkal Mechabot.

"Sunat? Si Narsis takut disunat? Pppfffttt .... wahahaha .... Ngaku-nya berani, masa sunat aja takut? Haduh ... dasar besar mulut! Hahaha ...," ledek Taufan.

"Ehem ... mohon maaf, Fan ... Kau dulu juga ketakutan waktu disunat. Bahkan, lebih parah dibandingkan Solar," ungkap Halilintar.

"Waduh! Hali, jangan omongin itulah! Malu, tahu! Image-ku hancur di mata Bapak dan Ibu RT!" sungut Taufan.

"Argh ...! Sudah ... sudah ...! Kepalaku puyeng, hadapin semua ke-gaje-an kalian! Coba bantu mikir, cara cepat membangunkan Solar?" sela Gempa.

"I've good idea, Kak."

"What's that?"

Bersambung ....

Masa LaluTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang