Damar Gemilang Atthariq. Mas Thariq, atau mas Damar. Cowok ganteng yang rajin solat, rajin ngaji, rajin menabung, tapi males ngomong.
Bukan dingin. Emang orangnya suka canggung dan kadang bingung mau respon gimana.
Kalo kata Johnny, hobinya duduk, melamun, dan mandi. Padahal mah, aslinya lagi nyari inspirasi. Emang bener kok, kalo di kamar mandi imajinasinya kan lebih jalan. Ya kan?
Umurnya 25 tahun, menyandang gelar S.Pd. dibelakang namanya, tingginya ga lebih tinggi dari Johnny lah. Tapi lebih tinggi daripada Bu Airin.
Buat kalian yang ga tau, mas Thariq ini termasuk salah satu jejeran penulis terkenal. Relasinya beuh, kontak WA nya isinya penulis sama penerbit terkenal. Karyanya udah dikenal banyak orang. Ga sebanyak itu sih, soalnya genre novel yang dia tulis itu petualangan, kadang detektif. Sementara anak anak jaman sekarang lebih suka baca novel romansa. Iya kan?
Ga cuma novel petualangan dan detektif, dia kadang kalo gabut bikin cerpen buat anak anak. Mayan uangnya dibuat bayar kos.
Oh iya, nama pena yang biasa dipake mas Thariq adalah One Moon.
Dan sekarang, orang yang lagi diomongin ini, lagi nyentongin nasi buat pelanggan di warteg Bu Airin.
"Nganggo apa, pak?"
"Kering, Karo kangkung bae. Tambah telur dadare siji"
Dengan sigap, mas Thariq ladenin si bapak jaket kulit ini.
"Minum e nopo pak?"
"Teh anget tawar"
"JO! Teh anget tawar siji!" Dan setelah mas Thariq nyerahin piringnya ke pelanggan, dia segera melipir masuk ke ruang khusus pegawai warteg. Ngeluarin laptop, buka gmail, ngeliatin feedback dari sana.
Tapi kosong. Iya ga ada yang kirim apa apa. Oh, paling balasan komentar di YouTube, atau iklan iklan ga jelas. Tapi, ga ada yang apresiasi karya Thariq. Well, belum.
Udah biasa sebenernya. Thariq udah biasa ga dapet apresiasi tentang karyanya dia. Paling cuma dari temen Deket, atau keluarga aja. Kalaupun ada, biasanya cuma apresiasi mukanya dia di IG.
"Wah, mas Moon ternyata ganteng ya"
"One moon masih muda?! Udah punya pacar belum mas?"
"One moon ganteng bgt plis... Kalem gitu... Tipe tipe imam idaman g c?"
"Mas moon!!! Nikahin aku mas!"
Yah kira kira gitu. Padahal Thariq pengennya diapresiasi karyanya, bukan mukanya. Kalo mukanya kan karyanya emak bapak nya. Hehe...
Tapi serius, Thariq bukan orang yang haus pujian. Dia cuma mau pastiin tulisan dia itu bisa dinikmati.
"HAYO MAS THARIQ LAGI STALK SIAPA NIII?" suara cempreng itu udah pasti punya majikan kecil.
"Shht, dek Leon jangan ngagetin heh! Masih ada yang makan" balas Thariq sambil beresin laptopnya.
"Ya maap. Habisnya ngelamun didepan laptop. Kenapa si? Galau ya?" Thariq ketawa. Polos banget ni bocil. Apa apa tentang pacaran Mulu.
"Enggak adek. Duit mas tinggal 500 ribu. Bukunya mas jarang ada yang minat beli jadi pemasukannya dikit"
"Duh, nanti tak kasih tau mami deh biar mas Thariq bayarnya bulan depan ajaaa... Mami pasti fine fine aja koook"
"Ya ga gitu adek... Mas kan masih perlu makan, perlu beli bensin, perlu—"
"Makannya disini aja mas, sisa duitnya buat beli bensin. Atau nebeng mas Johnny aja mumpung mobilnya gede. Emang mas mau kemana? Kan kerjanya dari rumah?"
"Kepo deh bocil" ucap Thariq sambil balik ke etalase. Ada yang mau berhitung. Alias bayar.
"ASSALAMUALAIKUM, MAS THARIQ DISINI KAH??"
"Waalaikum salam. Apa Kun?" Tanya Thariq sambil ngasih kembalian ke pembeli.
"Mas! Bisa bikin cerpen Ndak? Buat lomba bercerita" tanya Kun sambil nunjukin selebaran formulir lomba.
"Hah? Gimana? Ora paham aku" Thariq ngambil kursi plastik terus duduk. Nyimak penjelasan Kun. Leon ngikut.
"Gini, kan ada lomba bercerita mas. Nah, sekolah e Kula Melu, kula sing dadi pembina nya. Disuruh ngajarin murid bercerita. Ceritanya harus yang baru dan Ndak boleh terbit di sebuah buku. Mas bisa bikin Ndak? Ntar saya kasih duit deh"
Kalo dipikir-pikir, bisa sih. Gampang banget malah. Ditambah Thariq emang lagi butuh duit. Cuman, kalo mendadak gini gimana dapet inspirasi coba.
"Hum, oke wes. Deadline kapan?"
"Seminggu kedepan bisa ga mas? Lombanya sebulan lagi"
"Oh, bisa bisa. Gampang...."
"Ya wis, matursuwun ya mas!!"
Dan begitulah kehidupan seorang Damar Gemilang Atthariq aka One Moon. Penulis kondang yang kadang masih suka gabut nyari duit.
🍛Lanjoooot🍛
Oy oy maap baru update tak
Ini bakal jadi segmen khusus yang mungkin bakal ada buat masing masing tokoh. Berarti total bakal ada 23+1 segmen Get to Know.
Ni cerita random. Jadi kalo egk paham gue maklum aja. Emang fantasi gue random ckalie
Arkie
🐾
KAMU SEDANG MEMBACA
Warteg Bu Airin
ComédieCerita tentang sekumpulan bujang yang bekerja di warteg Bu Airin. Seorang Ibu Kos yang juga memiliki usaha warteg. "Bayarnya telat gapapa. Asalkan ikut jaga warteg ya? Nanti saya kasih upah." -Bu Airin Jumila Hyundana.