ㅡ empat

513 88 1
                                    

"kok bisa jatuh begini tuh gimana ceritanya?"

adalah pertanyaan pertama dari bunda waktu liat junkyu ada di gendongannya jihoon, diikutin sama temen-temennya yang lain udah kayak habis sunatan. seungyoun di paling belakang cuma bisa ketawa liat adeknya meringis ngilu waktu beberapa bagian tubuhnya disentuh bunda.

"nanti jihoon ceritain, ini junkyu berat banget, bun," kata jihoon bikin bunda langsung ngangguk dan beranjak ke dapur buat ambil kotak p3k.

temen-temen junkyu serentak menyebar di ruang tamu, nyari tempat nyaman buat istirahat selagi jihoon, junkyu sama junho duduk di sofa. si manis yang beberapa bagian tubuhnya luka itu masih sibuk meringis, sakitnya baru terasa sekarang.

"selain dagu, mana yang luka?" tanya seungyoun sambil berdiri di hadapannya junkyu bikin si adek ngedongak dengan matanya yang berkaca-kaca.

"gak tau..." jawab junkyu lirih. "tapi siku adek perih, perutnya juga sakit..."

aduh. ryujin di sudut ruangan nahan diri buat gak nerjang junkyu terus nyium pipinya karena gemes. lucu banget! junkyu kalo lagi ngerengek terus manggil dirinya sendiri pake 'adek' tuh udah another level of gemes.

seungyoun ngeraih lengan kanan dan kirinya junkyu, dicek takut ada luka serius. sejauh yang dia liat sih cuma beberapa luka ringan di siku kanan junkyu.

"lecet nih, cuci tangan sama kaki dulu sana. nanti tinggal dikasih antiseptik sama bunda," titah seungyoun yang diangguki sama junkyu.

sebagai teman yang baik, tentu saja jihoon nemenin junkyu ke kamar mandi. takutnya jatoh lagi, kan bisa bikin heboh satu rumah.

"tadi temen lo, ya?" tanya junkyu di sela kegiatan cuci tangannya. jihoon yang nunggu di depan pintu kamar mandi mikir dulu sesaat sebelum ngangguk singkat.

"iya, anak komplek sebelah. temennya si haechan tuh," jawab jihoon. "yang bener kek kalo cuci tangan!" seru jihoon begitu junkyu cuma ngebasuh asal tangan sampe langannya.

sambil mencebik, junkyu ngulang step cuci tangan yang benar sebelum ngebersihin luka di lengan sama dagunya.

"tinggi banget," kata junkyu, tapi suaranya pelaaan banget. jihoon kalo gak fokus mungkin gak tau temennya itu ngomong apa.

"siapa?" tanya jihoon, pura-pura gak tau.

"ih, yang tadi!"

"ya, siapa? kan udah kenalan."

"haruto..."

idih, malu-malu begitu jawabnya. jihoon jadi ngerutin dahi sambil misuhin junkyu dalem hati, kenapa juga ini anak satu jadi salting? kan bikin curiga...

"kenapa emang?"

"ya, gak apa-apa! cuma bilang dia tinggi!" seru junkyu terus keluar kamar mandi sambil ngehentakkin kaki.

lah?

dengan raut bingung, jihoon nyusul si manis ke ruang tamu. sekarang dia lagi diobatin sama bunda, tapi mukanya masih merengut aja. kayaknya masih kesel gara-gara pertanyaan jihoon.

"kenapa, sih, ini kok manyun aja?" tanya bunda setelah ngasih antiseptik ke lengan sama dagu junkyu.

yang ditanya cuma gelengin kepala, enggan jawab pertanyaan bunda padahal keselnya sama jihoon. kebiasaan jeleknya junkyu tuh begitu, keselnya sama satu orang tapi semuanya kena imbas.

bunda juga kayaknya gak pengin nanya lagi, soalnya mood junkyu lagi gak bersahabat. makanya beliau cuma diem sambil beberapa kali niup luka si bungsu setelah diobatin.

"dah, kamu jangan pecicilan dulu," kata bunda sambil ngukir senyum manis. "bunda mau ambil kukis dulu, siapa yang mau bantuin bunda bikin minuman?"

"aku!!!" seru ryujin heboh sambil berdiri dari posisi duduknya terus ngikutin bunda ke dapur disusul sama sunoo.

selagi dua krucil itu sibuk sama camilan, jihoon milih pindah duduk ke deket junkyuㅡyang mana sebelumnya si cowok maret itu duduk di deket renjun.

"udah kali ngambeknya," kata jihoon. "kan gue cuma nanya..."

junho sama renjun ngerutin kening, bingung.

"kenapa?" tanya renjun yang dibales sama lirikan sinisnya junkyu.

"gak tau! tanya aja jihoon!" jawab si manis sambil nyender ke punggung sofa.

jihoon aslinya mau ketawa, tapi makin ribet nanti kalo junkyu ngamuk. jadi dia berdeham pelan buat narik atensi temen-temennya.

"itu...dia nanyain haruto tadi." jihoon ngelirik junkyu sekilas sebelum lanjut ngomong, "dia nanya, yang tadi temen gue bukan? terus katanya tinggi banget."

"ohhh..." junho ngasih respon pendek. tapi junkyu sebel banget soalnya nada yang dipake tuh kesannya ngeledekin.

"ohh, kirain kenapa," kata renjun sambil ngangguk. "iya, junkyu. tadi itu haruto, temennya haechan anak komplek sebelah. anaknya emang jarang ngumpul sih, dia seumuran sama kita. tinggi banget, ya? katanya dia rajin main basket."

junkyu mencebik pelan, terus dia natap renjun seakan-akan temennya itu manusia paling nyebelin seantero nusantara.

"gak nanya! udah deh, orang cuma bilang dia tinggi!"

denger si manis ngegerutu begitu, renjun jadi ketawa.

"ya, siapa tau?"

"apa?!" sentak junkyu galak.

"lo suka sama haruto."

"diem ah! ngaco banget, apaan sih?!"

sisa manusia di ruangan itu cuma jadi pendengarㅡlebih tepatnya numpang ketawa doang.

oh! sama saksi bisu atas pipi si manis yang berubah warna jadi merah jambu. lucu banget.

•●•

susu karamel ( ft. harukyu)

© 2021

susu karamel (ft. harukyu)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang