Masa yang Labil.

7 2 2
                                    

Perkenalkan nama aku Meylany Ciara Lovato. Ini kisahku yang terlalu lucu untuk aku ceritakan, tapi keingin itu yang membuat diriku berani untuk menulis beberapa bab di cerita ini. Awalnya aku sendiri sempat ngerasa gak mau tuh di belikan yang namanya ponsel padahal rata-rata anak SMA apalagi SMP udah punya gadget, soalnya ia lebih senang bermain di dunia nyata ketimbang harus bercakap dengan benda yang tak hidup tapi menghasilkan suara. Nah masa-masa itu sangatlah aku suka, aku bisa belajar, bermain, makan, membantu orang tua dan berisitirahat, kegiatan yang sederhana namun mampu membuat kita bahagia. Aku pernah berkata.

"Mey gak ingin yang namanya jatuh cinta, sebab jatuh cinta gak akan pernah ada kata mengasyikkan. Menurut Mey yang namanya jatuh ya pasti bakalan sakit juga. Meskipun sakitnya gak nyata, mending Mey tetap jadi gadis polos, yang main sama kalian berempat."

"Serius lu gak mau kenal cinta?" tanya Wawa lebih intens.

"Kenal sih gak mau tapi kalau di baperin ya pasti mau kan?" ujar Sonia yang kerap kali di panggil Nyon, seraya menenguk minumannya.

"Udah mending gak usah deh lu dekat sama yang namanya cowok, hati-hati sama rayuan buaya." Zilvia ikut menimpali.

"Kalau saran gue, kita jatuh cinta itu wajar. Hello guys kita udah SMA, keren dikit lah. Pacaran itu juga di butuhkan dalam meningkatkan semangat sekolah, lihat orang yang lu suka masuk hari ini pasti kan lu semua pada semangat."

"Iya juga sih, yang kalian omongin itu ada benarnya, tapi gue gak tau apa iya ada yang suka sama gue gadis super lemot, telmi di tambah, pemalu kek gini. Gue mah mau nikmati masa bermain gue."

"Hemm lu Meymey, kalau lu udah punya pacar itu mindset bakalan berubah sendiri tapi gue gak jamin kalau otak telmi lu bakalan ikut berubah," ejek Sonia.

"Ihhh lu jadi teman jahat bener."

"Hurukkk, gak heran gue. Lagian otak telmi lu itu lucu banget, semua udah pada paham jalan cerita lu harus kita ceritainnya dua per tiga kali baru nyambung lu."

"Hehehe maklum, kabel gue belum terkoneksi."

"Lagian masih pakai 3G, coba pakai 4G langsung kenceng," ucap Acha.

"Terus yang lain pada nyuruh gue punya pacar, emang kalian udah pada tau gitu rasanya pacaran itu kek apa?"

Lantas semua terdiam dan garuk-garuk kepala.

"Gue sih belum pernah, dan gak mau yang namanya pacaran," ujar zilvia.

"Yeee lu kan syar'i banget."

"Terus Wawa lu sendiri gimana?"

"Pernah tapi pacaran virtual cuma lewat ponsel tapi pernah sih sesekali waktu berangkat sekolah berpapasan."

"Owh jadi pengen deh gue pacaran virtual, tapi sayang gue gak punya ponsel," ratap Mey sedih.

"Makanya waktu itu lu terima aja tawaran bapak lu buat ngasih ponsel lagian lu sok-sokan gak mau segala," balas Acha.

"Tapi kan gue gak tau cara makeknya yang ada nanti itu gadget malah nganggur."

"Gampang soal itu kan masih ada kita-kita, terus langsung deh lu buat FB, WA, Ig, aplikasi sosmed lainnya," usul Acha balik.

"Emang gunanya itu buat apa?" tanyaku yang membuat Sonia dan yang lainnya menepuk kepala.

"Kalau gue jelasin bisa sampai bel pulang sekolah lu bakalan nanya terus, udah deh nanti kalau lu udah beli gadget kabarin gue atau yang lainnya biar gue ajarin."

"Emang kalau buat cari pacar bisa?"

"Ya bisalah banyak tuh orang saling suka lewat chat terus ketemuan kalau nyaman lanjut kalau gak nyaman ya udah."

Gue pun tertawa membayangkan gimana rasanya kalau gue punya pacar virtual, apa bakalan mengasyikan seperti yang di ceritain sahabat-sahabat gue.

"Terus lu Nyon, udah pernah Pacaran?"

"Kalau gue udah baru aja."

"Cerita dong gimana rasanya pacaran enak gak?" bujukku.

"Ya gitu aja deh, sama kek biasanya."

"Yahhh gak seru banget deh lu. terus lu sendiri Cha pernah pacaran?"

"Lu salah kalau nanya ke gue. Gue itu penyimpan rahasia yang handal gak mungkin gue cerita lah soal siapa yang gue suka, besok tunggu aja masanya gue go publik."

Meylany terdiam, sedangkan pasang mata sahabat-sahabatku sudah menelisik kepadaku.

"Nahh hayo kalau lu sendiri gimana?" tanya mereka serempak.

"Cinta gue suram gue cinta orang gak pernah di cintai balik apa mungkin muka gue standar jelek ya?!"

Aku teringat ketika waktu SMP pernah menyukai seorang cowok, cowok itu bernama Rendy. Hmm terkesan lucu kalau di ceritain di sini. Aku sih sukanya manggil dia dengan sebutan daun kecil soalnya waktu itu pas pelajaran praktek IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan ibu guru nyuruh semua murid bawa pohon kecambah nanti itu kita disuruh ngukur pertumbuhan kecambahnya. Nah jadi Rendy itu orangnya menurut gue perhatian banget sama tanaman aja dia perhatian banget apalagi sama pacarnya ya? Itu menurut otak gue. Diam-diam aku selalu merhatiin dia dari nyiram itu tanaman, sampai ngukur itu kecambah. Waktu bel istirahat disitulah kesempatan buat aku memetik selembar daun milik tanamannya Rendy nah karena otak gue berimajinasi siapa tahu dengan menyatukan selembar daun milik Rendy dengan daun punya gue. Hati kita bakalan bisa bersatu. Sumpah bagiku itu adalah hal yang terkonyol yang aku bayangin ketika menyukai Rendy diam-diam dan catatan kisah SMP ku bersama Rendy pun masih ada di buku diary. Waktu itu juga di lab TIK Rendy sempat nanya namaku siapa? Awalnya aku kesal dong, ya meskipun dia Anak pindahan dari kelas 7A setidaknya dia kan udah sebulan pindah kelas masa gak ingat nama gue yang selalu di sebut waktu absensi. Gila parah emang.  Aku hanya menoleh dia sekilas jangan tanya lagi tentang kondisi jantungku, justru rasanya jantung ini udah mau copot dari senengnya dia ngajak aku ngobrol guys. Sedangkan mulutku cuma mampu  komat-kamit baca doa apapun deh buat ngilangin gerogi ini.

"Nama lu siapa? Lu sakit apa gimana?"

Tak ada jawaban dari mulut, justru yang ada buku ditambah kursi yang aku duduki jatuh dan aku pun ikut terjatuh, aku lupa gimana kejadiannya bisa begitu. Yang teringat waktu  itu aku mau pindah duduk tanganku tak sengaja  menyenggol buku dan kakiku keselengkat kursi. Kejadian yang memalukan di depan orang yang aku sukai.

"Eee melamun aja lu, jadi gimana masa gak ada lu kagumi di SMA ini?"

"Emm... Sebenarnya ada sih, tapi gue ngerasa gak pantes aja, soalnya dia Soleh banget sedangkan gue potongan kek kaum Dajjal."

"Hustt ... mulut lu, minta di saring rupanya. Biarpun dia Soleh namanya hati juga gak ada yang berhak buat ngatur kita untuk menganggumi siapapun, selagi itu masih berwujud manusia."

"Hem, lu kira gue kagum sama makhluk tak kasat mata," selorohku.

Zilvia menutup bukunya. "Mending jangan deh Mey, kalau jadi penganggum itu gak enak konsekuensinya lu cuma bisa ngelihat dia kalau lu gak berani ungkapin isi hati lu siap-siap lihat dia dekat sama yang lain," balas Zilvia.

"Ck, kek tau aja lu Zil, emang ada yang lu kagumin?" tanya Acha.

"Udah ah privasi gue itu, mending kita pergi ke kantin laper cuy!"

Menurutku selama masa-masa SMA itu adalah masa yang labil. Contohnya aja aku, yang cepat merasa bosan. Dulu aku sempat bucin banget sama Rendy kagum banget. Eee udah Tamat SMP jadi lupa sama itu orang kalau kagak ada diary itu yang mengingatkan aku sama masa SMP dulu. Jadi jangan pernah heran deh buat serius di masa-masa SMA yang penuh kelabilan ini.

AvenoirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang