1 | Urgensi Nasihat

7 2 0
                                    

Agama adalah nasehat, dan nasehat akan bermanfaat apabila diamalkan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ruqoyyah Tamim bin Aus Ad-Daary radhiallahu 'anhu,

أن النبي صلى الله عليه و سلم قال: "الدين النصيحة". قلنا: لمن يا رسول الله؟ قال: "لله, و لكتابه, و لرسوله, و لأئمة المسلمين, و عامتهم ."

"Agama adalah nasihat". Kami bertanya: "Bagi siapa wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab: "Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum." (HR. Muslim)

Makna hadist ini, Al Khaththabi mengatakan: Nasihat yakni kalimat yang luas cakupan maknanya. Maknanya adalah menghendaki kebaikan bagi orang yang diberi nasehat.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam senantiasa menasihati para sahabat, beliau memilih waktu yang tepat dalam memberi nasihat agar dapat membekas dan berpengaruh pada orang yang dinasihati.

Nasihat yang disampaikan pada kajian ini adalah nasihat mengenai pernikahan, terkhusus untuk para wanita, baik yang sudah menikah ataupun belum menikah. Nasihat ini dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan orang-orang yang mengikuti mereka pada sesudahnya (Salaf).


Referensi:

Latifah, Wakhidatul. 2013. AgamaAdalah Nasehat. Diakses dari (tidak dapat menampilkan link) Muslimah or id  pada 11 Januari 2022

Nasihat Salaf Untuk Para IstriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang