Kancil dan semut awalnya mereka bukan teman melainkan musuh nya, seperti beruang, buaya, singa, harimau.
Mereka hewan hewan buas yang tidak menyukai si kancil karna si kancil sok pintar, singa dan beruang sedang mencari makan di tengah hutan.
Sedangkan kancil hanya memiliki empat teman yaitu belalang, tupai, burung bangau dan ular.
Sang kancil mencari makan ke dalam hutan dan melihat sang singa, buaya dan harimau sedang menikhmati enaknya daging rusa.
Si kancil tergiur dengan hewan tersebut, akhirnya kancil tidak jadi untuk mencari makanan kancil pun pulang ke rumah nya di sekat sebuah danau dan pepohonan yang besar.
Sang kancil pulang dengan muka murung, sang belalang yang melihat muka sang kancil Murung belalang bertanya pada si kancil " kancil kenapa muka kamu begitu murung" ujar si belalang." Tidak apa apa belalang, aku hanya sedih " ujar si kancil, belalang yang mendengar ucapan si kancil belalang pun ikut sedih.
Belalang pun pergi meninggalkan si kancil untuk mencari angin di pohon yang tinggi, sang kancil hanya meratap ke sebuah air sambil menangis dan berkata
" Kenapa semua teman teman ku tidak ada yang mau berteman bersama ku, atau karna aku sebuah kelinci yang tidak berguna" ujar sang kancil.Tupai menemui kancil yang sedang sedih sang tupai memberikan satu buah apel untuk si kancil
" Ini buat kamu cil jangan sedih lagi yah" ujar sang tupai, sang kelinci mendengar perkataan si tupai akhirnya kancil bahagia kembali.Kancil berterima kasih kepada sang tupai karna telah membuat nya bahagia, tupai pun mengajak jalan jalan sang kancil untuk menemui sang singa.
Tetapi sang kancil tidak mau menemui sang singa karna kancil takut dengan singa, tupai pun bingung bagaimana cara nya agar sang kancil ikut dengan nya.
Sang tupai pun mendapatkan ide untuk mengajak sang kancil yang ketakutan ide nya adalah membuat kancil bahagia dan mempunyai banyak teman.
Akhirnya tupai berbicara di hadapan sang kancil " hai kancil mau kan ikut dengan ku menemui sang raja hutan aku berjanji, aku akan cari kan teman yang banyak untuk kamu" ujar sang tupai.
Kancil tidak berpikir lama akhirnya kancil mau ikut dengan sang tupai untuk menemui sang singa si raja hutan.
Sang singa dan buaya sedang bersantai di dekat sungai yang amat besar dan indah, sedangkan beruang menarik ke atas pohon untuk mengambil madu dari sarang lebah, sang beruang melihat orang yang membawa senjata untuk memburu hewan.
Beruang turun dari pohon dan berbicara pada singa dan buaya.
Nanti kita lanjut lagi di bab berikut nya. Jangan lupa share dan komen
Terimakasih
KAMU SEDANG MEMBACA
CERITA RAKYAT FABEL
FantasyKumpulan cerita rakyat fabel yang terinspirasi dari kehidupan nyata, dari hewan besar dan hewan kecil. Dan cocok untuk anak anak, baca, follow, Di tunggu kritik, saran dan komen nya untuk perbaikan. Terimakasih yang udah follow dan kami akan membu...