Tragedi kecoa

125 11 0
                                    

***

"Halo eomma! Ini Jungkook"

'Halo nak, gimana kabar kamu? Udah dapet kerjaan belum?'

"Udah dong mamaku tercinta" jawab Jungkook dengan bangga. Bisa dia denger juga suara girang si mama dari telfon.

'Wah, syukur kalo gitu. Kamu kerja apa sayang?'

"Jadi steward di restoran"

'Maksud kamu tukang cuci piring?'

"Iya hehe'

'Jungkook, gak ada kerjaan lain apa? Yang lebih bagus gitu?'

Senyum Jungkook memudar perlahan waktu denger pertanyaan mamanya.

"Emang apa salahnya, ma? Yang penting kan Jungkook ada kerjaan, gak nganggur lagi"

'Ya tapi mama gak suka. Masa anak mama baru lulus sekolah kerjaannya malah nyuci piring. Cari kerjaan lain lagi kenapa, sih?'

Jungkook diem sebentar. Gak nyangka kalo respon dari mamanya kaya begitu. Jungkook pikir dia bakalan seneng karena tau anaknya udah dapet kerjaan.

'Temen-temen kamu itu loh, kamu tau gak? Mereka udah banyak yang kerja kantoran, bahkan udah bisa ngelola tempat makan sendiri. Masa kamu kalah sama mereka Jungkook? Ini malah jadi kang nyuci-nyuci'

"Tapi ma--"

'Ayolah, kamu itu harus lebih keras lagi. Kamu jangan mau kalah. Bila perlu apapun yang orang punya, itu harus bisa kamu milikin juga'

"Tapi sekarang belum ada kerjaan lain ma, ini aja Jungkook dapetnya susah"

'Pokonya terserah kamu gimana. Mama mau lanjut masak dulu. Mama tutup'

Sedih. Cuma itu yang Jungkook rasain sekarang. Kecewa juga sama diri sendiri. Dia ngerasa jadi manusia yang gak berguna. Emangnya jadi tukang cuci piring sejelek itu, ya?

Dahlah, dipikirin terus ribet, otaknya makin pusing. Jungkook lebih milih buat banting tubuhnya ke kasur, berusaha ngatur nafas yang sempat memburu.

***

Kira-kira udah semingguan Jungkook kerja. Lama-lama itu anak jenuh juga, lebih tepatnya jenuh sama kerjaan yang dia lakuin padahal sebulan aja belum nyampe.

Tapi berhubung hari ini itu pada gajian, Jungkook lumayan mood karena dia dapet juga walaupun baru kerja sebentar. Jungkook nungguin uang pertamanya dateng dengan senyuman manis. Jimin ngasih semua karyawan dari semua bagian amplop satu persatu.

"Nih Jung, gaji pertama lo" ucap Jimin. Jungkook meraihnya dengan semangat membara.

"Wah, ini yang gue tunggu bang. Gue seneng banget. Kira-kira berapa, ya? Aduh, gue gak sabar"

Jungkook buka amplopnya gak nyelow. Air liurnya sampe netes ke kertasnya saking gak sabar. Gak, bercanda.

Tapi ketika berhasil dibuka dengan semangat kemerdekaan, senyum Jungkook malah memudar secara perlahan saat ngelihat jumlah uang yang dia dapet kira-kira tiga ratus ribuan. Apaan nih, Jungkook gak terima. Walaupun dia baru kerja seminggu doang, segini gak ngebayar semua kerja kerasnya. Mana resto pelanggannya satu banjar, belum lagi kedua tangannya auto kasar sampe mengelupas karena ngegosok mulu.

Karena tempat ini gede, terus lumayan terkenal pula di Korea, Jungkook pikir gaji steward bakalan gede juga. Ya sekitar delapan ratus gitu kek, ini apaan. Bonceng cewek sekali jalan juga udah ludes.

Ya namanya kalo orang gak bersyukur, susah emang.

"Soobin, gaji lo berapa sekarang?"

"Naik dong. Jadi dua jutaan, nih"

Rich Friends [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang