Apakah ada cara bagi seseorang untuk berubah? Manusia terus berkembang seiring berjalannya waktu. Manusia harus mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungannya untuk tetap bertahan hidup. Maka harus ada naluri dasar seseorang untuk bisa berubah. Tapi bagaimana caranya?
Itulah yang dipikirkan Leno.
Ketika matanya bergetar, untuk sesaat, dia hampir mengira kamarnya sendiri adalah kamarnya yang dulu di Kastil Henituse. Lagi pula, cara dia bangun mengingatkannya pada kenangan lamanya. Ketika tubuhnya terasa berat dan dia merasa tercekik, semua ini terasa familiar dengan cara yang menakutkan.
"Tuan Muda Leno, apa anda baik-baik saja...?"
Meskipun wajah Nio terguncang dan linglung.
Leno berkedip berat dan mencoba mengatur nafasnya. Tubuhnya terasa sangat berat seperti sedang tenggelam. Dia tidak merasakan sakit yang jelas, tetapi dia merasa sangat tidak nyaman. Nafasnya agak terengah-engah dan penglihatannya kabur. Sekarang dia berada di dunia nyata, semua ketidaknyamanannya terasa lebih nyata daripada di dunia mimpi. Rasanya seolah-olah semuanya runtuh pada dirinya dalam sekejap.
Leno mencoba sekali lagi untuk mengatur nafasnya sementara dia mengerutkan kening karena tidak nyaman.
Dadanya sesak tapi dia berusaha keras untuk mengabaikannya.
Ketika dia membuka matanya lagi, dia melihat Nio yang sangat khawatir.
Ekspresi itu terasa asing bagi Leno karena baru pertama kali melihat wajah Nio seperti itu.
"Maaf karena menanyakan pertanyaan bodoh..." Nio memukulnya sebelum Leno bisa menjawab apapun. Bahkan orang buta pun bisa melihat betapa sakitnya Leno sekarang.
Leno hanya sedikit mengernyit, tapi dia tidak punya banyak tenaga lagi untuk berbicara. Dia melihat bagaimana Nio menawarinya secangkir air. Leno berjuang untuk mengangkat tubuhnya, dan Nio membantunya dengan menopang berat badannya. Akhirnya, tuan muda bisa meminum airnya, dan mengeringkan tenggorokannya yang kering.
Nio sedang mengatur beberapa bantal agar Leno bisa bersandar sambil duduk di tempat tidur. Leno menatap kepala pelayan baru dan Nio menangkap matanya.
"Sudah tiga hari." Nio hanya berkata, berhasil menebak apa yang ingin ditanyakan Leno padanya. "Kamu benar-benar membuatku takut, Tuan Muda Leno ... maaf untuk bahasanya." Nio tidak terlihat terlalu senang.
"Tapi setidaknya kamu sudah bangun sekarang ..."
Leno berkedip dengan sungguh-sungguh lalu dia berbalik untuk melihat jendela. Dia menarik sisa energinya untuk mengatakan sesuatu kepada kepala pelayan. "Nio ... Bisakah kamu memberi tahu Cale bahwa ... aku harus sendirian setidaknya selama ... dua jam?"
Nio menatapnya dengan ekspresi bingung. Leno tahu dia menanyakan sesuatu yang aneh setelah dia baru saja kehilangan kesadaran selama tiga hari, tetapi dia tidak punya banyak energi untuk menjelaskannya kepada Nio.
"Saya mengerti, Tuan Muda Leno-nim. Saya akan mengatakan itu padanya." Nio membungkuk padanya dengan sopan dan memasang wajah serius. "Tolong hubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan."
Leno memperhatikan bagaimana Nio melangkah keluar dari kamarnya. Kemudian Leno bersandar ke bantal sambil memejamkan mata. Satu air mata keluar dari matanya.
Dia telah mencoba yang terbaik selama tiga hari tapi... tetap saja... ini sulit. Leno menutupi wajahnya saat dia terisak perlahan.
0o0o0o0
Cale membuka matanya dengan kaget.
Pada awalnya, dia hanya membeku di tempatnya saat dia mencoba memilah-milah pikirannya. Karena jauh di lubuk hatinya, dia merasakan sesuatu yang salah. Sangat salah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kehidupan Kedua Seorang Sampah
Fanfic[Sekuel 'Wajah Sesungguhnya Seorang Sampah'] Meski diberi kesempatan kedua untuk hidup kembali, Leno tetap tidak berubah. Dia kehilangan segalanya, identitasnya, tempatnya, keluarganya, segalanya. Cale telah bersumpah untuk membuat Leno benar-benar...