Beberapa orang mengatakan bahwa manusia tidak memiliki musuh yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Karena manusia adalah makhluk hidup yang rumit karena dapat membandingkan dirinya dengan orang-orang di sekitarnya, bahkan dengan ras lain. Karena manusia dilahirkan dengan sifat kompetitif dan dipenuhi dengan keserakahan. Oleh karena itu, ketika mereka tidak dapat memenuhi harapan diri mereka sendiri atau merasa tertinggal dari teman-temannya, mereka merasa gagal. Karena itulah manusia bisa membenci dirinya sendiri.
Cale adalah tipe yang jarang membenci dirinya sendiri.
Tentu, dia tidak bebas dari rasa bersalah dan penyesalan, seperti orang lain. Tetapi sebagian besar waktu, dia tahu bahwa tidak ada artinya berdiam di masa lalu. Menyesali sesuatu yang telah terjadi, membenci dirinya sendiri, itu tidak lain adalah rasa sakit.
Padahal, setelah bertemu Leno, dia sedikit mengerti bagaimana rasanya membenci dirinya sendiri.
Memikirkan bahwa dia menemukan sisinya yang dia benci, mungkin jika bukan karena Leno, Cale tidak akan pernah merasakan hal semacam itu.
Meskipun dia tidak pernah mencapai kebencian diri Leno, dia berharap dia tidak akan pernah melakukannya. Meski begitu, dia sedikit mengerti perasaan Leno. Bukannya Cale pernah sangat iri pada seseorang atau berharap menjadi orang lain-- Yah, dia sudah hidup dengan identitas orang lain jadi... Tapi intinya, dia tetap setia pada dirinya sendiri.
Dia tahu seperti apa dia, dia tahu kelemahannya, kekuatannya, kekurangannya, kekurangannya. Dia seperti ini dan tidak apa-apa.
Dia juga tidak narsis, dia hanya berpikir bahwa dia baik-baik saja dengan dirinya sendiri.
Untuk bagian itu, menurutnya, dia cukup normal seperti orang lain.
Sedangkan Leno...
"Aku tidak setuju dengan ini."
"Aku bisa melakukan apa yang aku suka."
"Tidak, Pak Tua, dengarkan aku--"
"Kamu seharusnya menjadi orang yang mendengarkanku." Cale mendengus kesal. "Kamu baik-baik saja memperlakukan dirimu sendiri seperti kotoran, namun kamu sangat berhati-hati denganku. Akan menyenangkan melihat kamu bertindak sebaliknya untuk sekali ini. "
Leno mengangkat tangannya dengan cemberut. "Tidak, jangan berani-berani mengganti topik pembicaraan. Kita berbicara tentang seberapa banyak kamu harus mengambil kembali keputusasaanmu dariku. Itu. Dan tidak ada lagi. Ini bukan tentang aku. Ini tentang kamu."
Cale berbalik dan melipat tangannya.
Sekarang setelah pesta ulang tahun terkutuk telah berakhir dan semuanya menjadi damai kembali, sekarang kesehatan mental Leno cukup stabil, Cale tidak akan melupakan keputusasaannya di dalam hati Leno. Leno mungkin berharap Cale akan melupakannya, tetapi tidak, lelaki yang lebih tua itu sedang menunggu waktu yang tepat untuk menangani ini seefisien mungkin.
Tapi ini, pada saat seperti ini, Cale diingatkan bahwa Leno sangat mampu membuat argumen. Dia bisa marah seperti orang lain.
Selama itu bukan tentang kesejahteraannya sendiri.
Setelah Cale selesai mengambil napas dalam-dalam, dia berbalik ke Leno lagi. Untuk adik laki-lakinya yang bodoh dan tidak mementingkan diri sendiri. "Tentu saja, itu terkait denganmu juga. Kamu adalah orang yang berisiko, bagaimana jika keputusasaan aku diserap olehmu lagi? Aku pikir Aku masuk akal, Aku tidak mengerti mengapa Kamu begitu bersemangat. "
Leno mencubit pangkal hidungnya. "...setengah dari mereka terlalu banyak."
Cale hanya mengerutkan kening lebih keras.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kehidupan Kedua Seorang Sampah
Fiksi Penggemar[Sekuel 'Wajah Sesungguhnya Seorang Sampah'] Meski diberi kesempatan kedua untuk hidup kembali, Leno tetap tidak berubah. Dia kehilangan segalanya, identitasnya, tempatnya, keluarganya, segalanya. Cale telah bersumpah untuk membuat Leno benar-benar...