5# Takut menyesal di kemudian hari

0 0 0
                                    

Warung mang Agus adalah satu satunya warung gorengan yang penuh pelanggan setiap harinya. Namun, daya tarik warung mang Agus ini bukan karena gorengannya yang enak, karena pada dasarnya, gorengan tetaplah gorengan. Terigu kering yang di campur dengan sayuran  dan di campur air secukupnya. Rasanya pun tidak kalah jauh, masih tetap rasa gorengan pada umumnya.

Dan yang membedakan antara warung mang Agus dengan warung yang lain adalah Saos sambal. Keahlian mang Agus yang meracik saos di campur dengan rawit asli, hingga menimbulkan rasa yang jauh lebih enak, membuat mereka para pelanggannya tidak pernah menghilang. Rasa gorengan yang biasa saja, kalau sudah di campur dengan saos sambal buatan mang Agus akan terasa lebih nikmat, apalagi jika disajikan saat hangat.

"Jem, Lo yang bawa ya?" Esih menyodorkan gorengannya dengan cengiran yang khas yang selalu terpatri di bibirnya.

"Ini nih temen yang halal di geprek, pembabuan ini namanya" Sarkasnya, meskipun begitu, Ijem tetap mengambil sekantung keresek yang di sodorkan Esih.

"Termasuk kerja rodi gak tuh?" Dengan tiba tiba, Saroh muncul begitu saja di depan kulkas yang lumayan besar. Sembari menenteng se-cup pop ice yang di belinya barusan.

"Kebiasaan nih orang tua kalo jajan, sukanya di bawain. Mentang mentang badan gede, terus bisanya nindas sama orang kerdil kek kita" Ijem membalas pertanyaan Saroh seraya keluar warung.

"Eh Lo Burayak! Kali kali Lo beramal baik, Napa sih?" Esih menyahut seadanya.

"Gak dimana gak dimana, ini orang sukanya banyak nyarios" (bicara).
Asih yang sudah pusing akhirnya angkat bicara.
"Udah belum, yok balik kelas" ajaknya kemudian.

Keempatnya kemudian berjalan menyusuri tembok tembok yang bersih di pinggir jalan. Sekilas, mereka mirip tokek yang sedang merayap. Atau katak yang melompat lompat kecil. Bukan apa apa, hanya saja mereka takut sepatu mereka menjadi kotor. Di tambah, jika mereka memakai sepatu, mereka akan menginjak bagian belakangnya, otomatis sepatu itu akan cepat rusak jika terus begitu. Maka untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti: kotornya sepatu sebelum hari Sabtu dan rusaknya sepatu sebelum waktunya, Mereka memilih berjalan tanpa sepatu. Jika tidak seperti itu, mereka akan memakai sepatu siapa saja yang mereka anggap orang itu baik, atau orang yang tidak akan ngamuk jika sepatunya di pakai diam diam.

Seperti biasa, jika ada sebuah kerumunan, maka tidak jauh didalamnya akan ada pergibahan. Kaum kaum yang tidak suka kelayapan pada saat istirahat, mereka akan membuka kembali topik pembicaraan mereka yang belum usai hari lalu.

"Jadi gimana?" Saroh yang memulai pembicaraan, seraya duduk dan membuka kantung gorengan yang dibawanya, lengkap dengan pop ice rasa coklat kesukaannya.

"Gimana naon na?" (Apanya)
Asih kembali bertanya.

"Katanya kemarin Lo mau putus sama si Cepot" pembicaraan Saroh ditujukan pada Esih tentunya.

"Kan gak jadi" bukan Esih yang menjawab, tapi Ijem.

"Kenapa?" Tanya Asih.

"Susah, dia nya terlalu baik" ucap Esih malas. Mengingat malam kemarin ia tidak jadi putus. "Susah kalo pacaran sama orang yang kelewat baik. Sampe sampe kebaikannya itu kadang suka minta di santet" katanya lagi.

Jangan salah, biar tomboy begini, Esih juga punya pacar. Yang Alhamdulillah nya katanya pacarnya sayang sama Esih. Tapi itu 4 tahun lalu Esih mendapat pesan seperti itu.

"Justru itu Esih Sukaesih, karena dianya baik, terus cakep, bisa ngaji, santri, seprekuensi juga sama Lo. Terus apa kurangnya sih, Munaroh?" Jika menyangkut Esih dan pacar semata wayangnya, maka Ijem yang paling terdepan untuk membela. Karena pada dasarnya, anak itu responsif sama cerita Esih tentang pacarnya itu. "Gemes sendiri gue sama Lo? Emang Lo nyari yang begimane lagi, hah?" Lanjutnya.

"Setuju gue sama si Ijem. Nih ya, asal Lo tau Sih. Gue juga pernah ngalamin di posisi Lo. Gue nyaman sama dia, dianya juga baik, tapi di saat itu gue pengen putus, ya udah gue putusin aja ya kan? Nah kalau udah gitu, Lo tau apa yang gue rasain?..... Dan yang gue rasain adalah nyesel. Sumpah nyesel banget, karena ternyata saat gue pengen putus dari dia itu karena mungkin gue dalam Pase bosen sama dia, gue kurang responsif sama dia.

Jadi nih ya, gue saranin Lo jangan putus kalo misal Lo belum bener bener pengen putus. Takutnya entar Lo nyesel. Ingat penyesalan datang di akhir, kalo datang di awal bukan penyesalan namanya tapi perkenalan"

Perkataan Saroh membuat Esih kembali bingung. Pasalnya, sudah lama sekali ia ingin putus dari laki laki yang bernama Cep Muhammad Syahrir.
Sudah lama pula hubungan antara Esih dan Amad. Kurang lebih 4 tahun.

"Emang Lo punya alasan buat putus sama dia?" Lagi lagi Esih di buat termenung oleh perkataan Asih.

Esih menggelengkan kepalanya.

"Gak ada. Selama gue pacaran sama dia, gue gak pernah ada konflik. Suer deh, gak ada. Biar berhari hari gue gak kabarin dia, dan pas gue kabarin dia lagi dia malah gini ke gue 'kamu sibuk banget ya makanya gak ada kabar. Tapi gak papa, semangat terus'. Paling dia begitu, terus pas gue tanya 'lo gak marah?' dianya jawab gini ke gue 'Enggak, kan kamu gak bakar rumah aku' katanya. Gitu, jadi susah tuh buat gue pengen minta cerai dari dia" keluh Esih.

"Emang suami? Pake minta cerai segala" tinpal Ijem.

"Emang dia gak nyariin Lo?" Asih yang notabenenya orang yang suka di cariin ayang, melontarkan pertanyaan untuk kesekian kalinya.

"Nyari di mana? Semak semak? Ya enggak lah. Buat apa nyariin gue, mungkin dia juga suka liat gue lewat pas mau pengajian, kan rumahnya gak jauh dari masjid"

"Maksudnya tuh nyariin kayak....dia nelpon Lo, chat Lo, nanyain Lo ke temen Lo, gitu" Rasanya Asih saja sudah pusing untuk mengatasi pemikiran Esih yang sedikit bego dari sananya.

"Asal kalian tau, selama 4 tahun gue pacaran sama si Amad, gue pernah telponan sebanyak 5 kali. Pertama pas bapak mau ngojek, kedua pas bapak ngajak dia kerja bakti, ketiga pas bapak nyuruh dia buat anterin mama yang mau pulang ke emaknya, keempat pas dia ngajak gue buat shalat tahajjud, dan yang terakhir pas dia di suruh sama bapak buat melihat padi bapak yang dimakan tikus, kebetulan sawahnya Deket rumah dia"

"Itu yang telponan sama si Amad, Lo apa bapak Lo? Banyak bener kebutuhan bapak Lo ama dia, heran gue sama Lo. Lo tuh pacarnya apa bukan sih?" Sekarang giliran Ijem yang nyerocos melontarkan pertanyaan pertanyaan pada Esih.

"Lagian, pas dia nelpon gue pas ngajak tahajjud, dia ngomongnya cuma gini, 'Shalat tahajjud yuk, kamu wudhu dulu, abis itu shalat. Jangan lupa berdoa ya'. Gitu doang. Belum juga gue ngomong udah di matiin duluan telponnya Ama dia. Mana pas itu gak gue turutin lagi, soalnya wudhu nya jauh, ke WC umum. Kan takut gue, meskipun gue gede gini, tetep aja gue takut Ama yang namanya setan. Kalo ketemu Ama tuh makhluk, berabe idup gue"

"Oke tenang, gue udah capek. Terus sekarang Lo mau apa? Putus gak bisa. Terus gak ada alasan juga buat putus. Gue emang gak tau apa dan gimana perasaan Lo. Tapi setidaknya gue bisa memberikan satu atau dua patah kata dari gue. Remember this, mungkin Lo emang mau putus. Terus Lo jarang kabarin dia, Lo chat dia semau Lo. Esih, hidup itu gak bebas. Iya gue tau kalo dia baik. Tapi Lo juga kudu tau, kalo dia juga bisa capek. Lo harus pikirin dia Sih!. Gimana kalo dia ternyata capek sama sikap Lo? Gimana kalo ternyata, secara tidak sadar Lo udah nyakitin dia? Lo gak tau kan?.

Dan kita semua juga tau, di balik kata 'gak apa apa' itu ada luka yang tidak bisa di ceritakan. Lo harusnya sadar. Bahkan nih ya menurut gue, gak ada orang sesabar dia yang ngadepin sikap Lo" Saroh menjelaskan petuah panjang lebar. Tidak bisa di pungkiri, Esih juga merasa dirinya egois selama ini.

Kemudian, Esih hanya menunduk pertanda ia menyesali perbuatannya selama ini. Suasana pun berubah canggung. Atmosfer di sekitarnya tidak lagi seceria tadi. Tiba tiba saja mereka semua terdiam. Bahkan bukan hanya Esih, Saroh, Ijen dan Asih, tetapi semua orang yang ada di kelas pun ikut terdiam. Seperti ikut merasakan penyesalan yang Esih rasakan.

"Cukup gue yang nyakitin saudara dia, Sih. Lo jangan, dan gue takut Lo nyesel kayak yang gue alami" Untuk terakhir kali Saroh mengeluarkan kata kata dari bibirnya. Sebelum akhirnya guru mapel keterampilan datang untuk memberikan materi.

 Bestari [ON GOING]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang