Apa Bedanya Astronaut, Kosmonaut, Taikonaut, dan Spationaut?👨🚀
Astronaut adalah orang yang menjalani latihan dan program penerbangan antariksa.
Astronaut dikirim ke ruang angkasa untuk menjalankan misi menggunakan pesawat antariksa.
Biasanya, astronaut merupakan lulusan Teknik Mesin, Ilmu Biologi, Ilmu Fisika, atau Matematika.
- Astronaut pertama yang berhasil pergi ke ruang angkasa bernama Yuri Gagarin, yang berasal dari Rusia. Pak Yuri Gagarin meluncur ke ruang angkasa pada 12 April 1961, pukul 09.07 waktu Rusia. Ia menjalankan misi mengelilingi Bumi satu kali, dalam waktu 108 menit.Namun, ternyata Pak Yuri Gagarin bukan disebut sebagai astronaut di Rusia, melainkan kosmonaut.
Selain itu, ada pula penjelajah antariksa yang disebut taikonaut dan spationaut. Pada dasarnya, astronaut, kosmonaut, taikonaut, dan spationaut itu sama saja.
Mereka merupakan penjelajah antariksa yang sudah terlatih dan mengikuti program resmi.
Namun, penyebutan ini berasal dari kata yang berbeda dan negara yang berbeda.
Astronaut
Astronaut berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata astron dan nautis. Kata astron berarti bintang, sementara nautis berarti penjelajah. Istilah astronaut ditunjukkan pada penjelajah antariksa di bawah lembaga NASA, badan antariksa Amerika Serikat.
Namun, ada juga lembaga lain yang menyebut penjelajah antariksanya sebagai astronaut selain NASA, yakni JAXA (badan antariksa Jepang), ESA (badan antariksa Eropa), dan CSA (badan antariksa Kanada).
Kosmonaut
Kosmonaut berasal dari kata kosmos dan nautis. Kata kosmos berarti semesta, sementara nautis berarti penjelajah. Istilah ini ditunjukkan pada penjelajah antariksa di bawah badan antariksa yang ada di Rusia.
Karena itu, Pak Yuri Gagarin disebut sebagai kosmonaut di Rusia.
Taikonaut
Taikonaut atau tài k?ng rén adalah sebutan penjelajah antariksa yang berasal dari Tiongkok. Istilah ini berasal dari kata taikong yang berarti ruang angkasa.
Spationaut
Spatinonaut berasal dari kata spatium yang berarti ruang angkasa. Istilah ini ditunjukkan pada penjelajah antariksa yang berasal dari Prancis.
Lalu, Istilah Apa yang Sebaiknya Kita Gunakan?
Di Indonesia, penjelajah antariksa disebut sebagai antariksawan. Namun, kata astronaut juga masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).Jadi, kita juga bisa menyebut penjelajah antariksa ini sebagai astronaut.
Astronaut juga menjadi sebutan umum berbagai media di dunia untuk penjelajah antariksa.
sc : wikipedia,
cr : ruangpengetahuan
KAMU SEDANG MEMBACA
Semua Berisi Pengetahuan ✔
Non-Fiction[KARYA INI, DI AMBIL DARI BERBAGAI SUMBER] Hallo semuanya, ayo mampir di All About Knowledge! Disini, kalian akan mengetahui ilmu yang telah penulis kumpulan. Tujuannya agar "Kita, sama-sama belajar." Teman-teman tahu tidak, ada 1 Quotes yang aku li...