اَلسَّلَامُے عَلَيْكُمْے وَرَحْمَةُ اللَّهےِوَبَرَكاَتُهْے
Di sebutkan oleh ulama dengan istilah penjelasan tentang jalan jalan masuknya syaiton ke dalam hati manusia .
Syekh Sa'id Hawa menjelaskan bahwa hati itu seperti "sebuah benteng" jadi kalau kerajaan maka hati adalah benteng dari Kerajaan itu.
Jadi kalau misalnya diri kita adalah "sebuah kerajaan yang berisi berbagai macam organ" kemudian bagian-bagian dari tubuh kita mulai dari fikiran sampai jawarih yaitu anggota tubuh kita seperti organ kaki dan tangan maka bentengnya adalah "Hati".Sehingga syaiton akan mencari cari jalan "gimana cara menembus benteng tersebut bisa masuk ke dalam benteng tersebut", kalau dia sudah berhasil masuk dalam benteng itu maka dia akan menguasai satu kerajaan.
Syeikh Sa'id Hawwa dan para ulama menjelaskan ada banyak sekali jalan-jalan atau celah-celah syaiton masuk ke dalam hati manusia diantara yang paling berpengaruh itu "yang pertama adalah marah".
Karena "Marah" itu adalah pintu yang paling rentan masuknya syaiton ke dalam diri manusia.
Makanya banyak banget orang ketika dia marah dia jadi kesurupan misalnya atau setidaknya kalau ga kesurupan pun dia jadi meledak ledak dia jadi lupa diri dia jadi mengucapkan kalimat-kalimat yang tercela, dia jadi berperangai dengan perangai yang dia sendiri malu.Jadi ibarat nya hati adalah benteng sedangkan syaiton adalah musuh yang sedang mencari jalan untuk menembus benteng tersebut, sehingga kita perlu cari tahu biasanya apa aja yang di bidik oleh musuh ini oleh syaiton ini agar dia bisa menembus benteng hati manusia.
Banyak sekarang viral ya ketika orang lagi marah di jalan marah-marah kemudian prilaku itu enggak dia sadari di rekam oleh orang lain karena sekarang zaman nya socials media dengan gadget kerekam.
Pas dia nonton sendiri dia jadi malu gitu kan, banyak dulu tuh, ada yang pas mudik dulu tuh ada yang marah marah karena udah macet terus di tutup jalannya dia buka kaca mobil dia keluar kan kalimat mencela, kalimat menghina, mengutuk, pas dia ngelihat sendiri video dia ketika marah dia ngerasa malu akhirnya minta maaf .
Ini gara gara apa? Ini gara gara "marah membuka celah bagi syaiton untuk masuk ke dalam diri kita", sehingga ketika syaiton udah masuk ke dalam diri seseorang ngga mungkin kecuali menggoda orang itu kepada dosa- dosa baik dengan prilaku , dengan ucapan, dengan banyak hal , "pintunya adalah marah."
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
KAMU SEDANG MEMBACA
MOTIVASI SPIRITUAL
SpiritualYang singkat itu WAKTU Yang menipu itu DUNIA Yang kekal itu AKHIRAT Yang besar itu HAWA NAFSU Yang susah itu SABAR Yang sulit itu IKHLAS Yang berat itu AMANAH Yang mudah itu BERBUAT DOSA Yang dekat itu KEMATIAN Yang sering lupa itu BERSYUKUR Yang me...