AMALAN KETIKA HUJAN TURUN
1) Berdoa saat hujan turun.
Adapun doanya:
اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
"Ya ALLAH turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". [HSR. Bukhari 1032]
2) Berdoa kebaikan apapun saat hujan turun.
Diantara waktu mustajabahnya doa adalah di mana saat hujan turun, karenanya disunnahkan kita berdoa bebas untuk kebaikan kita dlm urusan dunia/akhirat sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ :
"Ada dua waktu doa yang tidak akan ditolak, doa ketika adzan dan doa saat turunnya hujan". [HR. Hakim 2534. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami’ 3078, hasan]
3) Jika hujan lebat dan khawatir akan membawa bahaya, maka berdoalah agar cuaca kembali menjadi cerah.
Anas bin Malik radhiallahu 'anhu mengisahkan -yang singkatnya:
"Seorang lelaki pernah mengadukan kepada Nabi Muhammad ﷺ saat Beliau sedang berkhutbah di hari Jumat- karena hujan telah sekian lama tidak turun-turun. Lantas Nabi Muhammad ﷺ berdoa dengan mengangkat kedua tangannya agar diturunkan hujan. Hujanpun seketika turun dengan lebatnya, bahkan itu berlangsung selama enam hari, sehingga menimbulkan banjir dan membawa banyak mudharat lainnya.
Maka, pada Jumat lainnya, seorang lelaki kembali megadukan kepada Nabi Muhammad ﷺ agar hujan berhenti. Maka, Nabi Muhammad ﷺ berdoa dengan mengangkat kedua tangannya seraya mengucapkan: "Ya ALLAH, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya ALLAH, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan".
[HSR. Bukhari 1014]اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Menurut Syaikh Shalih As Sadlan hafizhahullah, bahwa doa di atas dibaca saat hujan makin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak mudharat. (Dzikru wa Tadzkir, oleh Shalih As-Sadlan, hal.28)
4) Membasahi beberapa anggota badan dengan hujan ketika pertama kali turun.
Oleh Ust. Berik Said Hafidzhahullah
KAMU SEDANG MEMBACA
MOTIVASI SPIRITUAL
EspiritualYang singkat itu WAKTU Yang menipu itu DUNIA Yang kekal itu AKHIRAT Yang besar itu HAWA NAFSU Yang susah itu SABAR Yang sulit itu IKHLAS Yang berat itu AMANAH Yang mudah itu BERBUAT DOSA Yang dekat itu KEMATIAN Yang sering lupa itu BERSYUKUR Yang me...