"Alah anjir peraturannya kenapa ribet banget sih. Dah tau sepatu gue rusak juga." Jeongwoo jalan kearah lapangan sambil nggerutu.
Dia sedikit lompat-lompat waktu nginjek lapangan. Sepatunya disita gara-gara yang harusnya pake pantofel Jeongwoo malah pake sepatu kets biasa.
Bukannya gak punya, tapi kemaren sepulang sekolah sepatunya rusak, bagian bawahnya lepas. Gak mungkin dia pake sepatu kaya gitu ya kan.
Jeongwoo juga udah ngejelasin ke anak osis dan kesiswaannya kalo sepatu dia rusak jadi mau gak mau dia nunggu sepatu yang baru dia beli dateng karena lewat online. Tapi kesiswaannya gak nerima alesan, jadi sekarang dia dihukum lari di lapangan lima kali cuma pake kaos kaki.
Karena sekarang jam pelajaran, koridor sekolah sepi. Tapi Jeongwoo masih bisa ngeliat jelas beberapa anak ngintip dari jendela kelas. Tapi sekarang dia gak mikirin itu, dia cuma kepikiran sama kakinya yang udah kerasa panas banget.
Jeongwoo mulai lari sambil nggerutu. Sumpah ya, sekarang masih jam delapan pagi tapi udah panas banget lapangannya.
Di puteran kedua Jeongwoo ngeliat salah satu anak osis, Haruto jalan di koridor. Cowok itu keliatannya mau nyamperin dia, mungkin buat nge cek dia beneran lari atau gak.
"Udah berapa kali?" Bener aja, Haruto duduk di kursi panjang pinggir lapangan terus teriak nanya ke Jeongwoo.
"Dua!" Jeongwoo ngebales teriak. Dia beberapa kali nunduk buat nge lap keringetnya.
Haruto diem ngeliatin cowok itu lari. Terus dia berdiri pergi ninggalin lapangan dan gak tau kemana.
"Anjing, gitu doang?" Jeongwoo ngegumam gak percaya ngeliat Haruto pergi.
Jeongwoo makin nyepetin larinya karena kakinya udah kerasa kaya kebakar. Kepalanya juga udah kerasa pusing. Dan di saat itu juga Jeongwoo baru inget dia belum sarapan. Ya semoga aja aman sampe pulang.
Di puteran ke empat Jeongwoo berhenti bentar. Dia mojok ke tempat yang ketutup pohon ngasih kakinya istirahat. Diliat dari jam tangannya, jarum jam udah hampir nunjuk kearah angka sembilan.
"Mayan juga sih nge skip mtk." Jeongwoo agak bersyukur karena dua jam pertama diisi pelajaran matematika.
Masalahnya, pr nya kemarin belum dia kerjain.
"Kenapa berhenti?" Jeongwoo noleh ngeliat Haruto dateng lagi nenteng kresek yang Jeongwoo gak tau isinya apa sama satu botol air putih dan satu kaleng cola.
"Gak tau panas apa? Kaki gue udah kebakar ini." Jeongwoo ngebales ketus. Dia udah capek banget, emosinya jadi ikutan gak ke kontrol.
Haruto nyodorin botol air yang dia bawa ke Jeongwoo ngebuat cowok yang lagi nunduk itu ndongak dan ngerutin keningnya, nanya maksud Haruto.
"Minum dulu."
Jeongwoo nerima airnya, cepet-cepetan ngebuka dan langsung ngabisin airnya.
"Haus apa doyan lo?"
Pertanyaan Haruto cuma dibales tatapan males sama Jeongwoo.
"Nih, pake." Haruto ngeluarin sepatu pantofel yang gak tau punya siapa ke depan Jeongwoo.
"Sepatu siapa?"
"Punya gue lah, punya siapa lagi? Panas kan pake kaos kaki doang? Pake. Lari lagi."
"Haish." Jeongwoo langsung make sepatu yang ukurannya hampir pas di kaki dia dan lari lagi muterin lapangan.
"Ini kelima!" Jeongwoo teriak ngasih tau Haruto yang duduk-duduk di bangku kaya tadi.
Jeongwoo berhenti di samping Haruto terus duduk di bawah nyender ke pohon. Lengannya keangkat buat ngelap keringetnya yang ngebuat dia keliatan kaya abis mandi.
Cowok tinggi yang dari tadi duduk di bangku itu ikutan turun duduk di sebelah Jeongwoo.
"Ini lo emang nyimpen sepatu apa gimana? Kok ada cadangan? Gapapa gue pake?" Jeongwoo mejemin matanya yang udah agak nge blur.
Haruto ngegeser badan Jeongwoo biar gak kena matahari sama sekali terus dia ikutan nyender ke batang pohon.
"Gue kalo make sepatu jarang awet, jadi selalu siap cadangan, biasanya juga gue taruh loker buat jaga-jaga. Pake aja, mau lo pake terus juga gapapa, sepatu gue masih bagus."
Bagus juga caranya, apa Jeongwoo kaya gitu aja ya besok? Jadi kalo rusak bisa langsung ganti tanpa nyari dan nunggu lama lagi.
Mata Jeongwoo kebuka lagi ngeliatin cowok itu. "Lo kenapa dah?"
"Apanya?" Haruto noleh ke Jeongwoo.
"Beberapa hari ini tingkah lo ke gue aneh tau gak."
Cowok itu diem, ngalihin pandangannya. Beberapa detik kemudian bukannya ngejawab, Haruto berdiri keliatan kaya mau ninggalin Jeongwoo.
Tapi langsung berhenti gerak waktu denger Jeongwoo ngomong.
"Kemarin gue di tembak kakel," Jeongwoo mejemin matanya lagi. "Mending gue terima atau gak?"
Jeongwoo ngebuka mata waktu ngerasain ada sesuatu nempel di pipinya. Matanya ngebulet waktu nyadar itu bibir Haruto.
"Jangan. Lo gak suka dia kan?" Haruto ngomong agak ngegantung. "Gue suka sama lo Woo."
"O-oh? Terus?" Jeongwoo agak nge blank waktu ngejawab. Dalem hati dia ngerutuki dirinya sendiri. Harusnya gak jawab kek gini, tapi kejadian Haruto nyium dia itu ngebuat Jeongwoo gak bisa mikir.
Tapi dia juga seneng, caranya berhasil. Ngeliat tingkah Haruto beberapa hari ini, Jeongwoo udah ngeh cowok itu suka sama dia. Ditambah sama omongan dari temen-temennya kalo beberapa minggu ini Haruto kaya sering ngamatin dia.
"Ayo pacaran sama gue, jangan sama yang lain."
Jeongwoo ngedehem nyadarin dirinya sendiri. "Kalo gue gak mau?"
Haruto narik tangan Jeongwoo pelan. "Jangan pacaran sama yang lain."
Cowok di depan Haruto itu sekarang senyum gemes denger suara Haruto jadi pelan agak kedengeran kaya ngerengek ditambah cowok itu sekarang nunduk mainin jarinya.
Tangannya ditarik agak kasar ngebuat Haruto kaget, tapi Jeongwoo langsung narik badan besar cowok itu buat dipeluk.
"Gue mau kok. Gue juga udah lama suka sama lo To." Jeongwoo ngebisik pelan di samping telinga cowok itu.
Haruto merem ngeratin pelukannya. "Makasih. Gue sayang sama lo Park Jeongwoo."
Mata Jeongwoo gak sengaja nangkep siluet salah satu guru di koridor. Dia reflek ngedorong Haruto buat ngelepasin pelukannya.
"Ada guru." Dia langsung ngejelasin waktu Haruto natap dia bingung.
Haruto ngambil kaleng cola nya terus narik tangan Jeongwoo pergi dari lapangan.
Mereka berdua berhenti di depan kelas Jeongwoo.
"Dah, sana masuk. Bentar lagi istirahat, makannya waktu istirahat aja ya. Biar absen lo gak kosong juga."
Jeongwoo ngangguk. "By the way, ukuran lo berapa kok cukup di gue?"
"47"
Jeongwoo ngebuletin mulutnya. "Pantes. Gue biasa 46. Thanks ya, nanti istirahat gue samperin."
Tangan Haruto keangkat buat ngerapiin rambut Jeongwoo sebelum cowok itu masuk ke dalem kelas.
"Dah rapi, bye Woo."
*******
Hai haii, makasih udah baca, semoga sukaa. Kalo ada kritik dan saran boleh banget ketik disini. Have a nice day all🌤️