"Yoshii, pr kimia lo udah belom? Gue liat dong."
"Nih."
"Yosh, ada duit gak? Gue pinjem tujuh puluh aja, besok gue balikin."
Yoshi ngangguk. "Ini bawa aja."
"Gue pinjem motor lo dong buat nganter cewe gue, lo bareng Jihoon dulu gapapa kan?"
Yoshi mikir bentar. "Oke, nih kuncinya."
Yoshi, cowok yang dianggep idaman sama siswa siswi di sekolah. Dia termasuk soft boy, sopan, manis, jarang ngomong kasar, termasuk siswa yang jarang atau bahkan gak pernah buat masalah, Sering nolong temennya, gak pernah ngebantah guru dan bahkan sebaliknya, dia selalu nurut ke guru, ngebantu tiap gurunya.
Tapi sayang, kebaikannya itu malah dimanfaatin sama banyak orang. Sedangkan Yoshi nya sendiri gak tegaan. Selama dia ngerasa bisa ngebantu, dia pasti bantu. Atau setidaknya masih ada solusi buat dirinya, Yoshi pasti ngasih atau ngebantu orang itu.
Diantara semua siswa siswi yang manfaatin dia dan nyoba baik-baikin dia, ada satu adek kelas cowok yang selalu natap dia sinis, bahkan ngatain dia.
"Wan, dicari kak Yoshi, ditunggu di perpus!"
Junghwan gak bales apa-apa, dia langsung berdiri dan keluar kelas. Matanya ngeliatin sinis jaket yang dipake sama salah satu siswi yang duduk di kursi panjang pinggir koridor. Jaket yang udah familiar banget di matanya, jaket Yoshi.
"Jaket kak Yoshi selalu keren-keren banget dah, mahal-mahal, wangi banget lagi. Lumayan buat bahan di sg."
"Eh tapi sumpah ya, kok kak Yoshi percaya aja baju lo kena saos, padahal lo coret sendiri."
"Sssttt, jangan buka kartu."
Rahang Junghwan ngeras denger itu. Dia langsung nyamperin tiga cewek yang sibuk foto-foto sambil ngomongin Yoshi dan narik tangan cewek itu.
"Balikin jaketnya."
Tiga cewek itu berdiri. "Anjing apa sih lo ikut-ikut aja."
Junghwan narik paksa jaketnya biar lepas dari badan cewek itu. Dua temennya nyoba buat ngejauhin Junghwan tapi gagal, badan cowok itu jauh lebih besar dari mereka berdua.
"Sekali lagi lo bohongin kak Yoshi, gue siram baju lo pake air got biar sekalian gak usah buat alasan lain." Junghwan ngeliatin masing-masing nametag cewek-cewek itu sebelum pergi dari sana.
Masuk perpustakaan, dia ngeliat Yoshi sibuk misahin buku, Junghwan langsung naruh kasar jaket di tangan dia keatas meja di sebelah Yoshi yang ngebuat cowok itu langsung ndongak kaget.
Begitu ngeliat Junghwan, Yoshi langsung senyum. "Oh, Junghwan? Ngambil buku paket? Bentar ya gue masukin kardus dulu biar gampang bawanya. masih yang fisika aja, lainnya nyusul besok."
Yoshi nunjukin buku di tangannya terus gerak lebih cepet buat masukin bukunya ke kardus. Junghwan ngehela nafas, dia jongkok terus bantu Yoshi masukin bukunya.
"Anggota inti osis lain mana? Kalian bukannya dihukum barengan?" Junghwan nginget-nginget kejadian tadi pagi dimana anggota inti osis kena marah kesiswaan gara-gara sesuatu.
"Mereka belum istirahat, jadi sekarang mereka ke kantin, makan dulu."
Dahi Junghwan ngernyit. "Terus lo? Kenapa masih lanjut?"
"Bukunya kudu dibagiin hari ini juga, dan masih banyak yang belum ke tata, lagian gue ketua osis, jadi udah tugas gue buat ngelanjutin."
Junghwan masukin bukunya agak ngebanting. "Kak, gue tau lo gak goblok. Lo tau kan kalo lo dimanfaatin? Kenapa masih iya-iya aja sih? Meskipun lo ketua osis, kalian dihukumnya barengan, bahkan mereka yang buat salah, kenapa lo yang tanggung jawab? Sekarang lo ngasih mereka istirahat karena kasian, merekanya kasian gak ngeliat lo sendirian ngerjain hukumannya disini?"
Kata-kata Junghwan lumayan nusuk perasaan Yoshi, tapi dia gak ngebales apa-apa selain senyum. Ngeliat senyum itu Junghwan makin kesel. Kenapa cowok se baik Yoshi masih aja ada yang manfaatin.
"Jaket yang lo pinjemin ke adek kelas lo, gue taruh meja. Bajunya gak kena saos, tapi dia coretin sendiri biar lo pinjemin jaket buat bahan pamer di sosmed."
Yoshi agak kaget denger itu. Jaket itu, jaket kesayangannya, bahkan waktu adeknya mau minjem jaket itu aja dia mikir-mikir. Dan tadi dia ngeliat seragam putih adek kelasnya kotor lumayan banyak jadi dia pinjemin karena gak tega. Denger ini rasanya dia jadi lumayan kesel.
"Thanks." Yoshi ngeliatin Junghwan dan senyum tulus.
Tapi Junghwan melengos gitu aja. Dia keluar dari perpus gak tau kemana. Yoshi cepet-cepet ngeberesin kardusnya dan naruh kardus itu di atas meja, di sebelah jaketnya.
Dia gak langsung lanjut ngeberesin tapi duduk di kursi dan ngeliatin jaket itu. Matanya nangkep noda di lengan jaket itu. Tangannya ngepal, tapi detik selanjutnya dia ngehela nafas dan milih naruh jaket itu di sana terus balik ngeberesin.
Setelah ngeberesin satu kardus, dia ngeliat Junghwan balik bawa nampan. Matanya melotot kaget.
"Eh yang bener aja, ini perpus!"
Gak jawab kepanikan kakak kelasnya, Junghwan tetep santai naruh nampan isi dua mangkok soto dan es teh itu di meja.
"Wan?" Yoshi ngedeketin cowok itu.
"Duduk kak, makan. Gue udah dapet izin dari pak Jeri buat makan disini." Junghwan ngambil semangkok soto dan es tehnya terus mulai makan.
Yoshi duduk di depan Junghwan. "Thanks."
Selama makan, gak ada satupun diantara mereka yang ngebuka pembicaraan. Junghwan beberapa kali ngelirik kakak kelasnya itu.
"Kak, serius. Lo tau kan kalo lo di manfaatin selama ini? Kenapa lo diem?" Junghwan nanya waktu sotonya udah abis.
Yoshi ngehela nafas. Dia ngambil es teh di sebelahnya.
"Terus gue harus gimana Hwan? Gue ga bisa nolak, lo juga tau gue gak tegaan, dan.. seenggaknya gue bisa berguna buat orang lain."
Cowok yang lebih muda itu diem ngeliatin kakak kelasnya. Perasaannya campur aduk, marah, kesel, sedih. Ya bayangin aja, ngeliat orang yang lo suka di manfaatin kaya gitu, gimana gak kesel? Gak jarang Yoshi ngorbanin keinginannya sendiri buat orang lain.
"Tolak kak, lo udah berguna buat orang-orang, gak usah korbanin diri lo sendiri, mereka gimana itu ya urusan mereka. Kalo lo gak bisa nolak, panggil gue, atau jadiin gue alasan. Nanti samperin aja gue ke kelas, atau chat. Gak usah gak enak, gue suka sama lo, gue gak suka ngeliat lo dimanfaatin sama orang, jadi jangan diem aja, jangan ngerasa gak enak sama gue."
Yoshi yang tadinya mau nyendok soto seketika diem denger omongan Junghwan.
"Gimana? Lo suka sama gue?"
🐱🐱🐱Makasih yang udah bacaa, have a nice day❣️