08. midnight

1.1K 98 33
                                    

“Woy ini bantuin gue bawa buku dong.” kata Alisa.

Yudha yang kebetulan ada di belakang Alisa langsung mengambil setumpuk buku yang dibawa oleh Alisa.

Kegiatan hari ini adalah budaya gemar literasi. Tujuannya adalah supaya anak-anak di desa ini menjadi banyak membaca di tengah banyaknya anak-anak yang bermain gadget.

“Eh ada yang liat Raline gak?” tanya Ezra.

“Kenapa lo nanyain Raline?” Marvin malah nanya balik ke Ezra.

“Hp gue ada di Raline. Nitip tadi.”

“Raline lagi beli jajanan sama Jasmine.” kata Chelsea.

Ezra manggut-manggut sebelum akhirnya ikut bergabung dengan Jeff yang berada di depan sedang memberi arahan pada anak-anak yang sudah memenuhi aula.

“Selamat pagi menjelang siang adik-adik. Gimana nih kabarnya?” tanya Jeff dengan nada ramahnya.

“Baiikkk.”

“Wih semangat banget yaaa.” kata Ezra.

“Oh iya kakak-kakak disini belum kenal sama kalian. Jadi perkenalan dulu ya.”

Setelah sesi perkenalan selesai, Alisa dan Yudha membagikan buku bacaan itu ke anak-anak.

“Nah adik-adik udah dapet buku semua kan?” tanya Chelsea.

“Sudahhh.”

“Kalian baca bukunya ya abis itu akan ada games. Nanti ada hadiahnya. Siapa yang mau hadiah?”

Anak-anak disana otomatis mengacungkan tangannya.

“Oke adik-adik silahkan baca bukunya ya.” kata Jeff.

Mereka semua membaca buku dengan tenang. Hingga beberapa menit kemudian Raline dan Jasmine datang sambil membawa jajanan untuk dijadikan hadiah.

“Eh ini cukup kan segini?” tanya Raline sambil mengangkat kresek hitam di tangannya.

“Cukup kok.” jawab Jovan.

“Raline hp gue dong.”

“Di tas gue Zra ambil aja.” kata Raline.

Jeff kembali berjalan ke depan anak-anak yang tengah membaca buku. Dirinya tersenyum manis melihat pemandangan di depannya, dimana anak-anak itu terlihat sangat serius membaca buku bacaan mereka.

“Oke adik-adik membacanya sudah selesai ya,” kata Jeff, “Sekarang waktunya kita main games.”

Saat mendengar kata game, anak-anak disana terlihat sangat antusias.

“Oke ada yang berani menceritakan buku bacaannya gak? Yang berani maju nanti kakak kasih hadiah.” kata Jeff.

Sontak anak-anak itu berlomba-lomba mengangkat tangannya hingga membuat Jeff bingung siapa yang mengangkat tangan duluan.

Jeff menunjuk salah satu anak yang memakai baju biru dengan celana berwarna hitam.

“Namanya siapa dek?” tanya Jeff.

“Icung kak.” jawab anak yang ternyata bernama Icung.

“Oke Icung ceritakan apa isi buku yang tadi kamu baca ya.”

“Jadi......”

______________

Malam harinya setelah selesai makan malam, anak perempuan tidak ada satupun yang keluar kamar. Mereka sedang berada di kamar dengan duduk berpencar. Ada yang di atas kasur, di sofa atau goleran di lantai seperti Alisa dan Yuna.

KKN-97lineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang