3.Masak dikos Grizel

149 144 41
                                    

"Ini udah semuanya?" Tanya Grizel saat melihat bahan-bahan tertata rapi didepannya.

"Iyaa" Jawab Nata.Memang Nata sudah menyiapkan semuanya bahan-bahannya untuk memasak sayur kangkung.

Setelah pulang dari pasar tadi Grizel dan Nata sempat istirahat sejenak.Namun sekarang mereka berdua sudah berada didapur.Nata hendak memasak dan mengajari Grizel.Memang mereka dipasar tadi tidak membeli semua bahannya,karena ada yang diambil dari rumah Nata juga.Dan masalah memasaknya memang dirumah Grizel karena dirinya yang mengajak.

"Ya udah langsung aja"

Nata mengangguk.

"Oke ini kan udah ada bahannya,Ehh sebelumnya kita mau masak tumis kangkung" Jeda Nata. "Nih kan tadi kangkungnya udah dicuci,jadi ga perlu dicuci lagi"

"Nah sekarang kita iris aja cabai sama bawangnya jadi tipis-tipis" Ucap Nata sambil mengambil talenan,pisau,cabai dan bawang.Setah semua sudah tersedia Nata mulai mengirisnya tipis-tipis.

"Aku boleh coba?" Tanya Grizel.

Nata menoleh. "Yakin mau cobain?"

Grizel mengangguk.

"Sini" Grizel berjalan mendekat ke arah Nata.Kemudian dia mengambil alih pisaunya dari tangan Nata.Sebelum dia mulai mengirisnya Grizel sempat melirik Nata sebentar.Kemudian perlahan dia mulai mengirisnya.

"Bisa gak?"

"Iya"

Grizel mengirisnya tipis-tipis sesuai ucapan Nata tadi.Ternyata Grizel bisa juga...ini juga sudah termasuk bagus potongannya untuk pemula.Setelah selesai Grizel meletakkan pisaunya kembali kemudian dia berjalan mundur.Dan bergantian Nata yang maju.

"Nah kalau udah diiris kayak gini,sekarang kita tumis" Nata mengambil wajan yang ada rak dapur.Kemudian dia menaruhnya di atas kompor.Nata bergegas mengambil minyak yang sudah disediakan disana. "Kita masukin minyak,jangan banyak-banyak secukupnya aja" Kemudian Nata memasukkan minyaknya tidak terlalu sedikit tidak juga terlalu banyak.

"Terus kita nyalain deh kompornya" Jeda Nata. "Nah kalau udah agak panas kayak gini kita masukin cabai sama bawang tadi" Ucap Nata sambil memasukkan Bawang dan cabai yang sudah diiris tadi.

Kemudian Nata mengoseng-ngosengnya sejenak. "Kalau udah masukin kangkungnya deh" Nata mulai memasukkan kangkungnya perlahan dan telaten. "Ini dioseng sebentar dulu"

Nata mengoseng-ngoseng kangkungnya sebentar. "Kalau udah ini bumbunya campurin semua.Pertama masukin airnya dulu,terus masukin garam,masukin gula,dan yang terakhir saos tiram" Ucapnya sambil memasukka bahan-bahan yang sudah diukur dan dibagi tersebut.

"Terus ini apinya dibesarin" Jeda Nata. "terus tinggal diaduk-sebentar sampai sebentar dan merata terus tutup tinggal ditunggu paling 2 menitan.Dan mateng deh" Ucap Nata setelah sudah selesai menutup sayur tersebut.

Grizel tersenyum senang lalu bertepuk tangan sejenak disana. "Yeyy" Ucapnya girang.

Nata tersenyum lalu geleng-geleng kepala disana.Kemudian Nata beralih memunguti wadah-wadah yang kotor kemudian dia masukkan wastafel.

Grizel melihatnya sebentar sebelum bergegas membantunya.Setelah selesai Nata mengedarkan pandangannya terlebih dahulu melihat kalau sudah tidak ada yang tersisa.Kemudian Nata membuka tutup sayur tersebut.Kemudian dia memejamkan matanya sambil menghirup sayuran yang harum didepannya.Grizel lagi-lagi tersenyum melihat itu.Nata mengambil piring yang ada diraknya.Kemudian perlahan dia memindahkan sayurannya ke dipiring itu.Kemudian setelah sudah selesai Nata meletakkannya dimeja makan disana.

Nata membereskan semuanya terlebih dahulu sebelum mendudukkan dirinya dimeja makan.Grizel menunggu Nata dia memilih mendudukkan dirinya terlebih dahulu disana yang disusul oleh Nata setelah sudah selesai berberes.

GRIZELNATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang