Minggu, 12 Februari 2023
23.47Mata ini tidak ingin memejam walau hanya sebentar. Malam terakhir menikmati udara Padang, Ibu kota Provinsi Sumatera Barat.
4.5 bulan sudah aku berada di kota ini. Menimba ilmu dan bertemu orang baru yang hebat - hebat. Banyak hal yang telah kudapatkan dan sulit kudapati saat pulang nanti. Rasanya aku ingin menceritakan semua pahit dan manis yang kurasakan tidak hanya pada Mimi tetapi pada Pipi juga.Pipi saat diperantauan ini aku menemukan sosok mu diberbagai orang. Mulai dari Dosen Kaprodi yang selalu memastikan keadaan mahasiswanya di tanah orang, Ketua PIC yang seperti rasa Ayah disini, Bpk Gusmaizal yang pada saat itu meminta bantuan untuk edit video sampe malam dan beliau selalu memastikan keadaan saat lembur, Bpk Beni Ario yang selalu menyarankan kesana atau kemari ketika La sakit, ditambah dosen La yang baru yang dulu terkenal killer dia selalu beri support ke La, dan belum lama ini saat La menemani teman ke Bukittinggi, La sarapan di depan Asrama. La bertemu Bpk Oyon yang bekerja di BPBD, kaget karena Bpk itu manggil nama Bella sama kayak Pipi manggil Bella.
La kangen suara Pipi. Dulu waktu La 3 bulan di Kediri, Pipi susah nglepasinnya karena La tetep dianggap kecil walaupun udah ada si Bungsu. La selalu terlihat mandiri dan bisa semua sendiri tanpa Pipi, tp pipi tahu kalau itu semua adalah bentuk pertahanan entah apa alasan La beda dari anak lainnya diumur yg masih kecil.
Pi sekarang semua terasa setelah kepergian mu. La udah gak bisa tanya hal random yang berujung sebuah cerita yang berakhir nasihat yang berguna buat kedepannya.
Pipi La besok balik ke Jogja, gak ada sambutan hangat darimu lagi setelah lama meninggalkan kampung halaman.Andai tumpukan renjana ini dapat mengembalikan dirimu untuk membangunkan putri kecilmu ini dipagi hari dengan salam
"Assalamualaikum, bangun" sambil kau tepuk pelan kaki ku. Disaat aku hanya bergerak tanpa membuka mata, kau pijat kaki ku.
Pipi seakan tahu bahwa hari hari yang kulalui tidak mudah.
Jika masih saja aku tidak bangun, didekatku Pipi membacakan ayat suci dengan indah.
Sehingga ketika anak mu mendengar suara qiroah yang mirip seperti suara Pipi, seketika tetesan dari mata akan keluar.Pipi, La sering hampir nyerah, tapi La inget ada temen La yang kondisinya tidak seberuntung La dan kalau La gak ada bagaimana dia nanti?, La tinggal dia di disini saja kondisinya dia juga ingin menyerah.
Disisi lain ada Mimi yang selalu berusaha tegar walaupun La ngilu kalau denger Mimi secara random nanya "kenapa ya Ayah mu meninggal nya cepet?" Seolah dia ingin berkeluh kesah padamu, sekarang mimi kalau ada apa apa cerita sama La.La juga takut kalau Mimi pergi ninggalin. Karena sebelum La ninggalin jogja. Mimi mimpi buruk dan membuatnya mengigau minta tolong.
Saat La bangunin, mimi menolak cerita. Paginya La tanya lagi "td malem knp?" Katanya "mimpi dibunuh, sampe baca ayat kursi baru dilepas" La malemnya takut akan kehilangan orang yang jadi tempat pulang untuk La.Pi La harus gmn ya?
La harus kuat buat semuanya
Karena kalau La sedih, semua jadi sedih. Makanya saat pipi sakit walaupun La juga takut untuk ganti luka pipi tp La inget dulu mau jadi apa, setidaknya La bisa jadi dokter untuk keluarga ini.Pipi besok kalau La nikah gmn ya?
Kemarin saat Mbk nikah, suasananya sedih, ibu gak kuat dan sering nangis. Mbk apalagi. Dan La harus selalu kuat and show my smile to make them strong by doing fools.Pipi pernah bilang kalau La boleh pelihara kucing dengan syarat kucingnya warna putih. Tp pas ada kucing putih Pipi dah gak ada.
Mana kucingnya dateng sendiri tiba tiba beranak dan berakhir jadi kucing peliharaan La. Seakan Tuhan menjawab doa La dan pipi tp pipi gak liat kucingnya. Dan kunamai kucing itu Pipi juga. Tp sekarag pipi dah gak ada. Yg tersisa hanya anak-anaknya pi.Insyaallah La bakal jaga adek walaupun maaf Pi La sibuk kuliah, kerja, latihan sampe suatu ketika si Yusuf hafal kalau La sibuk, padahal dia butuh temen main. LA juga pengen selalu bisa nemenin main, ngajak jalan. Tp La mau Ibu gak mikirin masalah uang saku atau uang kuliah La. Biar uang yang tersisa buat sekolah ucup aja.
La sampai gak haid pi saking capeknya, karena setiap La merantau Haidnya La selalu lancar. Tp dijogja enggak.
Dan pi di Sumbar ini La udah mewujudkan mimpi La untuk duduk sendirian menikmati pinggiran pantai jauh dari banyak orang tanpa sepengetahuan rombongan juga saat di pesisir selatan. Saat itu pikiran La plong karena deburan ombak kecil seakan menghipnotis dengan anginnya yang berbisikn "lihatlah aku, dan lupakan sejenak beban yang ada di pundakmu"Pi, 17 februari nanti adalah 1000 hari setelah kau tinggalkan buana ini. Dan bentar lagi Ramadhan dan hari raya. La gak ada niatan beli baju baru. La cuma mau pakai dress hitam. Karena moment special lebaran sudah hilang. Moment saat ramadhan yang biasanya Pipi ngisi ceramah disana kemari. Sampe La liat jadwal kalau pipi isi ceramah di masjid dekat rumah, pasti La bakal wanti-wanti Pipi supaya gak panjang saat ceramah. Dan sering dari kejauhan La bakal kssih kode buat segera di selesaikan ceramahnya. Menjadi anak Pipi memang gak mudah karena Pipi dikenal banyak orang karena kebaikan dan imannya. Sedangkan putrimu ini sedang berusaha untuk menjadi putri kecil yang sholihah.
Terkadang La menyesal saat La tidak mengiyakan perjodohan yang Pipi rencanakan, La saat itu masih 18, dan laki laki itu sudah mapan dan tampan katamu, tp La baru tamatan SMA yang berambisi study abroad dan karena La juga gak tahu kalau gak lama kemudian Pipi pergi dan mimpi pipi melihat salah satu anaknya menikah tidak terkabul.
Pipi dukung La ke Kuwait, tp pipi Pergi, bahkan La mau ke malaysia aja Ibu gak ijinin. Jadi maaf Pi La akhirnya memutuskan untuk kuliah di tempat yang biasa tp Bella berambisi untuk menjadi mahasiswa yang luar biasa. Tp ternyata rasa bangga itu hampa.
Memang saat latihan capek, sakit, down tapi saat medali kudapatkan perasaan La biasa aja.
Besok La pulang kejogja Pi. La gak bawa oleh oleh karena banyak hal. Tapi La dapet ilmu bikin rendang, karena pipi gak ada jadi besok yang nyobain cuma ibu, mbk, mas ipar, ucup, sama temen La aja.
Sekarang La kalau rindu cuma bisa liat foto, kuburan, sama baca al fatihah. Bismillah ya Pi La bisa naikin Haji Mimi atau minimal umroh sekeluarga. Supaya La tahu keadaan mekkah gimana, jadi gak cuma pipi aja yang udah kesana.
La curiga Pipi banyak doa supaya La diberi ketabahan dan kekuatan lebih buat hadepin dunia yang semakin rusak ini. Makasih pipi.
Makasih Sumbar telah menghadirkan sosok ayah kembali walaupun secuil secuil dengan orang yang berbeda.
See youuSee you pipi di Jannah
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Tanpa Judul
RandomCurahan hati dan kerandoman anak tengah yang berusaha selalu kuat dalam setiap keadaan.