"Oke, izin ngelanjutin ya Len. Untuk kelas 3,air tersebut diperuntukkan untuk budidaya ikan air tawar, peternakan juga pertanian. Lalu terakhir untuk kelas 4,air ini cuma diperuntukkan buat mengairi pertanian aja," jawab Aqlan dengan teliti.
"Yey, jawaban kalian berdua benar. Pertanyaan kedua, apa hubungannya pembangunan perumahan dengan siklus hidrologi air? Menjawabnya gantian ya, sekarang giliran Aqlan yang pertama," tanya Freeya.
"Pembangunan perumahan dapat menyebabkan kurangnya penyerapan air oleh tanah atau dapat disebut dengan infiltrasi," Jawab Aqlan hati-hati.
"Lalu giliran kamu Valen. Jika cuaca kemarau berkepanjangan apa yang bakal terjadi terhadap siklus hidrologi air?" tanya Freeya.
"Kalo cuaca kemarau berkepanjangan ini dapat menyebabkan evaporasi atau penguapan air menjadi meningkat, dan terjadinya curah hujan yang tinggi," jawab Valen.
"Wah, jago-jago kali ya kalian," puji Freeya.
"Kamu lebih jago, karena kamu yang ngasih kami pertanyaan," jawab Valen.
"Frey, kamu mau dikasih pertanyaan juga? Kalo iya biar aku yang nanya ke kalian. Dua soal lagi tentang hidrologi lalu dilanjutkan dengan soal parameter kualitas air. Apa kalian berdua siap?" tanya Aqlan.
"Ya, kami berdua siap," jawab mereka serempak.
"Pertanyaan pertama, apa yang membedakan siklus hidrologi pendek dengan siklus hidrologi lainnya?" tanya Aqlan.
"Siklus hidrologi pendek tidak ada adveksi Lan," jawab kami serempak.
"Hahaha kalian ini ya, kompak sekali," gelak Aqlan
"Hehehe," ucap mereka berdua.
"Soal terakhir untuk hidrologi, apa itu kondensasi?" tanya Aqlan.
"Pembentukan awan Lan," lagi-lagi mereka menjawab dengan serempak.
"Oke, kita masuk pertanyaan tentang parameter kualitas air, are you ready friend?" tanya Aqlan bersemangat.
"Yes, i'm ready," jawab mereka bersemangat.
"Soal pertama, ini untuk kamu Frey. Apa itu BOD dan COD? Lalu apa pengaruhnya terhadap kualitas air?" tanya Aqlan.
"BOD (Biochemical Oxygen Demand) adalah jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan untuk mengoksidasikan bahan organik oleh mikroorganisme aerobik sehingga menjadi bentuk anorganik yang stabil. Kalo nilai BOD tinggi, maka tingkat pencemarannya juga tinggi. Biasanya ditandai dengan bau air yang tidak sedap dan terlihat sangat kotor. Lalu COD (Chemical Oxygen Demand) adalah banyaknya oksigen terlarut yang dibutuhkan untuk mengoksidasi senyawa organik dalam air. Dalam uji COD kita menggunakan bahan kimia oksidator kuat dalam media asam seperti menggunakan KMnO4 (Kalium permanganat) atau Kalium Dikromat. Nah kalo BOD dan COD tinggi maka oksigen terlarutnya rendah dan pencemaran air menjadi tinggi." jawab Freeya panjang lebar.
"Detail ya jawabannya. Soal kedua untuk Valen, apa itu Padatan Tersuspensi Total (TSS) dan apa aja contohnya?" tanya Aqlan.
"Total suspended solid atau padatan tersuspensi total (TSS) adalah residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2μm atau lebih besar dari ukuran partikel koloid. Yang termasuk TSS adalah lumpur, tanah liat, logam oksida, sulfida,ganggang, bakteri dan jamur." jawab Valen.
"Maa syaa Allah. Oke pertanyaan untuk Frey, apa yang mempengaruhi berat jenis?" tanya Aqlan lagi.
"Hal yang mempengaruhi berat jenis yaitu rekaman (pressure), kadar garam terlarut dalam air, kadar garam yang tersuspensi dalam air dan suhu," jawab Freeya.
"Oke pertanyaan selanjutnya untuk kamu ya Len, salah satu faktor kekentalan air antara lain adalah suhu. Apa hubungan suhu dengan kekentalan air?" tanya Aqlan.
"Faktor suhu sangat berpengaruh terhadap kekentalan air, jika suhu naik, maka kekentalan air akan menurun, sehingga kekentalan air pada suhu 0ºC dua kali lebih besar daripada suhu 25ºC pada keadaan faktor lainnya sama." jawab Valen.
"Oke, diskusi selesai. Len, tolong ya buat kesimpulan dari diskusi kita. Biar kita buat lagi mind map untuk parameter kualitas air ini. Bu Tuti juga dah nungguin," kata Aqlan.
"Oke siap bos," jawabku.
Aqlan POV
Kamu tahu tidak, aku sangat bahagia melihatmu bersemangat seperti ini. Ingin rasanya aku berbicara dan menyapamu lebih, ingin rasanya ku nyatakan perasaan ini. Hanya saja aku tak bisa, aku takut kamu kurang nyaman atau kita akan jadi canggung lagi. Aku menjauh bukan berarti aku tak mencintaimu, aku menjaga jarak bukan berarti aku tak sayang kamu. Aku bahagia karena bisa mencintaimu dan menyebut namamu dalam doaku. Hanya ini cara yang bisa ku lakukan untuk menyatakan cintaku untukmu kepada-Nya. Ya Allah, semoga cinta ini bisa membuatku dan dia menjadi lebih dekat dengan-Mu. Memelukmu dalam doa adalah caraku dalam mencintaimu, uhibbuki habibati jiddan jiddan.
Sesampainya di rumah, aku langsung mencari wanita kesayanganku. "Assalamu'alaikum umiku yang cantik," ujarku sambil menyalami tangannya.
"Wa'alaikumussalam Harith. Gimana sekolahnya tadi nak? Kayanya abang lagi bahagia nih, ada apa nih? Abang lagi jatuh cinta ya?" tanya umi sambil menggodaku.
"Alhamdulillah lancar umi. Iya mi, Harith lagi senang mi, tadi belajarnya seru banget mi, diskusi tadi seru kali umi. Jatuh cinta? Siapa yang jatuh cinta mi?" jawabku.
"Umi ini orang tua kamu, umi tahu bagaimana perasaan kamu. Kamu lagi jatuh cinta bukan? Sini jujur sama umi," tanya umi menginterogasi.
"Hm iya mi, abang ada suka sama teman sekelas, namanya Valen mi. Tapi abang ingin banget panggil dia Azzah," jawabku jujur.
"Azzah? Bukannya namanya Valen nak?" tanya umi bingung.
"Namanya lengkapnya Valencya Az-Zahra mi. Teman-teman di sekolah manggil dia Valen, tapi orang terdekatnya memanggilnya Azzah mi," jawabku menjelaskan.
"Maa syaa Allah, nama yang cantik," kata umi.
"Na'am mi. Aku suka dia karena sifat cueknya, dia tidak peduli ketika abang datang, padahal teman-temannya pada ribut mi, haha." kataku.
"Abang ini ya, dia pasti cantik dan baik ya nak," tutur umi.
"Iya mi, dibalik sifat cueknya ada sifat lemah lembut dan baik. Dibalik sifat kerasnya ada harinya sangat lunak. Gatau kenapa, hati abang tertuju ke dia mi. Abang bingung harus bagaimana mi. Kalo abang menyatakan cinta abang, abang takut dia kurang nyaman dan hubungan kami tambah menjauh mi,"kataku.
"Umi tahu bagaimana perasaan abang. Cinta itu hal yang fitrah, semua orang pasti pernah merasakannya. Hanya saja, menyatakan cinta sebelum halal itu dilarang nak. Kalo abang mau bilang ke dia bahwa abang suka dia, boleh nak. Hanya saja ada hal yang harus abang tanggung, seperti dia kurang nyaman atau kalian berbuat jauh dengan pacaran. Hanya itu nasehat umi buat abang, abang doakan saja dia, semoga dia sehat selalu dan dalam lindungan-Nya. Bila jodoh, pasti Allah dekatkan. Semangat anak umi," jawab umi.
"Abang bersyukur menjadi anak umi, umi bukan hanya orang tua buat abang. Umi juga bagai sahabat buat abang. Syukron umi, uhibbuki,"kataku.
"uhibbuka anakku sayang," jawab umi.
"Ya Allah, terima kasih karena Engkau telah menjadikannya sebagai umiku. Semoga kami sekeluarga bisa berkumpul di Jannah-Mu," batinku.
KAMU SEDANG MEMBACA
[RWM] Uhibbuki, Habibati : Anggun Fityatul Usna
RomanceOleh : @anggunfityatul "Hal yang melewatiku sudah pasti bukan takdirku, tetapi hal yang menjadi takdirku takkan pernah melewatiku". Sebuah goresan terpatri dalam sebuah buku lengkap dengan foto sang pujaan hati. "Aqlan Harith Ridauddin" atau kerap d...