Pas azan isya baru berkumandang, San udah langsung solat.
Yeosang yang ngeliat itu ngerasa heran, jadi pas roommate nya itu kelar solat, dia nanya, “Bukannya kalo solat harus nungguin azan beres dulu?”
“Kalo di mesjid iya, soalnya ga sopan lah. Lagian kalo ga lagi buru-buru, solat di mesjid mendingan berjamaah kan?”
Yeosang ngangguk-ngagguk paham. Setelah itu dia pun segera solat tanpa wudhu lagi soalnya masih punya wudhu yang abis magrib.
Dia ke kamar Seonghwa dan liat akangnya itu lagi asik main hape sambil rebahan.
“Udah solat belom kang?”
Seonghwa ga noleh. “Belom.”
“Solat gih, udah azan.”
“Tar aja.”
“Tapi kan solat itu diutamakan di awal waktu, ga boleh ditunda-tunda apalagi akang cuma maen hape doang bukan ada urusan penting apa-apa.”
“Solat isya pengecualian, lebih diutamakan diakhirkan.”
“Kok gitu?”
“Ga tau, dijelasin di dalilnya cuma gitu aja. Tapi kalo boleh gue tebak sih karena kalo makin malem kan makin ngantuk, jadi dilakuinnya pun lebih berat, jadi lebih gede deh pahalanya.”
“Tapi tadi San rajin banget loh kang, baru juga azan udah langsung solat.”
“Halah itu mah dianya aja yang pen tenang biar ga punya beban lagi.”
“Tapi ga salah kan?”
“Ya memang ga salah. Cuma beda keutamaan doang.”
“Oke makasih kang, kalo gitu gue juga mulai besok mo diakhirkan aja isya nya kalo ga berjamaah.”
Seonghwa ngacungin jempolnya.
Nambah lagi ilmunya Yeosang soal solat fardhu.
.
.
.
Besok malemnya abis solat magrib, Yeosang langsung tepar.
Pas udah jam delapan San bangunin, takutnya temen sekamarnya itu kebablasan sampe jam sahur. Kan kalo kek gitu ga cuma ketinggalan isya, tapi teraweh juga.
“Gue mo diakhirkan, kan lebih utama.” Yeosang setengah ngigo, matanya cuma ngebuka dikit.
San ga komentar lagi karena udah paham, jadi akhirnya dia sendiri juga tidur, biar besok sahur ga susah bangun.
Pas jam dua, Yeosang bangun. Tapi dia denger ada suara berisik dari dapur. Dia ke dapur buat cek dan ketemulah sama Wooyoung yang lagi nyuci beras.
Yeosang nguap. “Ga kecepetan apa lu masih jam segini udah mo nyangu (masak nasi)?”
“Gapapa, biar ada waktu buat masak yang lain juga. lu sendiri ngapain dah bangun?”
“Mo solat isya.”
“Hah?! Lu belom solat isya?! Ngapain aja lu semalem? Sampe kebablasan gini.”
“Kan solat isya diuatamakan diakhirkan.”
“Ya ga pas udah ganti hari juga cuy.”
“Batasan solat itu azan berikutnya kan? Berarti batas isya itu azan subuh?”
Wooyoung nepok jidat atas kepolosan temennya. Ketidaktahuan sih lebih tepatnya. Jadi dia bisa lebih maklum, meski tetep aja ga abis thinking. “Kalo buat isya itu batasnya seperempat malam yang setengahnya.”
“Ngitungnya gimana itu?”
“Intinya batasnya jam sebelas.”
“Oh, oke. Sorry gue ga tau.” :’)
“Yodah buruan solat sana, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.”
“Gue dosa dong solat lewat batas?” :’D
“Lu kan ga tau, insya Allah diampuni.”
“Oke gue solat dulu.”
“Abis solat tar bantuin gue ya.”
“Loh kok gue?” Yeosang ga terima.
“Ya soalnya kan lu dah bangun, jadi sekalian aja.”
“Awrite.” Setelah ngomong gitu Yeosang pun berlalu.
Wooyoung geleng-geleng kepala. “Udah kek mo tahajud aja bangun jam segini buat solat. Ga taunya belom solat isya.”
Pas jam sahur, Yeosang nyalahin Seonghwa.
“Kok jadi gue?” Seonghwa ga terima, padahal dia udah ngasih tau ilmu yang bener.
“Akang sih ga bilang kalo batasnya jam sebelas!”
“Ya lu ga nanya.”
“Menurut akang, gue yang baru belajar ini bakalan tau ga kira-kira?”
“Ga kepikiran.”
“Sudah sudah jan berteman, bertengkar saja,” Yunho ngomporin.
“Teu baleg (ga bener),” komentar Mingi.
“Makanya, udah paling bener itu solat isya ama traweh di mesjid berjamaah,” kata Hongjoong.
“Iya, mesjid deket banget ini ga sampe sekilo, ckckck,” timpal Jongho.
Mereka pun sahur dengan keributan, kek biasa.
Shout out
KAMU SEDANG MEMBACA
As Good As Gold ⚱ ATEEZ [⏹]
FanficCuma cerita humor garing yang dibumbui sedikit deep convo Kedelapan member akan membantu mengedukasi ⚠May contains sensitive topic you'd be slapped #72 out of 186 minyun ©2021, ichinisan1-3