Yang bikin gue tersinggung, tuh, dia langsung cabut gitu aja. Nggak pamit, atau gimana ama gue. Begitu ngelihat Bagas keluar dari kamar gue Cuma andukan doang nanyain celana dalamnya, dia ngeliatin gue dengan jijik, habis itu tancap gas. Serius. Gue sakit hati banget. Rasanya kayak dikatain lonte depan muka gue. Padahal, apa urusannya sama dia? Pacar gue juga bukan, datang nggak bilang-bilang, kenapa dia mesti bersikap seolah gue ngehianatin dia?
"Maafin gue ya, Tam?" kata Bagas nggak enakan. Dia ngikutin gue ke dalam setelah gue berhasil nahan air mata. "Gue nggak tahu lu ada tamu. Kok lu nggak bilang-bilang? Kan gue bisa sembunyi di dalam."
"Gue bilang, ya, Kunyuk. Tapi lu mandi kayak orang utan, aer gue sebak lu guyur semua ke badan lu, makanya lu nggak denger. Ya udah ah biarin aja. Emang dia siapa? Dia kan nggak berhak bersikap kayak gitu ke gue. Lu lihat nggak cara dia ngeliatin gue tadi? Kayak jijik gitu. Gue sakit hati banget sialan!"
"Mungkin bukan jijik, Tam. Dia kaget aja kali, atau... dia justru ngerasa... emang justru dia yang kudu pergi. Ngerasa ganggu, atau gimana... gitu? Tam... lu nggak apa-apa?"
"Nggak apa-apa," kata gue sambil berpaling. "Udah lu balik aja sono. Gue mau kerja aja habis ini."
Habis ngomong gitu, gue ngeloyor ke kamar mandi. Nangis. Gue baru sadar saat itu, gue bahkan belum nangis setelah putus sama Ari. Gue berhak nangis, kan? Meski mantan gue bajingan? Gara-gara chat-chat dia itu gue nggak sempat nangis. Dia udah ngisi hari-hari gue dengan canda tawa. Hari kedua setelah kami mulai intens chat, setiap kali gue bangun, hal pertama yang gue cek adalah WA. Bukan email kerjaan, atau yang lain. WA juga yang gue cari nama dia. Sebelum gue bangun, dia pasti udah bangun dan nyapa. Gue ngerasa dia baik banget ama gue. Nggak nyangka aja reaksinya ke gue kayak gitu.
Emang sebaik-baik apa sih cowok itu sampai dia ngerasa pantas minggat gitu aja dari hadapan gue? Kalaupun dia kecewa, kan dia bisa nunggu gue jelasin, atau apa. Dia juga tahu siapa Bagas. Udah dua kali mereka ketemu dan gue udah pernah bilang Bagas deket ama gue. Kalau emang dia niatnya baik ke gue, dia bisa aja kan positive thinking ke gue. Meskipun emang gue ngewe ama Bagas, itu kan lain cerita.
Gue ampe terisak-isak di kamar mandi. Ngerasa harga diri gue diinjak-injak banget. Ampe gue sempat ngucap, gue nggak mau kenal dia lagi. Pagi itu gue mandi sebersih-bersihnya. Saat gue keluar, Bagas udah pulang. Gue duduk termangu di tepi ranjang, setengah telanjang, ngelamun aja kayak orang habis diludahin mukanya tapi nggak sempet ngebales. Dongkol, kesel, marah, campur aduk jadi satu. Air mata gue netes lagi. Gue hapus air mata itu saat gue denger handphone gue bunyi.
Dia WA gue, dong.
Tam...
Gitu doang,
Langsung gue blok nomornya.
Siang itu gue ke apartemen Mbak Dini, nyerahin kerjaan. Cewek itu langsung tahu ada yang nggak beres ama gue. Gue cerita ke dia sambil nangis. Gue tuh nggak ada banyak temen deket. Keluarga gue jauh. Kakak-kakak gue udah pada nikah semua, punya keluarga sendiri. Gue nggak ada tempat buat ngadu. Ada sih adek gue, tapi masa sih gue mau cerita begituan ke keluarga? Yang ada mereka malah tahu lagi kelakuan gue kayak gimana.
Pokoknya gue nyesek banget sampe lemes.
"Lu suka ama dia?" tanya Mbak Dini.
Gue menggeleng. "Gue sakit ati, Mbak. Emang gue mesti suka dulu ama orangnya kalau mau sakit ati?"
Bos gue yang udah menjanda beberapa tahun itu malah nanya balik ke gue. "Yah... misal orang itu bukan dia... lu bakal sekesel ini enggak?"
"Nggak lah kalau suka, baru juga kenal."
"Tapi nyaman?" selidiknya.
"Mungkin... gue ngerasa ada tempat ngalihin perasaan sedih aja ke dia kali. Habis hubungan gue kandas sama Ari, gue belum marah, ngamuk, atau ngelampiasin rasa sakit gue ke apapun, atau siapapun. Bagaimanapun... gue pernah punya masa-masa yang indah sama Ari. Hanya karena gue udah tahu beberapa waktu sebelumnya endingnya bakal gini, tetep aja gue butuh waktu buat meratapi nasib percintaan gue, kan?"