Kesalahan dalam memahami tawakkal

1 0 0
                                    

Contoh salah dalam memahami tawakkal adalah seseorang tidak melakukan tawakkalnya kepada Allah melainkan pada sebab-sebab tertentu. Maka pelakunya telah salah dalam bertawakkal. Seperti bersandar pada dokter atau obat untuk kesembuhannya, bergantung pada bosnya, gaji, dan lainnya.

Orang yang melakukan hal ini adalah orang sibuk dengan dunia dan tidak menuntut ilmu agama, sehingga ia salah dalam melakukan tawakkal. Namun bila kita menyandarkan diri saja dan tidak melakukan usaha atau ikhtiar, perbuatan juga kurang tepat. Karenanya harus ada keseimbangan antara tawakkal dan ikhtiar, sebagaimana huku sebab-akibat.

Tawakkal Terlarang

A. Jimat

Memakai jimat sebagaimana yang kita ketahui bersama adalah suatu bentuk kesyirikan. Termasuk diantaranya menggantung-gantung atau memajang benda karena suatu kepercayaan. Seseorang yang meninggal dengan memakai jimat, ia tak akan beruntung selama-lamanya. Barangsiapa yang bertawakkal kepada jimat, ia telah terjerumus dalam dosa kesyirikan.

B. Tathoyyur

Tathoyyur adalah diantara ebntuk tawakkal yang terlarang. Menganggap keberuntungan dan eksialan berdasarkan suatu benda/hewan/sebab-sebab tertentu. Perkara ini terbilang aneh dan tidak logis.

C. Ujub

Ujub adalah bentuk tawakkal pada diri sendiri. Padahal yang menentukan keberhasilan adalah Allah ﷻ.

UFA Class: Silsilah Amalan HatiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang