Secara etimologi (bahasa), ikhlas artinya murni. Seseorang memurnikan ibadahnya kepada Allah semata tanpa mencampurnya dengan yang lain (mengharap pujian atau akuan manusia). Allah tidak mau diduakan, disamakan, ataupun disyarikatkan. Siapa yang beramal dengan menyekutukan Allah, dia akan ditinggalkan Allah (artinya Allah berlepas diri dari pelakunya).
Sebagian Salaf mengartikan ikhlas yakni engkau tidak mengharapkan dari amalanmu saksi selain Allah, dan balasan selain dari Allah.
Ikhlas harus ada dalam segala ibadah, termasuk dalam menuntut ilmu karena menuntut ilmu termasuk dalam ibadah. Juga dalam berbakti kepada orangtua, tidak perlu kita ceritakan pada orang lain. Dalam berdakwah juga harus menyeru kepada Allah, bukan karena yayasan, grup, pondok, dan lain-lain. Harus untuk Allah saja.
Faedah ikhlas:
1. orang yang ikhlas dia insyaAllah terjaga dari fitnah wanita, sebagiamana kisah Nabi Yusuf.
2. orang yang ikhlas mendapat naungan dari Allah pada hari dimana matahari jaraknya satu mil. Yakni 7 golongan yang mendapat naungan Allah diantaranya orang yang ikhlas dalam bersedekah.
3. orang yang ikhlas, amalan-amalan duniawi yang dikerjakannya pun bisa berpahala karna niatnya yang ikhlas.
4. seseorang yang berniat tulus dan ikhlas, niatnya akan di kabulkan Allah.
5. ikhlas merupakan sebab dikabulkannya do'a
6. semakin ikhlas seseorang maka semakin banyak pula pahalanya. Caranya yakni seseorang berusaha untuk menyembunyikan amalannya. Sehingga makin ikhlas ia dalam beramal. Hadist yang diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam al-Kabir Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Allah tabaroka wa ta'ala."
Bahkan, shalat sunnah 2 rakaat yang dilakukan tersembunyi atau tidak terlihat oleh orang, pahalanya 25 kali lipat lebih besar daripada yang shalatnya terlihat orang lain. Ini karna niat kita lebih terjaga untuk ikhlas saat tak ada yang melihat kita ibadah.
7. orang yang paling bahagia mendapat syafaat Nabi adalah yang paling tinggi keikhlasannya dalam mengucapkan "Laa ilaaha illallah". Semakin kita tidak berharap pujian orang lain, dilihat orang lain, insyaaAllah kita bisa makin ikhlas.
8. meraih kebahagiaan. Sumber kebahagiaan ada 2, yaitu ikhlas dan berbuat baik kepada hamba-hamba Allah Ta'ala.
9. orang yang ikhlas, tegar dalam ibadahnya. Sedekahnya tidak putus, shalat malamnya juga. Bila ia mendapat cobaan, maka ia bersabar.
10. ikhlas membersihkan kita dan membentengi dari hasad, dengki, dendam, dan penyakit hati lainnya. Dalam hadist Nabi tentang 3 amalan yang bila dilakukan seseorang maka dihatinya tidak akan mengalami penyakit hati salah satunya adalah mengikhlaskan ibadah kepada Allah. Untuk apa dia hasad, dengki, ia ikhlaskan semua kepada Allah. Kalau ada yang mudah hasad, berarti ada yang salah dengan keikhlasannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
UFA Class: Silsilah Amalan Hati
NonfiksiAmalan hati itu adalah amalan yang terus menerus, seperti ikhlas, qona'ah, tawakkal, dan takut kepada Allah. Maka ini terjadi terus menerus. Sementara amalan badan ada batasannya seperti shalat. Bila shalatnya selesai maka selesai pula amalannya. B...