Pengalaman ku

47 5 0
                                    

Hallo makasihh yaa yg udah baca dan ninggalin jejak di cerita sebelumnya seneng deh hehe :)

🌻✨
..........
Okei guys aku mau mau cerita kalo aku ini masuk program studi diploma 3 kebidanan atau istilah nya prodi D3 kebidanan ya. Di jurusan ku itu hanya kuliah sekitar 3 taun aja ya, jadi hanya 6 semester perkuliahan. Nah bedanya dengan S1, kalo S1 itu kuliahnya 4 tahun atau 8 semester habis lulus S1 harus lanjut profesi bidan jadi karna aku baru D3 besok harus kuliah lagi untuk alih jenjang S1 dan profesinya.

Selain itu bedanya S1 sama D3 apa kak? Bedanya dari segi praktek ya, D3 banyak prakteknya dibandingkan S1 kemudian kalo D3 itu langsung pegang pasien sementara S1 lebih banyak praktik pandang jadi gak heran kalo lagi praktek di RS anak² D3 jauh lebih sat set dibandingkan anak² S1 yaa karna mereka udah biasa nanganin itu jadi bukan hal yg baru buat mereka.

D3 katanya gak bisa buka praktek mandiri dirumah ya?
Iyaa mulai tahun 2026 yg boleh buka praktek sendiri itu mahasiswa kebidanan yg jurusan S1, terus pada prosesnya juga harus 2 tangan ya.
Maksudnya 2 tangan itu harus 2 orang bidan yg membantu persalinan tujuannya untuk meminimalisir takut² ada kegawatdaruratan, terus kalo 2 kan bisa yg satu ngurusin ibunya, satunya ngurus bayinya.

Setelah lulus bisa langsung kerja gak?
Mulai tahun 2020 kemarin kelulusan ditentukan dengan ujian ukom ya teman-teman. Ujian ukom itu ujian nasionalnya anak² nakes yg mau lulus, jadi kalian nantinya setelah ujian las atau sidang KTI / Skripsi itu harus ukom dulu, setelah ukom nya lulus dinyatakan kompeten baru bisa diwisuda. Kalo S1 gaada ukom ya teman-teman mereka ukomnya habis profesi, jadi lulus S1 wisuda lanjut profesi wajib ukom dulu. Denger² taun ini ukomnya untuk seumur hidup Alhamdulillah kan gak kaya dulu bidan wajib ukom 5 tahun sekali.

Nah dari ukom itu nantinya kita bisa dapet STR ( surat tanda registrasi) kalian udah dinilai kompeten dan diakui keberadaanya oleh negara kalian juga punya perlindungan hukum dari str itu, karna kalo gak punya str artinya kalian ilegal pada praktek nya.

🌻🌻🌻
Ohiyaa guys gue mau cerita kalo gw udah sidang kemarin, udah lumayan lama sih 1 bulan yg lalu.

🌻🌻🌻Ohiyaa guys gue mau cerita kalo gw udah sidang kemarin, udah lumayan lama sih 1 bulan yg lalu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Alhamdulillah kemarin gw sidang pertama disusul temen gw karna waktu itu sehari 2 orang yg sidang.

Banyak banget suka dukanya pas kemarin sidang, terutama dalam penyusunan tugas akhir. Tapi Alhamdulillah dibanding temen² gue yg lain KTI gue termasuk yg paling cepet karna sebulan sebelum sidang punya gue udah selesai. Itulah kenapa kita kudu sat set kerjanya yaa, disaat orang lain santai² leha-leha main karna waktunya masih lama, kita mah gass aja kerjain terus kan nanti diakhir yg lain lagi pusing-pusingnya punya kita udah selesai.

🌻🌻🌻
Jadi ceritanya waktu disuruh ngumpulin judul untuk tugas akhir gue tuh langsung garcep nyari data terus pas praktik di RSUD Cilacap sekalian tuh sambil nyari pasien buat penelitian. Pas Konsul juga gitu, pokoknya besok kalian harus rajin2 Konsul aja ya kek gue gitu wkwk..
Seminggu gue bisa 3 kalo Konsul makannya ga aneh punya gue KTI nya udah beres duluan jadi gue bisa fokus ke ukom Alhamdulilah.

Tapi tentunya gak gampang juga buat ngerjain KTI itu, gue perlu begadang, perlu nahan diri buat serius ngerjain tugas akhir itu pokonya fokus dan sabar. Gue inget banget waktu itu habis subuh ngerjain tuh KTI nyampe duhur, ehh pas dzuhurnya mau gue save gak bisa tiba2 laptop gue mati, dan kalian tau apa yg terjadi??
Yess, laporan yg udah gue kerjain ilang bener2 ilang semua gue musti ngerjain itu dari awal lagi, dan kejadian gak ke save itu 2 kalo gue alamin wkwk emang dasar gue ya, makannya besok kalian kudu buru2 di save ya buru2 di save ke google Drive atau perlu kirim ke grup wa keluarga itu jauh lebih aman Hhaha..

Soalnya gue ngalamin juga 2 kali mau print ternyata flashdisk kena virus dari komputer yg ada di fotocopian kan menangis gue mana udah capek2 kudu balik lagi ke kos buat ambil laptopnya, belum lagi laptopnya malah ikut mati apa gak mending gue ikut mati aja sekalian wkwkk jangan Deng hussh gapapa itu ujin harap bersabar hehee.

Pokoknya besok kalian kalo mau nyusun tugas akhir banyak2 sabar aja yaa siapin laptop nya di service dulu, flashdisk ya kudu punya paling ga 2 biar aman, habis ngerjain buru save google Drive. Itu aja sihh selebihnya banyak² berdoa, perbaiki hubungan sama semua orang terutama orang tua, asliii doa ibu tuh manjur banget buat kelancaran hidup kita asekkk tapi bener loh, makannya berbuat baik selalu sama orang tua yaa terutama ibu.

Ohiyaa yg ada masalah sama dosen juga perbaiki dan buru² selesaikan masalahnya ya buat semuanya enak aja ngerjainnya dan pastinya lancar okee.. semangatt buat kalian calon² bidan muda❤️

Kuliah KebidananTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang