Ada dua jenis vampire dalam dunia Vampire Academy ciptaan Richelle Mead ini, Moroi dan Strigoi. Kedua kaum vampire yang digunakan pengarang sebagai elemen dasar dalam kisahnya ini berasal dari cerita-cerita rakyat Rumania.
Moroi adalah vampire baik berdarah murni (Pure blood) yang masih 'hidup' (masih bernafas) dan memiliki kemampuan elemen sihir (seperti bumi, api, tanah, dan udara) yang mengaliri darah mereka. Mereka dilahirkan dan bisa mati ataupun sakit, dan lemah bila terkena sinar matahari.
Moroi punya dunianya sendiri. Mereka dipimpin oleh seorang ratu dan hidup dengan menyembunyikan keberadaan mereka dari manusia. Dan mereka juga di bagi dalam dua kasta, keluarga bangsawan (Royal) dan keluarga biasa (Non-royal).
Walaupun menyembunyikan keberadaan mereka, Moroi tetap dapat pasokan darah dari para manusia. Moroi menyebut mereka feeder. Para feeder ini rela memberikan darah mereka karena tergoda oleh gigitan para vampire yang mengandung morfin. Kesimpulannya, para feeder ini senang atas semua kenikmatan yang didapatkan dari setiap gigitan vampire, semacam kecanduan narkoba.
Meskipun memiliki kekuatan sihir, kaum Moroi tidak pernah menggunakannya untuk mempertahankan diri mereka, bisa dikatakan mereka tidak tahu cara menggunakan atau mengendalikan kekuatan mereka dan jika terlalu sering mereka menggunakan sihir maka semakin sering mereka membutuhkan darah.
Para Moroi tidak pernah menggunakan sihir mereka untuk bertarung. Penggunaan sihir untuk bertarung dan semacam kekerasan dilanggar dalam dunia Moroi. Oleh karena itu, kebanyakan para Moroi, terutama bangsawan Moroi, biasanya mempunyai Novis Guardian untuk melindungi mereka dari hal yang tidak diinginkan.
Moroi adalah kaum vampire yang lemah, yang tak mampu melindungi diri mereka sendiri. Dan di situlah Dhampir muncul, sebagai pelindung bagi Moroi.
Dhampir lahir dari perpaduan Moroi dan manusia atau Moroi dengan Dhampir. Dhampir memiliki setengah gen manusia dan setengah gen vampire, dan itu membuat ras yang satu ini sangat cocok berperan sebagai pelindung Moroi. Karena meskipun Dhampir tidak memiliki kekuatan sihir seperti Moroi, mereka adalah petarung yang tangguh.
Dhampir memperoleh kelebihan yang dimiliki oleh gen manusia dan gen vampire. Indra dan gerak refleks yang cepat, kekuatan dan daya tahan tubuh melebihi manusia, dan yang terutama mereka bebas bergerak di siang hari dan ketiadaan hasrat akan darah untuk makanan berkelanjutan hidup mereka. Mereka bahkan bisa memakan makanan manusia pada umumnya.
Namun sayangnya, Dhampir tidak bisa dilahirkan dari perkawinan sesama Dhampir atau dengan manusia karena adanya kelainan genetik. Dan itu menjadikan Moroi sebagai satu-satunya pilihan yang tersedia bagi mereka untuk diproduksi. Garis keturunan Dhampir ikut berakhir jika kaum Moroi tamat di tangan Strigoi, sehingga para Dhampir pun dengan sepenuh hati mengabdikan hidup mereka sebagai pelindung Moroi.
Sementara Strigoi adalah mesin pembunuh yang telah menjual jiwa mereka demi kehidupan abadi. Seperti vampire yang kita ketahui selama ini, Strigoi adalah makhluk malam yang haus darah, berbeda dengan Moroi yang masih dapat menoleransi porsi kecil dari paparan sinar matahari. Tubuh Strigoi akan terbakar jika terkena sinar matahari.
Strigoi merupakan vampire jahat yang sudah 'mati', dan meskipun tidak memiliki kekuatan sihir, kekuatan fisik mereka sangat luar biasa kuat dan menakutkan.
Gigitan Strigoi akan mengubah manusia, Dhampir ataupun Moroi menjadi Strigoi. Moroi juga bisa berubah menjadi Strigoi jika mereka membunuh manusia di saat mereka menghisap darah manusia tersebut.
Strigoi sendiri mendedikasikan hidup mereka dengan memburu setiap keturunan Moroi karena mereka mengincar darah Moroi. kaum Moroi akan membuat Strigoi menjadi lebih kuat dan mempertahankan keabadian mereka lebih lama.
Dan karena itulah jumlah kaum Moroi pun semakin menipis. Kaum Moroi tidak cukup kuat untuk melindungi diri mereka, bahkan Dhampir sekalipun memerlukan usaha keras dan masa pelatihan yang lama untuk membunuh satu Strigoi.
Untuk tujuan itulah, sekolah-sekolah seperti Akademi St. Vladimir didirikan di tempat-tempat yang tersembunyi dari pandangan manusia dan Strigoi.
Di Akademi itu, para Dhampir muda akan digembleng dengan sejumlah pelatihan keras yang tujuan akhirnya hanya satu, menjadi Novis Guardian dan membunuh Strigoi sebanyak mungkin. Sementara Moroi akan mempelajari cara menggunakan dan mengendalikan elemen sihir mereka.
Buat yg belum tau latar dan semua isinya gw dapet dr salah satu novel karya Richelle mead berjudul Vampire academy ya seri nya ada 6 dan udh gw baca semua dulu:) walau agak lupa2 ingat yaa..
tp ceritanya gw buat ulang kok gak sesuai sama novelnya hehe yg mau tau cerita aslinya boleh dibaca sndiri aja yaa..
Atau mungkin film nya atau drama nya jga ada..
KAMU SEDANG MEMBACA
Vampire Academy [St. Vladimir][Jaywon][Enhypen]
VampireSELAMAT DATANG DI ACADEMY ST. VLADIMIR Dibalik gerbang kokoh Akademi St. Vladimir terdapat rahasia besar. Akademi tersebut bukan sekolah berasrama biasa. Di tempat itu para vampire Moroi di didik dengan ilmu sihir, sementara para Dhampir-makhluk set...