Hallo this Shemakbelukar
Welcome to Rowani World
Jangan lupa untuk pencet Bintang nya yah kakaakk😘😘
••••®®®®••••
Beberapa jenis daun Rowani ambil untuk di oles ke luka di kaki sang ayah, dedauwan itu di tumbuh kemudian di tempelkan kepada luka adat luka tersebut lekas kering.
Setelah selesai mengobati sang ayah di bantu inu, Rowani beranjak duduk agak berjarak dengan ayah tetapiasih di depan pria tua itu.
"Manolah ayah kanduang badan diri, buliah ko Rowani batanyo?"
(Ayah, boleh Rowani bertanya?)
Rowani angkat bicara dengan penuh hati-hati.)Ayah tampak mengangguk, pertanda ia membolehkan putri sulungnya itu untuk bertanya.
"Satantang kato ayah sabalunyo, satantang badan Rowani Iyo ka di jodohkan. Lorong kapado nan bak kian, ado ciek nan marusuah."
(Tentang perkataan ayah sebelumnya, tentang Rowani yang akan di jodohkan, tentang itu ada sedikit yang bikin Rowani cemas)Rowani menjeda sejenak kalimatnya, kepala yang semula tertunduk kini di tegakkan guna menatap sang ayah yang kini tengah menunggu kalimat Rowani selanjutnya.
"Siapo kironyo nan ka manjadi junjuangan badan diri?"
(Siapa yang akan menjadi suami Rowani?)"Jikok itu nan anak tanyokan."
(Jika itu yang anak tanyakan)Ayah berhenti sejenak berbicara, pria tua itu menggeser duduknya dengan susah payah menghindari nyeri di kakinya yang terluka.
"Anak ka ayah jodohkan, Iyo jo badan Sutan Pamuncak, Iyo bujang kaminakan badan di ayah."
(Anak akan ayah jodohkan, dengan Sutan Pamuncak, keponakan ayah.)Mendengar nama itu terkejut sudah Siti Rowani, gadis itu bahkan menatap sang ibu dengan tatapan tak habis pikir, tetapi perempuan yang tidak lagi mudah itu hanya mengangguk.
"Ondeh ayah, apo ko Rowani indak salah danga? Badan ka ayah jodohkan iyo jo badan Sutan Pamuncak? Pareman gadang dalam nagari, Hobi ma adu ayam jo ba judi, indak pandai ma makai sopan jo santun, nan ka surau sakali balun, indak pandai sumbayang jo mangaji."
(Ayah, apa Rowani gak salah dengar? Rowani akan ayah jodohkan dengan Sutan Pamuncak? Preman besar di negri ini, Hobi mengadu ayam dan berjudi, tidak punya sopan dan santun, tidak pernah ke mesjid, tidak pandai sholat dan mengaji.)Benar, Sutan Pamuncak bukanlah pemuda yang baik. Masyarakat kampung ini sudah tau siapa Sutan Pamuncak, pemuda kaya yang tidak punya adab dan bertindak sesuka hati di daerah sini.
"Siti Rowani! Usah sarupo itu bana kalimaik mancacek urang! Apo diri kau alah elok sa elok nyo? Mangko sarupo itu bana kato-kato?"
(Siti Rowani! Jangam keterlaluan kamu! Apa kamu merasa diri kamu sudah paling baik? Mangkanya kamu segitunya mulutnya?)Ibu angkat bicara, perempuan itu marah padan putri sulungnya atas kalimat-kalimat yang Rowani keluarkan untuk mendeskripsikan Sutan Pamuncak.
"Ampun Rowani di Mandeh jo ayah, tapi, bukan ko ayah jo mandeh tau? Kalau apo nan Rowani katokan sabalunyo adolah kabanarannyo?"
(Maafkan Rowani ibu dan ayah, tapi, bukankah ayah dan ibu tau? Kalau apa yang Rowani bilang sebelumnya adalah kebenarannya?)Rowani kembali menunduk, dia bukan tipe anak yang keras kepala yang suka bersitegang dengan kedua orangtuanya.
"Indak ado caro lain Rowani, hutang ayah jo mandeh alah ta lampau banyak lorong kapado anak bujang Sutan Pamuncak nak. Paham lah anak tantang itu."
(Tidak ada cara lain Rowani, hutang ayah dan ibu sudah terlalu banyak kepada bujang Sutan Pamuncak. Pahamlah Rowani.)
KAMU SEDANG MEMBACA
Siti Rowani || A Minangkabau Stroy
RandomMinangkabau, Tanah yang kental akan Adat. Sekali tidak, tetap tidak selamanya. Itulah aturan adat mereka. Melanggar? Hukuman yang akan di terima. Masyarakat Minangkabau tidak punya marga tetapi mereka punya suku, sesuku itu berarti bersaudara. Lalu...