Bab 8 : Hari bebas

127 117 4
                                    


Relino bangun keesokan paginya, lebih segar dari yang dia rasakan selama ini. Berbalik, dia menyadari bahwa Klena sudah bangun dari tempat tidur dan memulai hari lebih dulu. Secara mental mempersiapkan dirinya untuk keluar dari kasur pinjamannya, dia merentangkan tangannya dan berjalan dengan hati-hati ke dapur.

Relino melihat ibu Klena di sofa, sedang membaca buku.

“Selamat pagi, Relino. Bagaimana tidurmu?” dia bertanya dengan ramah sambil meletakkan bukunya di atas meja.

“Sangat pulas, terima kasih,” jawab Relino sambil tersenyum.

"Saya senang. Apakah kamu mau sarapan?”.

Relino mengangguk malu-malu, dan Ibu Klena aka Lina bangkit dari sofa, bergerak untuk mulai membuat sarapan untuk teman putrinya.

“Klena sedang dalam shift kerjanya sekarang,” jelasnya sambil memeriksa waktu sebentar. “Sebenarnya, dia mungkin akan segera kembali.”.

Relino mengangguk sambil memeriksa waktu juga.

jam 10 pagi.

Dia tidak percaya, matanya kembali menatap jam microwave untuk memastikan dia tidak salah membaca angkanya.

jam 10 pagi?!

Dia bukan hanya tidur selama hampir 12 jam, tetapi juga tidur tanpa gangguan.

“Maaf… bukankah kita ada sekolah hari ini?”Relino bertanya, padahal dia tidak mungkin bisa pergi ke sekolah sekarang.

Ibu Klena menggelengkan kepalanya, “Aku sudah menghubungi sekolahmu dan Klena untuk memberi tahu mereka bahwa kamu tidak akan masuk hari ini.”.

Relino berterima kasih kepada Ibu Klena, senang dia bisa mendapat hari libur untuk menenangkan diri sebelum menghadapi orang banyak seperti biasanya. Ibu Klena aka Lina sesekali melirik ke arah anak laki-laki itu sementara dia membuatkannya sarapan yang terlambat, menyadari ketegangan di bahu Relino.

“Kamu bisa tinggal di sini selama yang kamu butuhkan. Itu berlaku untuk sekolah dan tempat untuk tidur.”

Relino menghela nafas lega, “Terima kasih banyak, Tante, dan maaf telah mengganggu.”.

“Kamu tidak pernah menjadi pengganggu dalam rumah ini.”. Jawab Ibu Klena  sambil menyajikan sepiring makanan untuk Relino saat dia duduk di hadapannya di atas meja.

Relino tersenyum penuh terima kasih dan mulai makan.

“Relino?” Panggil ibu klena.

“Mm?” Hiroto bertanya.

“Terima kasih telah berteman dengan Klena. Dia tidak pernah benar-benar memilikinya karena dia mengalami banyak kesulitan dalam bersosialisasi.”Ucap ibu Klena.

Relino dengan malu-malu mengangguk, “Klena adalah teman yang baik, jadi sayang sekali tidak ada yang mencoba mengenalnya di masa lalu.”.

Lina (ibu Klena) tersenyum, dan beberapa detik kemudian, Klena muncul di depan pintu, setelah pulang kerja.

"Hai ibu. Hai, Relino.” Sapa Klena sambil melepas sepatunya.

Relino melambai menyambut, dan Lina berkata, “Hai Klena. Bagaimana pekerjaanmu?”.

“Baik seperti biasa,” jawab Klena saat Lina berdiri untuk membuatkan teh untuk mereka berdua.

“Bagus, sayang,” komentar Lina.

Beberapa menit kemudian, tanpa suara dia meletakkan dua cangkir teh hijau di meja makan, satu untuk putrinya dan satu lagi untuk temannya.

“Baiklah teman-teman, saya harus pergi ke dokter hewan lalu bekerja. Aku tidak akan kembali sampai nanti malam, jadi Klena, buatkan Relino sesuatu yang enak untuk makan malam, oke?”. Kata Lina sambil berusaha mengajak kucing yang berjalan mendekati Klena untuk ikut bersamanya.

Klena mengangguk ketika ibunya menggendong kucing itu dan mulai berjalan menuju mobil, menutup pintu di belakangnya.

Sebagian besar keheningan terjadi di apartemen saat Klena mengaduk tehnya dengan sendok sampai dia berkata:

“Apakah kamu memerlukan sesuatu untuk punggungmu?”.

Relino berhenti sejenak sebelum berkata, “Apakah kamu punya obat?”.

Klena mengangguk dan berdiri dari tempat duduknya, mengobrak-abrik lemari. Akhirnya, dia menemukan Ibuprofen dan menyerahkannya kepada Relino, dan mendapat sedikit ucapan terima kasih.

“Apakah kamu ingin salep untuk pipimu?”.

Relino mengangguk, tidak akan mengeluh bahwa dia telah diurus. Setelah mengambil salep dari lemari, dia dengan lembut memeras beberapa antiseptik ke jari telunjuknya. Relino hampir ingin menghela nafas puas saat dia merasakan jari halus Klena memijat pipinya. Namun, itu hanya berlangsung selama beberapa detik ketika Klena berdiri, memasang kembali tutup botol, dan menyimpannya kembali di lemari.

Saat duduk, ada lebih banyak keheningan.

“Apakah kamu ingin pergi ke suatu tempat?” Klena menawarkan. Dia tahu bahwa Relino sedang tidak dalam kondisi 100%, karena pria yang itu tidak berusaha memulai percakapan.

Relino mengangguk, “Berjalan-jalan pasti menyenangkan.”.

Mereka berdua berdiri dan mulai berjalan di sekitar lingkungan Klena tanpa memikirkan tujuan.

~

Lingkungan Klena mencerminkan rata-rata kota di Indonesia; jalan sempit dengan perumahan sempit, separuh tempat tinggal berupa apartemen dan separuh lainnya berupa rumah dua lantai. Itu sangat kompak namun nyaman. Ya, bagi Relino. Dia menganggapnya memesona, dan rasa penyesatan yang dia rasakan hanya menambah pesonanya.

Meski begitu, Klena tampak relatif tenang, menavigasi jalan, sesekali berbelok di dekat sudut jalan yang sama.

Perjalanan itu tanpa kata-kata; tidak ada upaya percakapan yang dilakukan oleh salah satu dari mereka. Hingga, secara mengejutkan, Klena, berkata:

“Apakah kamu ingin membeli es krim?”.

Relino menoleh untuk menghadap anak perempuan yang dikenalnya tidak akan memulai pembicaraan, terlihat tangannya dimasukkan ke dalam saku, matanya terpaku pada tanah.

“Tentu,” jawab Relino.

Saat Klena menghitung ulang rute menuju toko serba ada setempat, Relino mengikuti dengan patuh, mengayunkan tangannya saat dia berjalan. Selalu ada harapan bahwa Relino terus berbicara untuk memastikan pihak lain merasa nyaman, tetapi dengan Klena, dia merasa bahwa dia tidak perlu memaksakan diri untuk berbicara; kadang-kadang, ada keheningan, seperti hari ini, dan di lain waktu, ada pembicaraan.

Dan itu baik-baik saja.

~

Sisa hari berlalu dengan cepat, pasangan itu tiba di rumah dengan membawa es krim dan makanan ringan dari toko serba ada. Relino telah membayar, mengabaikan protes Klena, berargumen bahwa dia tinggal di apartemennya, jadi hal itu wajar dilakukan.

Setelah makan omelette, nasi, dan sup miso untuk makan malam, yang dibuat oleh Klena, anak-anak itu kini berbaring di tempat tidur masing-masing.

“Apakah kamu pikir kamu bisa pergi ke sekolah besok?” Klena bertanya, berbalik menghadap ke tempat tidur Relino yang terhalang sekat.

“Mungkin,” jawab Relino. Dia telah meminum obat lagi setelah makan malam untuk meringankan rasa sakit di punggungnya, dan meskipun dia sama sekali tidak merasa sanggup melakukannya, dia tahu dia harus pergi ke sekolah besok; dia tidak bisa terus menerus memanfaatkan kebaikan keluarga Klena.

Dengan itu, Relino memasang headphone-nya dan tertidur.

Klena & RelinoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang