Bab 1 : Pemandangan Pedesaan

319 148 28
                                    

Memakai seragam sekolahnya dengan cepat, Relino diam-diam menutup pintu depan di belakangnya, berhati-hati agar tidak mengeluarkan suara yang akan memberitahu orang tuanya akan kepergiannya.

Sekolah telah dimulai beberapa minggu yang lalu, dan cuaca sekarang bagus . Diharapkan semua murid sudah menetap di kelas mereka sekarang dan fokus pada studi mereka. Tapi, sayangnya, Relino memiliki masalah yang lebih mendesak untuk ditangani.

Relino membuka kunci sepedanya dari samping rumah, dan menaikinya, mendayu kakinya untuk menjalankan sepeda. Segera, dia meluncur ke jalan. Tujuannya? Kafe terdekat, sebelum memulai sekolah untuk hari ini.

~

Klena mengikatkan celemek nya di atas seragam sekolahnya, bersiap untuk memulai shift kerjanya untuk hari ini. Bekerja shift sebelum dia pergi ke sekolah sudah menjadi rutinitas baginya. Dia ingin membantu ibunya sebanyak yang dia bisa untuk setidaknya membayar kembali perjuangan nya , dan jika itu berarti bangun beberapa jam lebih awal setiap hari untuk bekerja shift di kafe untuk mendapatkan penghasilan yang sangat dibutuhkan, maka tidak masalah.

Klena mengangkat kepalanya saat dia mendengar bel berbunyi di pintu depan, menandakan pelanggan pertama hari ini. Berpura-pura membersihkan meja kasir, dia mengintip pelanggan dari sisi matanya. Meskipun mereka tidak pernah berbicara, itu adalah seseorang yang dia kenal. Relino asel; apakah dia kelas dua atau tiga , dia tidak terlalu yakin, tapi dia telah melihatnya di sekitar sekolah selama dua minggu terakhir. Dia adalah siswa disekolah yang sama, dari apa yang telah disimpulkan Klena; dia hanya melihatnya dikelilingi oleh orang-orang, dan selalu berseri-seri.

'Seandainya aku bisa berbicara dengan orang-orang seperti dia,' pikirnya, tanpa sadar mengetukkan jarinya ke meja.

Klena juga mengenali wanita ini; Klena… apalah. Dia tahu sejak di semester pertama bahwa dia siswi kelas 1B, tapi tidak sepenuhnya yakin dengan nama kepanjangan nya. Seragam yang dia kenakan di bawah celemek nya juga menegaskan bahwa itu memang seorang siswi dari sekolahnya, dan menegaskan bahwa itu bukan seseorang yang kebetulan terlihat seperti Klena.

"Selamat datang. Apa yang akan Anda pesan?". Klena secara mental menyemangati dirinya sendiri karena tidak gagap atas kalimat sapaannya.

"Hai! Bisakah saya mendapatkan Iced Mocha?” Relino tersenyum, dahinya berkeringat.

Dia menambahkan pesanannya ke layar sentuh, ketika dia melihat sebuah sepeda diparkir di luar.

'Itu pasti miliknya,' pikir Klena.

Mengambil sesuatu dari bawah meja, dia menyerahkan handuk kecil kepada Relino untuk mengusap keringat diwajahnya.

“Ini dia. Harganya Rp.26.000_”.

Relino berterima kasih padanya, memberikan Klena jumlah yang diminta, dan duduk di salah satu kursi yang tersedia. Setelah pesanannya dibuat, Relino mengambilnya dari Klena dan meminumnya, sebelum pergi. Relino naik ke sepedanya dan mengayuh sisa perjalanan ke sekolah.

~

Relino tiba di gerbang sekolah sedikit lebih awal, menyapa para siswa yang sudah ada di sana dengan senyum ramah. Pada saat yang sama, Klena, yang turun dari bus lebih awal, mendekati gerbang yang sama.

'Haruskah aku berbicara dengannya? Apakah saya harus? Tolong, tidak… Tidak, kami baru saja berbicara di kafe. Dia mungkin bahkan tidak mengingatku.' Klena berjuang secara internal sebelum memutuskan untuk memperlambat, menunggu Relino masuk terlebih dahulu sebelum mendekati gerbang. Begitu anak laki-laki itu lewat dan menghilang ke dalam gedung, Klena menghela napas lega, melanjutkan perjalanannya.

Sesampainya di kelasnya, dia duduk di kursinya yang biasa, memasukkan headphone ke telinganya untuk memblokir kebisingan latar belakang, sampai bel sekolah membunyikan melodi yang akrab, menandakan dimulainya kelas.

~

Klena duduk di bus, baru saja menyelesaikan sekolah dan pekerjaannya hari ini. Dia menyaksikan rumah-rumah dan bangunan lainnya lewat, bangunan-bangunan semakin akrab hingga bus akhirnya berhenti.

Saya masih sedikit takut akan sesuatu yang baru.

Klena membiarkan lagu yang dimainkannya membuyarkan pikirannya saat dia berjalan ke rumahnya.

Kota kecil ini lebih panas hari ini .

Dia mencapai rumahnya dan membuka kunci pintu, dengan lembut mengetukkan jarinya didinding mengikuti irama lagu. Hal pertama yang menarik perhatiannya adalah secarik kertas kecil di atas meja dapur.

Isinya:

“Klena -
Ibu memiliki shift kerja lain hari ini. Ibu membuatkan nasi goreng dan telur semur di lemari es. Penuh Cinta♡ ~
Dari Ibumu tersayang”.

Klena tersenyum pada catatan itu, dan mengeluarkan makan malamnya, memutuskan dia sebaiknya makan malam lebih awal. Dia menjatuhkan diri di sofa dengan makanannya yang sekarang sudah dipanaskan, menyalakan TV, dengan gembira berpikir pada dirinya sendiri:

'Satu hari selesai,'.

~

Sepulang sekolah, Relino bersepeda kembali ke rumah, mendorong dirinya lebih keras dari biasanya , kakinya sakit bahkan sebelum dia setengah jalan pulang. Sekolah adalah… sekolah. Tidak ada yang istimewa bagi Relino; itu hanya kewajiban yang harus dia penuhi untuk jangka waktu tertentu. Dan rumah adalah… rumah. Di suatu tempat dia harus kembali setelah kewajiban pendidikannya terpenuhi. Setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan, Relino tiba di rumah. Dia mengunci sepedanya di lokasi biasanya, dan meletakkan tangannya di gagang pintu, tersentak saat mendengar teriakan datang dari dalam.

'Huff, terjadi lagi'. pikirnya saat memasuki rumah, menutup pintu di belakangnya sepelan mungkin.

Klena & RelinoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang