BAB : #10

2 0 0
                                    

Jam udah nunjuk ke pukul empat sore, gue lagi duduk di bangku panjang bawah pohon. Gue baru mau pulang setelah selesai latihan senam. Selama latihan, Rhegar gak ada ngeliat ke gue sekalipun padahal kita satu kelompok. Gue sedih sebenernya, sikap Rhegar ke gue berubah total. Tadi waktu gue ke luar kelas, gue ngeliat Rhegar sama Arya yang lagi berdiri di depan ruang OSIS, gue gak tau mereka lagi ngapain.

Gue ngemilin roti selai coklat yang baru aja gue beli sambil nunggu Juar yang katanya tadi dia mau pulang jam empat juga. Sekolah udah lumayan sepi, cuma ada beberapa anak-anak kelas 12 sama anak-anak yang mau ekskul.

"TÉH!"

Gue noleh ke arah lobi, di sana ada Juar yang lagi lari sambil teriak manggil gue. Oh ya, tadi Juar sempet ngambek karena telepon sama pesannya gak gue bales. Tapi waktu istirahat kedua dia dateng ke kelas gue sambil bawa susu kotak rasa coklat kesukaan gue, katanya biar gue gak sedih lagi.

"Motor lo mana, Juar?"

"Itu dia, Téh. Juar gak bisa pulang sekarang, ternyata latihan PMR-nya diperpanjang karena lombanya kan lusa."

Gue ngeringis ngedenger Juar yang ngomong sambil ngos-ngosan, "Terus kenapa ngasih taunya gak lewat telepon aja?"

"Hp Juar mati, abis batrenya," cowok boncel itu malah nyengir sambil garuk-garuk belakang kepala. "Téh, itu apa?"

Juar nunjuk roti yang ada di tangan gue, "Roti."

"Buat apa?"

"Nyuci piring."

"Emang bisa?"

"Serius amat, Juar."

"Emang becanda, ya?"

Sumpah, deh. Juar kalo udah polos itu kadang suka kelewatan sampe nyerempet bego. "Udah sana balik lagi ke ruang PMR, nanti pembina lo—"

"Heh pendek! Gimana rasanya dijauhin Rhegar?"

Gue ngedecak terus langsung berdiri begitu ngedenger nada suara angkuh yang udah gue hapal banget. Di depan gue sekarang udah ada Kezia sama dua temennya.

"Oh jadi itu perbuatan lo?"

"Iya, lo baru tau?"

Udah gue duga, gue udah gak kaget sebenernya, ngeliat segimana sukanya Kezia ke Rhegar, dia pasti bakalan ngelakuin apapun buat bisa dapetin cowok tinggi itu.

"Gue juga punya seseorang yang ngebantuin gue buat dapetin foto itu."

"Iya, gue udah tau siapa yang ngebantuin lo."

Kezia ngedengus sambil muterin bola mata, sikapnya ngejengkelin banget. Sekarang raut mukanya Kezia ngegambarin keenggak sukaannya dia di depan gue, "Ck, mending lo jauhin aja Rhegar. Cewek kayak lo gak pantes banget ada di deket dia."

Kali ini gue yang muterin bola mata. Gue gak terlalu peduli sama yang dia omongin, gue cuma ngabisin roti di tangan gue sambil natap gerbang yang udah sepi.

"HEH TÉH! DI RUMAHNYA GAK ADA KACA YA, PANTESAN GAK TAU DIRI!"

Anjir! Roti yang gue makan nyembur semua. Gue noleh ke arah Juar yang lagi natap tajem Kezia. Hidungnya kembang kempis mana mukanya merah banget lagi. Dia kesel banget kayaknya.

"Apaan sih bocil! Ikut campur aja."

"Justru—"

"Udah, Juar." gue nahan bahu cowok boncel itu yang udah mau ngelangkah buat nyamperin Kezia sambil ngepalin kedua tangan.

"Hey, cantik! Ngapain pada ngumpul di sini?"

Gue natap Darrel yang lagi kedip-kedipin sebelah mata ke arah Kezia sama kedua temennya. Cowok yang punya mole di bawah mata kirinya itu duduk di atas motor aerox-nya yang diparkir gak terlalu jauh dari tempat gue berdiri sekarang.

"Apaan sih?!" Kezia nampilin raut jijik tapi kedua temennya malah pada jejeritan waktu disenyumin Darrel.

"Daripada cemberut gitu mending daftar jadi selir gue, yuk!"

Kezia ngedecak terus pergi sambil nyeret dua temennya yang padahal udah siap lari buat nerjang Darrel.

"Itu siapa, Téh?"

"Buaya. Udah sana lo ke ruang PMR."

"Siap." Juar ngehormat ke gue terus dia masuk ke lobi.

Sambil ngedecak, gue ngelangkah nyamperin Darrel yang lagi ngelambai ke arah gue. "Apaan?"

"Yuk, pulang! Gue anterin."

"Rumah kita kan gak searah, Rel."

"Udah gak apa-apa, cepet naik!"

Gue sipitin mata sambil natap Darrel yang langsung ngangkat sebelah alisnya, radar curiga gue tiba-tiba bunyi, gue ngedehem sekali, "Lo ... suka sama gue ya?"

Gue ngulum bibir waktu Darrel diem sambil terus ngeliatin gue, tapi mata gue langsung melotot begitu cowok di depan gue ini tiba-tiba ketawa kenceng.

"Keknya muka lo tebel banget," gue makin cemberut ngedenger ketawa Darrel yang malah makin kenceng. "Gue kan udah bilang, kalo gue suka cewek cantik terus tinggi."

"Jadi gue gak cantik, ya ...." gue ngehela napas sambil nurutin pandangan ke arah motor yang lagi didudukin Darrel.

"Lo cuma bukan tipe gue. Udahlah cepet naik, gue gak bisa ngomong banyak, nanti ada yang cemburu."

"Hah? Cemburu?"

Gue natap Darrel lagi yang sekarang makein helm ke kepala gue. Dia cuma diem terus senyum sambil ngetuk-ngetuk pelan helm yang udah selesai dipakein. Dengan pikiran yang agak linglung, gue langsung naik ke atas motor Darrel.


•°•°•°•


Setelah makan malam, Papa tiba-tiba dateng ke kamar gue. Gue yang baru aja mau buka hp langsung gue matiin lagi. Papa duduk di kursi meja belajar, kalo gue duduk di ranjang.

"Ada apa, Pa? Tumben ke kamar Ivi."

"Papa cuma mau ngasih tau, kalo ada tamu ke sini, kamu dandan yang cantik ya."

"Tamu? Kapan?" gue ngemiringin kepala. Heran aja, Papa biasanya gak pernah bilang kalo bakalan ada tamu. Apa tamu ini seseorang yang penting?

"Iya. Dia mau ketemu sama kamu, Papa harap kamu gak bakalan nolak karena dia udah nunggu kamu cukup lama."

Gue tiba-tiba ngerasa susah buat napas. Ini gak mungkin sesuai sama dugaan gue, 'kan? Papa gak mungkin ngelakuin itu.

"Pa ... Papa mau ngejodohin Ivi?" gue ngusap pipi gue yang basah. Dada gue kerasa sakit juga sesak. Suara isakan gue keluar tanpa bisa gue tahan begitu Papa ngangguk. Gak! Gue gak mau!

"Kamu tenang aja, Papa udah kenal dia dari dia kecil. Dulu dia tinggal di deket rumah kita, cuma 10 tahun lalu dia sama keluarganya pindah ke Bandung. Dia udah sukses di usia muda, dia juga pernah masuk ponpes selama tiga tahun sambil sekolah SMA. Jadi, kamu gak perlu khawatir."

Gue ngegeleng lagi, "Ivi gak mau, Pa. Ivi gak kenal dia."

"Kalian sering main bareng waktu masih kecil dulu, Dia bahkan sering ngejagain kamu waktu Mama sama Papa gak di rumah."

"Tapi, Pa—" suara gue tiba-tiba gak keluar, gue cuma bisa nangis di depan Papa, gue gak bisa ngomong apa-apa lagi. Gue gak mau nerima perjodohan ini, tapi gue juga gak mau ngebuat Papa kecewa. Gue nutup mata buat nenangin diri, tapi malah wajah Rhegar yang muncul. Gue harus gimana?

Papa ngelus kepala gue, "Papa tau ini terlalu mendadak, tapi Papa tau mana yang terbaik buat kamu."

Gue cuma diem sampe Papa keluar dari kamar gue. Gue ragu. Gue sukanya sama Rhegar bukan sama orang yang Papa bilang. Gue gak tau harus gimana, gue butuh pendapat seseorang, tapi gue gak tau harus ngehubungin siapa. Semua orang ngejauhin gue. Gue cuma bisa ngehela napas sambil berusaha buat berhenti nangis. Kayak yang Papa bilang ini terlalu ngedadak.


To Be Continued.

EVANESCENTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang