BAB : #7

3 0 0
                                    

Pagi ini di pelajaran bahasa Indonesia, bu Ira gak masuk. Bu Ira cuma nyuruh buat nyatet materi terakhir pelajaran ini sebelum nanti di pertemuan berikutnya dijelasin. Gue yang baru aja selesai nyatet, sekarang lagi baca puisi buat ujian praktek nanti. Lagi anteng-antengnya melajarin puisi yang mau gue baca nanti, fokus gue tiba-tiba buyar waktu Alana duduk di kursi samping gue.

"Coba baca lagi puisinya, Vi. Gue mau denger."

Sebelum ngejawab, gue noleh ke sekeliling kelas yang lagi berisik, apalagi di belakang gue ada Darrel yang lagi maen gitar sambil nyanyi lagu galau. Karena gue mau fokus, akhirnya gue sama Alana milih buat duduk di pojok belakang kelas. Alana duduk di sisi kanan gue, dia keliatan antusias banget, gue jadi takut ngecewain.

Akhirnya gue bacain puisi yang berdujul 'Darah Perjuangan' karya Ferry Irawan dengan penuh penghayatan sesuai sama yang udah gue pelajarin di internet.

"Kalo mau latihan bilang-bilang, dong."

Gue berhenti baca puisi yang udah ampir selesai, terus nengok ke arah Darrel yang sekarang udah duduk di sisi kiri gue sambil megang gitar punya dia.

"Baca ulang lagi puisinya, biar gue iringin pake gitar." Darrel langsung petik gitarnya sampe muncul melodi yang indah.

"Gue kapan mulainya?"

"Mulai aja, lo gak perlu nunggu musiknya, biar gue yang ngikutin suara lo."

Gue ngangguk terus mulai baca lagi, tapi gak lama gue langsung batuk-batuk waktu ngeliat Rhegar yang udah duduk aja di depan gue. Gue keselek ludah sendiri gara-gara kaget. Mana ini batuknya gak berenti-berenti lagi, tenggorokan gue sampe sakit. Alana yang ngeliat itu langsung berdiri.

"Gue ambil minum dulu di tas."

"Biar Rhegar aja."

Cowok tinggi itu langsung lari ke arah bangku Alana, gak lama dia balik lagi sambil bawa botol minumnya. Rhegar ngasihin botol minum itu yang udah dibuka tutupnya ke arah gue. Langsung gue minum dan untungnya tenggorokan gue udah gak sesakit tadi.

Setelah mendingan, gue balikkin lagi botol minumnya ke Rhegar. Rhegar senyum sambil natap gue, gue was-was waktu ngeliat tangan Rhegar keangkat terus ngusak poni gue. Otomatis gue nahan napas, pipi gue kerasa panas banget ini, tolong!

"Astagfirullah, tanda-tanda akhir tahun."

Gue ngedenger Alana yang ngomong pake nada males, lalu Darrel ikut ngomong juga.

"Akhir tahun apanya, ini baru bulan Januari," kata cowok itu sambil ngegenjreng gitarnya keras banget kayak orang lagi marah-marah.

Gue langsung berdiri dan hal itu ngebuat ketiga orang tadi serempak natap gue, malu banget anjir. "Gue mau ke kamar mandi."

Tanpa nunggu tanggepan mereka, gue langsung lari sekenceng mungkin ke luar kelas. Di luar sini gue udah mulai tenang, wajah gue yang sebelumnya kerasa panas, sekarang udah biasa lagi. Gue ngadahin tatapan gue, ngeliat langit yang udah mendung dari tadi pagi. Segala macem pikiran menuhin kepala gue.

Gue bener-bener gak paham sama tingkahnya Rhegar, gue juga gak tau, apa dia ngedenger omongan gue waktu kemaren ngaku ke Kezia. Rhegar yang selalu tarik ulur dan gue yang terlalu bego buat ngerti sama keadaan gue sekarang. Ini pertama kalinya gue ngerasa sekacau ini gara-gara seseorang.

•°•°•°•

"Kenapa harus hujan, sih?"

Gue ngedengus begitu ngedenger Alana yang ngedumel. Sekarang gue sama Alana mau ke kantin, karena kantin ada di deket lapang, gue sama Alana harus pake payung buat ke sana.

"Ivi!"

Begitu sampe di kantin, gue langsung disamperin sama Lilis yang baru aja keluar dari salah satu stand. Lilis senyum ke arah gue sama Alana, Lilis sama Alana ini belum terlalu kenal satu sama lain, mereka ketemu cuma beberapa kali.

"Lo beli apa, Lis?" gue nunjuk kresek merah di tangan kanan cewek itu.

"Gorengan, hujan gini enaknya yang anget-anget."

Gue ngangguk terus noleh ke arah Alana yang baru aja nepuk bahu gue. "Gue ke dalem duluan, ya. Nanti jangan lupa nyusul."

Gue ngangguk dan Alana langsung masuk ke stand tempat Lilis keluar tadi. Gue sama Lilis ngobrol-ngobrol dulu karena kita jarang ketemu, soalnya beda jurusan.

"Lo mau liat crush gue gak? Mumpung dia ada di sini."

Gue ngangguk cepet, ngeliat reaksi gue yang antusias Lilis langsung senyum malu-malu sambil cekikikan. Gue sedikit mundur waktu ngeliat itu, apa gue selama ini kayak Lilis ya kalo di deket Rhegar. Anjir malu-maluin.

"Tuh yang duduk di bangku paling ujung, namanya Fabian."

Gue ngerjap waktu ngeliat cowok yang udah narik perhatian Lilis. Cowok itu keliatan familiar. Dia tinggi juga putih dan emang ganteng, dari perawakannya mirip Darrel. Gue melotot waktu inget, ternyata crush Lilis itu cowok yang waktu itu ngajak gue salaman di deket pintu kelas. Dia juga cowok yang waktu itu jadi pemimpin upacara.

"Dia kapten tim futsal, dia juga ketos."

"Dia ketos?"

"Iya, lo gak tau?"

Gue ngegeleng, gue bener-bener gak tau karena waktu pemilihan ketos, gue asal coblos aja, gak diliat-liat dulu.

"Lis, cowok itu-"

"Gue harus ke kelas, temen-temen gue udah selesai jajannya."

Lilis langsung nyamperin dua temennya yang udah manggil dia. Gue masih diem di tempat tadi. Perasaan gue yang lagi kacau jadi makin kacau waktu inget crush Lilis yang pernah ngajak salaman. Gak gak mau terlalu ambil pusing, gue langsung jalan ke arah stand buat nyamperin Alana.

"Téh?"

Gue balik badan waktu ngedenger ada yang manggil dari belakang, dan ternyata itu si ketos yang sebelumnya gue sama Lilis omongin. Kali ini dia nyamperin gue sendirian.

"Kenapa?"

"Bisa anterin saya ke ruang OSIS gak, Téh? Saya gak bawa payung."

Terus tadi lo ke sininya gimana, bocah?!

Gue cuma senyum terus ngeliat sekeliling yang ternyata banyak banget yang merhatiin gue sama si ketos yang berdiri di depan gue ini. Ternyata bener kata Lilis, cowok ini femes.

"Tapi, gue-"

"Ini penting, Téh. Anggota OSIS udah nungguin di sana."

Gue ngehela napas sambil ngangguk, payung yang tadinya udah di tutup, gue buka lagi. Gue sama cowok yang kata Lilis namanya Fabian ini langsung jalan ke ruang OSIS. Tapi gue sedikit kaget waktu Fabian ngambil alih payung di tangan gue.

"Biar saya yang payungin."

Gue ngangguk lagi terus agak sedikit ngejauh waktu ngerasa jarak gue sama Fabian terlalu deket. Tapi Fabian langsung ngerangkul bahu gue, ngebuat jarak yang sebelumnya renggang sekarang malah gak berjarak sama sekali.

"Kalo terus ngejauh nanti malah kehujanan, Tèh."

Gue nipisin bibir waktu ngedenger murid-murid lain malah ngeceng-cengin gue sama Fabian. Malu banget, sumpah. Mana banyak banget lagi yang ngeliatinnya. Gue noleh ke arah tangga, dan di sana ternyata ada Rhegar, Darrel, sama Arya yang lagi ngeliatin gue.

Arya malah ikut-ikutan ngeceng-cengin gue sambil siul-siul gak jelas, Rhegar sama Darrel cuma diem tapi tatapan mereka datar banget. Gue kaget sebenernya ngeliat Rhegar yang selalu senyum ramah sekarang nampilin wajah datar kayak gitu. Kayak bukan Rhegar yang gue kenal.

Gue langsung tahan napas waktu Fabian ngeratin rangkulannya, malah dia kayak ngecengkram bahu gue, soalnya bahu kiri gue kerasa agak sakit.

Apa bener Fabian ini sosok ketos yang katanya dingin? Tapi kok gue malah ngerasa sebaliknya, gue gak ngeliat ada kesan dingin di diri Fabian sama sekali. Tau ah, mikirin itu gue malah pusing. Gue pengen cepet-cepet ke kelas rasanya. Aduh, kenapa malah jadi gini?!

To Be Continued.

EVANESCENTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang