CEKLEK~ Suara pintu terbuka menandakan ada seseorang yang baru saja masuk ke sebuah rumah.
"pahh!! jaye pulang!!" teriak pemuda itu saat tiba dirumah.
"pahh!!??" teriak pemuda itu lagi ketika tidak ada jawaban dari dalam rumah.
"jaye papah dibelakang nak!!" sayup jaye mendengar suara papahnya, pemuda itu langsung berlari kecil ke halaman belakang rumahnya
disana terlihat pria paruh baya yang mungkin umurnya sudah menginjak kepala 4 sedang melukis pohon beringin yang rindang itu.
jaye yang melihat papahnya langsung memeluknya dari belakang, dan pria itu menghentikan aktivitasnya.
"anak papah kenapa? kalo meluk gini pasti lagi gembira" kata pria paruh baya itu kepada jaye, dia sudah tau kelakuan anaknya seperti apa jadi kalau sudah begini dia tidak kaget lagi.
"papah tau aja, hehe" jaye terkekeh, dia melepaskan pelukannya lalu duduk disamping papahnya.
"jadi gini pah, jaye punya kabar gembira" ucapnya antusias
"kabar gembira apa hayoo? coba ceritain ke papah" pria itu penasaran kabar apa yang dibawakan oleh anak semata wayangnya.
"tadi pas penggumuman kelulusan, jaye dapet penghargaan siswa terbaik loh pah" ucap jaye dengan nada bicara yang sedikit sombong ke papahnya
AUTHOR: sombonk amat kau dek//
Tapi memang benar jaye adalah siswa yang teladan, aktif oraganisasi dan juga sering ikut olimpiade jadi sudah jelas jika dia mendapat penghargaan itu, bedalah sama yang lagi baca upss.
mendengar kabar itu papahnya langsung memeluk jayendra, "wahh, anak papah hebat banget papah bangga sama kamu" ucapnya.
"ohh,jelas dong anak papah" ucap jayendra dengan mengosokkan hidungnya.
"haha, melihat kamu yang berprestasi seperti ini mengingatkan papah sama sahabat papah" ucap pria itu tiba-tiba.
"sahabat papah? ohh om nopan ya?" tanya jayendra tetapi dia hanya mendapat sebuah gelengan saja, suasana tiba-tiba berubah menjadi lebih canggung.
"sahabat papahkan cuman om nopan, itu yang gue tau selama ini apa ada yang papah sembunyiin ya?" batin jaye.
"sudah2 jangan dipikirin, jadi gimana nak kamu udah tau mau lanjut dimana?" ucap pria itu mengalihkan topik pembicaraan.
jaye tersadar dari lamunannya "ehh..iya pah jaye udah nentuin bakal lanjut dimana tapi jaye keknya mau istirahat dulu setahun" ucap jaye.
"loh kenapa nak? bukannyaa bagus kalo kamu lanjut kuliah tahun ini?" tanya pria itu binggung.
"jaye mau istirahat juga ada alasannya pah" ucap jaye, pria tersebut hanya menyimak.
"jaye pengen segerin otak dulu udah 3 tahun jaye aktif dan belajar pah sekali2 refreshing dikit, kata temen jaye ada tuh perkampungan yang udaranya sejuk pengen deh kesana" ucap jaye sambil melihat ke arah langit.
melihat anak semata wayangnya yang terlihat murung, pria itu tidak bisa memaksakan kehendaknya sendiri.
"haa...yasudah kamu papah ijinin untuk merantau" ucap pria itu.
mata jaye berbinar "beneran pah? asikk!!" jaye kegirangan
"eittss tunggu dulu, ada syaratnya" ucap pria itu membuat jaye menghentikan aksinya
"syarat apasih pah? malas jaye kalau gini" jaye merasa kesal dengan papahnya
"haha...syarat papah gak susah kok, kamu boleh merantau tapi jangan kekampung yang teman kamu saranin, biar papah yang saranin kampung mana yang boleh kamu pergi" kata pria itu membuat jaye makin kaget.
"loh pah kok gitu, kan perjanjian awalnya gak gini" ucap jaye kesal, dimana2 di PHP-in tuh sama gebetan ini sama papah sendiri.
"jadi gimana? kalo kamu nolak kamu gak bisa pergi, lagipula kampung papah juga udaranya adem" ucap pria itu meyakinkan
"ish...pake syarat segala lagi, tapi kalo gak pilih bisa rugi gue yaudah terpaksa ajalah" batin jaye
"yaudah jaye terima, awas aja kalo kampung papah jelek dan banyak polusi ntar jaye minta pulang" jaye terpaksa menerima syarat yang dikasih oleh papahnya itu
"tenang aja jaye, kampung papah tuh bersih,adem dan juga udaranya sejuk loh, banyak kenalan papah disana jadi jangan khawatir" kata pria itu meyakinkan jaye lantaran anaknya merasa kurang yakin dengan kampung halaman papahnya.
jaye memang dari dulu tidak pernah pergi ke kampung halaman papahnya, karena letak wilayahnya jauh dan jalannya agak rusak waktu itu jadi yah jaye tidak sempat pergi melihat kampung ayahnya, dan juga kalau bertanya gimana kakek neneknya jaye dari pihak lelaki, saat papah jaye lulus SMA dia ikut ortunya ke kota karena suatu hal, akan tetapi rumah yang ada di kampung mereka tidak jual entah mengapa tetapi sampai sekarang rumah itu masih terlihat kokoh.
"jadi kapan kamu berangkatnya nak?" tanya pria itu sambil mengelus2 rambut jaye agar tak merasa kesal lagi.
"umm...gak tau sih pah jaye belum beli perlengkapan, tapi kayaknya minggu depan jaye berangkat" ucapnya memastikan
"yaudah 2 hari sebelum kamu berangkat papah, bakal nelpon bu darmi buat bantu bersihin rumah papah yang dikampung" ucap pria itu setelah tau anaknya berangkat kapan.
"bu darmi? dia siapa pah?" tanya jaye sebab dia baru mendengar nama itu
"beliau tuh sepupunya sahabat papah dikampung, dia tinggal 4 rumah setelah rumah kita" jawabnya.
"sepupunya om nopan?" tanyanya lagi, tetapi jaye seakan2 dibuat binggung oleh jawaban papahnya, pasalnya pria itu hanya menggelengkan kepala memberi jawaban seperti ada sesuatu yang disembunyikan.
"udah, ayo masuk udah sore papah lapar, mamah udah pulang kayaknya" ajak pria itu, jaye pun masuk kedalam rumah.
~ BERSAMBUNG~
HAI KALIAN JIKA MENYUKAI CERITA INI TOLONG TINGGALKAN JEJAK YAH!!
SALAM HANGAT, AUTHOR :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Alva
FantasyDisuatu hari yang bisa dibilang indah terdapat seorang pemuda yang baru saja sampai ke kampung halaman papahnya, jayendra anak muda yang baru saja lulus SMA, memberanikan dirinya untuk merantau ke rumah papahnya karena ini kesempatannya sebelum sib...