1. Awal Mula

146 9 5
                                    

Liviane Anandia. Gadis berusia 25 tahun itu tengah berkutat dengan lembar jawaban siswa yang tengah ia koreksi. Bekerja sebagai Guru Biologi di salah satu SMA Negeri di Bandung merupakan salah satu cita-cita yang tidak pernah ia pikirkan. Baginya menjadi Guru memiliki beban yang berat. Namun ijazah nga sebagai Pendidik memintanya untuk mengabdi di pekerjaan yang dulunya tidak pernah terpikir olehnya.

"Liv, cowok yang suka jemput lu mau nikah ya? Gue denger-denger calonnya model terkenal kan?"

Ivana, guru Bahasa Indonesia yang umurnya sama dengan Livia. Bisa dibilang Ivana merupakan teman satu almamater Livia.

"Lu tau darimana?"

"Gue liat headline berita. Ceweknya kan terkenal banget Liv, siapa sih yang ga kenal Irena. Tuh cewek kaya bukan manusia saking cantiknya! Beruntung juga temen lu dapet bidadari kaya gitu!"

Siapa yang tidak kenal Irena Tifannia. Model cantik yang serin wara wiri di dunia entertainment. Tentu saja Livia kenal dengan baik. Ya bisa dibilang ia mengenal Irena sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, Irena adalah kakak kelasnya sekaligus tetangga satu kompleks nya.

"Btw gue dulu ngiranya lo sama temen lu itu bakal jodoh. Secara tuh cowo baik banget. Jemputin lo, nganter lo kerja. Terus juga sering ngasih makan siang ke lo. Lo ga pernah baper digituin?"

Livia tidak langsung menjawab, matanya mengarah ke foto polaroid yang ia tempelkan di kubikel kerjanya. Dimana ada fotonya dan Mingyu di masa sekolah yang sengaja ia letakkan disana, entahlah. Foto itu tampaknya menjadi penyemangat dikala ia merasa lelah menghadapi murid-murid yang kadang ada saja tingkahnya.

"Kita cuma teman." Livia menjawab lugas

"Iya kayaknya lo berhasil deh temenan tanpa perasaan. Jarang banget tau bisa temenan bertahun-tahun tapi ga baper."

Berhasil? Sepertinya Livia berhasil menyembunyikannya dengan baik.


"Kusut amat muka lo. Kenapa? Ada murid yang nakal tadi?" Tanya Mingyu seraya menyerahkan helm biru muda pada Livia

Livia mengambil helm tersebut dan memakainya dalam diam. "Gak cuman capek aja pengen cepet pulang."

"Kita makan dulu ya. Gue laper banget belum makan dari siang." Livia hanya mengangguk dan menuruti Mingyu yang membawa motornya menuju restoran sunda kesukaan mereka.

"Liv, gue seneng banget. Bakal nikah sama orang yang gue idam-idamkan dari dulu! Lo taukan sesusah apa gue ngejar Irena. Akhirnya gue bisa ngerencanin pernikahan sama dia!"

Mingyu bercerita menggebu-gebu seraya tersenyum senang. Oke mungkin aku belum mengenalkan dengan jelas siapa Mingyu.

Mingyu merupakan sahabat ku sejak umur 5 tahun. Lebih tepatnya tetangga ku ketika pertama kali pindah ke Bandung. Mingyu dan aku merupakan anak tunggal yang memiliki umur sama, sehingga kami masuk ke sekolah yang sama terus menerus sampai SMA.

Mingyu memilih tidak berkuliah dan mengikuti tes Akpol. Ya, badannya tinggi besar dan dia memang memiliki vibes abdi negara. Dia juga pintar di sekolah dan punya kepribadian cerah. Berbeda denganku yang cenderung lebih diam dan santai. Mingyu lah yang selalu menarik ku bersosialisasi, mengajakku keluar saat bosan dirumah. bahkan mengajakku ikut dalam kegiatannya. Dimana ada Mingyu disitu pula ada aku.

Setidaknya sampai ia mengenal Irena, kakak kelas kami di SMA. Irena memiliki umur 1 tahun diatas kami. Cantik, anggun, dan punya senyum yang manis. Irena benar-benar dewi sekolah. Siapa yang tidak jatuh cinta pada gadis semenawan dia, begitupun Mingyu.

Singkatnya Mingyu menyukai Irena saat kelas 11, dan mengejar Irena sampai akhirnya mereka berpacaran selama 4 tahun. Irena baru menerima Mingyu setelah bertahun-tahun Mingyu mengejarnya.

Wajar saja kalau Mingyu tampak bahagia bisa merencanakan pernikahan dengan Irena. Gadis pujaannya.

"Walaupun gue nikah nanti lo jangan sungkan buat minta bantuan gue ya. Lo boleh main kerumah gue nanti, tapi jangan malem sih, hehee"

"Yakali gue main malem dirumah pasutri. Males banget gue liat lo mesra-mesraan."

Mingyu menatap Livia, matanya menelisik sahabat kecilnya yang sudah ia kenal 20 tahun itu. "Gue masih heran, 20 tahun kita kenal tepi lo gak pernah cerita pernah deket sama cowok, bahkan gue gak pernah liat lo pacaran. Jujur deh, lo gak lesbi kan?"

Livia menatap tajam Mingyu, yang benar saja. Bagaimana bisa dia menjalin hubungan sementara sejak lama ia menyukai lelaki yang ada di hadapannya ini.

"Belum minat." Sahut Livia singkat

"Lo sukanya yang kayak gimana? Gue kenalin deh sama temen kerja gue. Dia baik banget, gak neko-neko lah. Cocok sama lo."

"Apasih, gue bisa cari sendiri. Sekarang emang belum minat aja."

"Gue cuman takut." Mingyu berujar pelan, matanya menatap wajah sahabatnya yang sangat ia sayangi itu. "20 tahun kita sama-sama. Gue tahu ketika gue memutuskan menikah. Gue bakal punya hidup baru bersama pasangan gue, walaupun gue akan selalu jagaij lo. Tapi kan gak akan sama kayak waktu gue belum nikah. Gue cuman khawatir lo ketemu orang gak bener, lo tu sahabat gue dari kecil, Liv. Gue pengen yang terbaik buat lo."

Livia tertegun mendengar ucapan Mingyu. Bagaimana bisa dia mencintai orang lain jika cintanya sudah habis di Mingyu. Bagaimana mungkin dia mencari orang lain disaat hatinya telah terhenti di Mingyu.

Rasanya menyakitkan karena yang memintanya membuka hati adalah lelaki yang telah ia kagumi sejak dulu. Namun Livia sadar bahwa disini Mingyu tidak salah, dia hanya berperan sebagai sahabat yang baik. Dan Livia hanya terlalu takut kehilangan Mingyu walaupun tak pernah memilikinya.


Entah sejak kapan Livia mulai merasakan hal yang berbeda pada Mingyu. Mungkin sejak ia SMP. Saat itu ia pertama kalinya ia melihat Mingyu diberikan surat cinta. Entah kenapa ia sedih sekali saat itu. Bahkan timbul perasaan kesal saat melihat Mingyu menerima surat tersebut. Walaupun Mingyu menjelaskan bahwa ia hanya menghargai pemberian orang lain. Namun perasaan tak nyaman Livia rasakan.

Saat itu ia mengelak bahwa ia telah jatuh hati pada sahabatnya sendiri. Bagaimana mungkin ia menyukai Mingyu yang bahkan menganggapnya saudara. Mingyu bahkan memperkenalkannya sebagai adik pada teman-temannya. Disaat itu ia sadar bahwa Mingyu hanya menganggapnya sahabat.

Livia berusaha menutup hatinya, ia merasa perasaan yang ia rasakan ini salah. Ia tidak ingin persahabatan yang ia dan Mingyu jalin sejak lama akan hancur karena perasaannya. Ia tidak pernah berusaha mengungkapkan perasaannya hingga Mingyu bertemu Irena. Cinta pertama lelaki itu dan mungkin akan menjadi cinta terakhirnya karena keduanya akan segera menikah.

"Jadi akhirnya emang kita gak bisa sama-sama ya Ming. Gue berpikir lo bakal putus nantinya dan gue bisa maju. Tapi ternyata gue telat ya."

Tak terasa air mata mulai mengalir di pipi Livia. Selama ini ia berusaha menutupi rasa sedihnya. Bohong kalau ia bilang ia ikhlas melihat Mingyu bahagia dengan perempuan lain. Nyatanya ia juga sering menangis sendiri, bagaimana bisa ia merelakan Mingyu bersama perempuan lain. Namun ia sadar, Mingyu mencintai Irena lebih dari dirinya
sendiri. Dan sampai kapanpun, Livia hanyalah sahabat terbaik bagi Mingyu.

Introduce Kim Mingyu as Mingyu

Introduce Kim Mingyu as Mingyu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Livia first love. And maybe, endless love.

Simple Note:
Btw aku iseng aja buat nulis ini. Yang pertama karena emang suka Seventeen dan lagi suka sama personality Mingyu. Kalau di Real Life
ketemu yang kaya Mingyu aku pun pasti pengen punya pasangan kaya dia 😁✨

Second ChoiceTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang