Luangkan Waktu

64 21 1
                                    

"Duh, sibuk banget aku tuh, buat rebahan aja kudu dijadwal, huhu,"

Minimal salat 5 waktunya terjaga, kan? Biasakan sedikit demi sedikit untuk PDKT sama Al-Qur'an, setelah salat magrib tilawah 1 maqra (yang berbentuk huruf 'ain di pinggir itu loh). Lalu besoknya baca 2 maqra, selanjutnya bisa ditambah lagi hingga akhirnya setiap selesai salat maghrib terbiasa baca Al-Quran. Kalau jam segitu masih ada pekerjaan atau tugas lain yang gak bisa ditinggal, bisa cari waktu setelah salat yang lebih senggang, misal subuh. Selain itu di waktu subuh adalah waktu terbaik untuk menghafal karena pikiran lebih tenang dan memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap informasi serta menghafal. Ketika bangun tidur, hormon serotin dan noreadrenalin bergabung lalu membuat kamu mempunyai daya konsentrasi yang lebih baik.

Nah, setelah punya kebiasaan menghafal setelah salat subuh, insyaallah lama kelamaan akan ingin menambah waktu menghafal dan berusaha untuk meluangkan waktu. Hal ini juga berkaitan dengan bab sebelumnya tentang pola pikir dan niat. Kalau sudah berniat, apapun rintangannya, hajar semua dan jangan biarkan impianmu terhenti. Pola pikir yang positif akan membantu di kala keadaan genting seperti tidak punya waktu sehingga mencari solusi yang masuk akal, misalnya saat istirahat ditemani murottal.

Zinnia Wafa - 14 Januari 2024

Menjadi Hafidz Qur'an di Tengah Huru-hara DuniaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang